Cara Mudah Perawatan Burung Sogon Sogok Ontong

Diposting pada

Assalamualaikum wr wb, pa kabar nich temen-temen kicau semuanya, mudah-mudahan selalu diberikan kesehatan, dan semangat terus menjalani aktifitas sehari-hari, walaupun masih dalam kondisi lock down ye..!. Stay Home, Stay Safe. Ya kami situs resmi Kacer.Co.Id menghimbau kepada kicau mania semua agar tetap dirumah aja sampai kondisi si wabah virus corona COVID-19 ini redah, dan sampai ada pemberitahuan selanjutnya dari pemerintah.

Oke dari pade bete bosen dirumah aje, mendingan pantau informasi yang kami update setiap harinya disini. Pada pembahasan kali ini saya akan memberikan tips bagaimana cara merawat burung SOGON yang baik dan benar, burung ini sering dikenal dan disebut dengan sogok ontong, mungkin sudah tidak asing lagi ya bagi para temen-temen kicau semuanya. Penasaran untuk informasi selanjutnya – Yuk simak ulasan selengkapnya dibawah ini :

Trik sederhana dalam memelihara burung sogok ontong


Pengembunan Pagi Hari

Cara pengembunan yang baik dilakukan untuk burung sogok ontong ini sekitar pukul 5 pagi sampai jam 7 pagi. Saat burung ini diembunkan diusahakan kandang diletakkan di tempat yang terbuka seperti di depan rumah yang tidak ada penutup / penghalang dibagian atasnya. Agar udara segar embun ini dapat langsung mengenai si burung dari berbagai sudut penjuru, akan tetapi dipastikan burung aman dan jauh dari gangguan semut, tikus atau hewan lainnya yang dapat mengusik kenyamanan burung saat di embun.

Manfaat yang didapat dari pengembunan berguna untuk pernafasan burung serta rangsangan burung untuk lebih rajin berkicau yang dimana si sogok ontong ini merasa hidup dialam liar yang sangat menikmati udara yang segar di alam liar, serta dapat menumbuhkan karakter dan mental yang baik bagi si sogon tersebut.

Baca selengkapnya :  3 Jenis Pakan Voer Terbaik Untuk Burung Pleci

sogon-dewasa-hutan

Memandikan Burung

Setelah burung diembunkan, sampai pukul 7 pagi, baru boleh anda melanjutan ke tahap memandikan burung sogon baik itu menggunakan cepuk khusus pemandian yang berbentuk besar, yang bertujuan untuk melatih agar burung terbiasa mandi sendiri. Atau juga boleh disemprot menggunakan spray secara perlahan dengan setelan yang halus agar burung tidak kaget dan stres.

Sebenarnya tidak masalah baik burung dimandikan atau mandi sendiri, namun cara yang saya gunakan untuk memandikan burung ini dilihat dari kondisi alam, jika cuaca terlalu panas terik, biasanya saya menggunakan cara semprot, namun apabila cuaca sedang mendung dan musim penghujan saya biarkan untuk burung mandi semaunya saja dan sediana di cepuk besar agar burung mandi sendiri seusai dengan keinginannya.

Banyak sekali manfaat yang didapat dari pemandian ini jika dilakukan secara tepat, manfaat memandikan burung sogon yaitu untuk menjadikan burung lebih segar, dan terhindar dari bakteri, virus parasit yang dapat membuat burung sakit, bulu burung sogon terlihat cerah, bersih dan terawat, serta dapat menambah kemapanan si burung tersebut.

Nah saat pemandian ini ada baiknya temen-temen juga harus mengecek kebersihan sangkar dari kotoran setiap harinya, dan wajib untuk membersihkannya. Hal ini tidak boleh dilewatkan, karena kondisi keberishan sangkar adalah penentu agar burung selalu sehat.

gambar-sogok-ontong

Menjemur Burung

Setelah burung dimandikan, jangan langsung di jemur, tunggu hingga bulunya terlihat didis dan kering sekitar 10 menitan lah. Baru boleh dijemur, karena apabila bulu sogon masih basah anda langsung menjemurnya dikhawatirkan bulu-bulu akan pecah-pecah dan rusak.

Jemurlah burung dari pukul 8 sampai pukul hingga pukul 10 siang, sekitar 2 jam penjemuran. Manfaat yang didapat dari hasil penjemuran yaitu untuk lebih mengeringkan bulu sehabis mandi, serta memberikan asupan vitamin D yang sangat baik oleh matahari kepada setiap mahkluk hidup yang ada didunia, khususnya setiap jenis burung. Burung juga akan merasakan kehangatan dan tambah sehat membuat gerak aktifitas lebih lincah tentunya.

Baca selengkapnya :  Murai Batu Ngelowo Bukan Berarti Burung Jelek

Setelah melakukan penjemuran burung diangin-anginkan di depan teras rumah dengan sirkulasi udara yang sejuk (teduh) dan nyaman sampai sore, baru boleh burung dimasukan kedalam rumah dan digantung ditempat yang terang yang memiliki pencahayaan yang bagus, tapi ingat jangan dikerodong ya, kondiskan sangkar setiap hari tanpa kerodong agar burung lebih cepat beradaptasi dengan lingkungan sekitar huniannya.

Pemberian Pakan Yang Tepat

Ada baiknya setelah burung diangin-anginkan tadi sekitar pukul 11.00 siang, burung boleh diberikan pakan tambahan seperti kroto, ulat kandang secukupnya sesuai dengan porsi dan setingan karakter masing-masing burung.

Sangat dianjurkan memberikan air larutan yang rasa leci yang di campur dengan madu atau susu kental manis, agar tidak terlalu kental dan setengah encer yang nantinya dapat memudahkan burung sogon untuk mengkonsuminya. Pakan berbentuk cair ini wajib dihidangkan setiap harinya dalam kondisi yang selalu baru atau masih segar ya. Karena pakan ini sangat mudah basi dan tidak tahan lama, jadi harus diganti terus setiap harinya.

Pemberian Multivitamin

Dengan anda memberikan multivitamin yang baik tentunya sudah pasti akan menjaga kesehatan si burung dan apabila burung itu dengan kondisi sehat ya otomatis akan rajin berbunyi setiap harinya yang dapat menghilangkan kejenuhan sang pemiliknya.

Oh ya anda dapat memberikan multivitamin yang banyak didapatkan dikios burung terdekat, yang dimana banyak sekali jenis dan merk yang kiranya baik menurut anda, sesuaikan pemakaian dengan dosis yang telah dianjurkan pada kemasan atau aturan pakai ya. Jangan terlalu berlebihan dalam pemberiannya.

sogon-trotolan

Terapi Penjinakan

Dalam menempuh langkah terapi ini semua tergantung kondisi burung, yang dimana anda bisa melihat usia burung sogon yang usia masih tua atau masih fresh muda. Karena burung ini kebanyakan burung hasil tangkapan di alam liar, tentunya secara langsung maupun tidak langsung ada baiknya anda harus melakukan terapi jinak ini agar si burung lebih terbiasa dengan ruang lingkup dan berdampingan dengan kehidupan manusia, khususnya pada perawatan yang selama ini yang diberikan oleh majikan atau yang memeliharanya.

Baca selengkapnya :  6 Cara Merawat Kenari

Untuk burung sogon yang masih muda sangat lebih mudah dan cepat untuk dijinakkan jika dibandingkan dengan sogon yang sudah berumur tua. Untuk melihat ciri usia patokan pada umumnya dilihat dari warna bulu hitam pada leher sampai wajah si burung. Jika sudah hitam pekat dipastikan burung sudah dewasa (tua) dan ini semakin sulit untuk diseting lomba atau penjinakan.

Namun kebanyakan para pemain burung lapangan untuk mengolah burung sogon ini merewatnya dari ijoan polos trotolan. Namun cara untuk menjinakan burung tersebut tergolong mudah dengan anda melakukan rawatan harian yang telah kami jelaskan diatas secara konsisten, serta perbanyak burung digantung ditempat yang relatif rendah atau sering ditaruh di lantai agar burung lebih terbiasa dengan aktifitas manusia, nah jika burung sogon ini tergolong masih sangat giras boleh anda menambahkan durasi mandi setiap harinya, boleh diberikan pemandian pagi dan malam hari untuk burung lebih tenang dan anteng tentunya.

Demikian informasi yang dapat kami berikan seputar perawatan sogon yang tepat untuk anda terapkan secara konsisten setiap harinya dan penuh kesabaran pastinya burung anda akan rajin berkicau dan gacor. Sekian dan semoga bermanfaat ya.

Baca juga artikel lainnya seputar burung kolibri :

Rahasia Mencetak Konin Agar Menjadi Juara Lomba

Mengenal Ciri Burung Kolibri Kelapa

Download Suara Burung Kolibri