Cara Merawat Burung Sirtu Biar Cepat Gacor

Diposting pada

Kembali lagi masih bersama Situs Resmi Kacer.Co.Id, nah dikesempatan kali ini kami akan berbagi pengalaman tentang cara merawat burung sirtu agar rajin bunyi ya, karena adanya pertanyaan di kolom komentar kontak kami, dari temen-temen setia website yg menanyakan bagaimana sih tip perawatannya untuk burung sirtu ini ?. Maka dari itu akan kita bahas secara lengkap disini.

Burung sirut atau sering dikenal dengan sebutan cipoh, mungkin bagi sebagian penghobi kicauan bukan burung yang asing lagi ya, namun untuk yg masih baru atau pemula tentu sangat penasaran untuk memiliki dan merawatnya, tentu dikembalikan ke tujuan intinya ingin membuat burung peliharaan ini menjadi sehat dan gacor setiap harinya ya, biar bisa menghibur suasana sepi dirumah ataupun dimanfaatkan sebagai burung masteran juga bisa.

Nah bagi temen-temen yg ingin membeli burung ini info harga burung sirtu berkisar antara : 70 ribuan sampai 150 ribu / per ekornya.

Tanpa banyak basa-basi lagi yuk simak penjelasan lengkapnya cara merawat burung cipoh agar cepat gacor dan jinak :

6 Tips Perawatan Burung Sirtu Harian Supaya Rajin Berkicau


Pengembunan Rutin

Yang pertama dalam merawat burung sirtu ini temen-temen harus rutin setiap harinya mengeluarkan burung diwaktu pagi hari antara pukul : 5.30 WIB karena diwaktu inilah sifat air embun dan udara pagi hari yg sangat baik jika terhirup oleh setiap jenis burung khususnya burung sirtu kesayangan kalian ya.

Terlebih jika burung ini baru di dapat dari hasil tangkapan liar di hutan ya, tentu masih sangat kaget dan butuh adaptasi tempat / lingkungan baru di sekitaran rumah kalian, nah hal pengembunan ini sangat di rekomendasikan untuk diterapkan secara konsisten agar burung bisa lebih tenang dan mampu merangsang burung untuk mau bunyi, ngeplong ya.

Baca selengkapnya :  Burung Masteran Murah Menambah Macam Materi MURAI BATU

minuman-buat-burung-sirtu

Cara Memandikannya

Tips yg kedua ini adalah teknik memandikannya, jika ingin memandikan burung sirtu ini sebaiknya temen-temen menyiapkan tempat / wadah cepuk yg agak lebih besar ya, dan di isi oleh air bersih untuk si burung biar mandi sendiri, namun cara memancing agar burung ini mau mandi, kalian bisa menyemprotnya dengan perlahan, dengan setelan halus saja ya untuk membasahi sedikit saja pada bulu bagian luarnya, dan biarkan beberapa menit biarkan burung sirtu ini mandi sendiri.

Nah untuk cara merawat burung sirtu stres tentu pada proses pemandian kandang burung sebaiknya diletakkan / di taruh di tanah atau di dasar lantai ya. Untuk lebih membiasakan burung cepat beradaptasi dengan baik nantinya. Intinya jangan memaksakan mandi dengan cara di semprot sampai basah kuyup, karena burung ini mudah sekali stres dan sensitif.

Teknik Penjemuran

Harus kalian perhatikan disini cara menjemur burung sirtu tidak boleh terlalu lama ya, karena karakter aslinya burung tersebut tidak begitu suka dengan panas, jadi durasi waktu penjemurannya cukup 30 – 40 menitan saja ya, tidak boleh lebih. Jika terlalu kelamaan menjemurnya maka burung ini bisa dehidrasi dan mudah sakit, yg lebih parahnya lagi bisa mati.

Pemberian Pakan Dan Minumnya

Nach untuk pemberian minum dan makan burung sirtu diupayakan memberi air minuman buat burung sirtu yang masak untuk burung sirtu dan ubahlah tiap hari ya supaya mekanisme pencernaan selalu lancar dan.

Janganlah lupa diberi khusus untuk burung sirtu supaya masih sehat untuk extra fooding Anda bisa memberi seperti serangga seperti jangkrik atau ulat Hongkong, berikan jangkrik 1 sampai 3 ekor dalam satu hari dan Anda bisa juga memberi ulat Hongkong 3 sampai 5 dalam sehari. Namun buah untuk burung sirtu juga bisa kalian kasih pisang kepok ataupun pepaya ya.

Baca selengkapnya :  Cara Merawat Burung Siri Siri Agar Cepat Gacor

cara-merawat-burung-sirtu-agar-rajin-bunyi

Kebersihan Kandang

Dalam hal kebersihan kotoran di dalam kandangnya, temen-teman harus membersihkannya setiap hari ya, supaya udara yang ada di dalam sangkar selalu fresh dan membuat burung segar, nyaman dan pasti selalu terjaga kesehatannya dari gangguan parasit / virus kuman yang bisa membuat burung mudah sakit.

Burung sirtu ini salah satu jenis burung yg tidak suka dengan kotor ya, jika kandang selalu dalam kondisi bersih diyakini burung sangat mudah sekali untuk gacornya.

Pemasteran

Untuk metode memaster burung ini tidak begitu penting ya, karena burung sirtu ini memiliki suara yg monoton dan sulit sekali untuk menirukan suara ocehan burung lain, jadi kalian tidak usah repot-repot dalam hal pemasteran setiap harinya.

Baca juga : suara burung sirtu

Intinya dari point pertama hingga kelima jika temen-temen konsisten memberikan perawatan yg maksimal tentu sangat berpengaruh kepada psikis dan tingkat kegacorannya si burung tersebut ya, demikianlah tips cara merawat burung sirtu yg bisa kami bagikan sesuai pengalaman yg sudah terbukti, semoga kiranya dapat bermanfaat bagi kalian semuanya ya.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari