Rahasia Setelan Burung Kacer Untuk Lomba Agar Bongkar Isian

Diposting pada

Setelan atau setingan untuk burung kacer lomba memang sangat penting dan sangat wajib untuk di ketahui para kacer mania khusunya bagi para pecinta burung kacer, Tujuan mencari setelan yang pas yaitu agar kita bisa lebih memahami karakter ataupun kekurangan yang terdapat pada burung kicau yang om bos miliki.

Dengan melakukan metode ini om bos bisa dengan mudah menemukan setelan yang pas sehingga burung kacer milik om bos benar-benar bisa bekerja dan bongkar isian dengan maksimal ketika kontes (perlombaan) di mulai.

Bagi om bos yang belum begitu memahami karakter burung yang akan ada ikutkan lomba pastinya om bos akan sangat kebingungan saat mencari setelan yang pas untuk burung om bos, Nah maka dari itu sebelum mencari setelan untuk burung kicau om bos, om bos sudah harus memahami karakternya terlebih dahulu.

Jika om bos sudah mengetahui karakter kacer jagoan milik om bos, maka akan lebih mudah untuk merawat dan mencari setelan untuk di trek agar kacer siap lomba dan dapat tampil maksimal serta bongkar isian sesuai yang diharapkan om bos.

Dan disini kami akan memberikan beberapa tips agar om bos bisa menemukan settingan atau setelan yang pas untuk burung kacer om bos.

Setingan Kacer Lomba Agar Tidak Mbagong

1. Setelan Makanan

Burung kacer perlu dibiasakan dengan asupan extra fooding (EF) yang sesuai, misalnya jangkrik :

Berikan takaran dengan porsi 5 ekor pada pagi hari dan 5 ekor lagi pada sore hari, bertujuan agar kacer tampil ngotot saat lomba.

2. Cara Memandikan

Burung Kacer juga perlu untuk dilatih mandi.

Cara-Memandikan-Burung-Kacer

Kebiasaan mandi sendiri di dalam karamba akan memudahkan perawatan, dan burung tidak merasa terpaksa. Om bos jangan terlalu tergesa-gesa untuk mengangkatnya dari bak mandi.

Baca selengkapnya :  Mengenal Jenis Burung Branjangan, Habitat, Makanan, Suara

3. Penjemuran Maksimal

Penjemuran yang pas untuk kacer lomba yaitu dipagi hari mulai jam 7 sampai jam 12 siang, Sebelum di jemur berikan sarapan EF berupa jangkrik sebanyak 10 ekor, Setelah itu jemur sampai jam 12 siang.

4. Masteran Materi Isian

Tahapan memaster burung atau memberikan materi pembelajaran untuk mengikuti suara isian burung-burung lain adalah hal terpenting, dalam penilaian di arena kontes.

Cara memaster burung ada 2 jenis, yang pertama menggunakan burung isian dan yang kedua dengan media mp3. Terserah om bos mau menggunakan cara yang 1 ataupun kedua asalkan metode dan caranya benar.. Besar kemungkinan burung dapat dengan mudah menerima materi isian yang sudah diberikan.

Jika kacer om bos banyak memiliki materi isian yang banyak dan paseh membawakan lagu isiannya maka ini adalah point utama untuk kacer om bos menjadi juara gantangan tentunya. Yang kedua vokal atau volume burung kacer om bos harus tembus, dengan suara kacer jernih dan keras agar mudah terdengar di telinga para juri saat menilai.

Sebelum ke tahapan pemasteran kacer, ada baiknya om bos harus mengetahui cara mengetahui isian kacer dan karakter dari suara kacer om bos terlebih dahulu.

Apa itu karakter suara ?. Karakter suara adalah ketika kacer di trek dengan membawakan dominan lagu yang sering dibawakan oleh burung kacer. Misalkan kacer milik om bos mempunyai model karakter suara kasar khas besetan-besetan tajam. Berarti om bos harus fokus memaster suara burung isian yang memiliki karakter beset tentunya.

Teknik pemasteran boleh kapan saja om bos sempat, 24 jam nonstop baik menggunakan burung asli maupun suara mp3 audio juga boleh. Cara memasternya di jedah ya om bos.. berapa lama pemasteran kacer ?.

Berikan materi 1 jenis isian terlebih dahulu dengan kurun waktu selama 2 bulan, lalu pantau apakah suara kacer sudah bisa membawakan lagu materi yang telah diberikan. Apabila sudah masuk isian yang telah diberikan boleh lakukan pemasteran kembali untuk jenis burung yang lainnya.

Baca selengkapnya :  Cara Mudah Membuat Jalak Suren Menjadi Gacor

Cukup 3 jenis burung isian saja yang menjadi senjata om boslan burung kacer om bos. Kenapa hanya 3 jenis saja yang diberikan materinya..?. Bertujuan untuk memudahkan burung dalam menerima memori dan menirukan suara isiannya dengan cepat diterima dan paseh saat membawakan lagunya.

Jangan terlalu banyak memberikan materi isian dari jenis burung lainnya. jika kebayakan materi yang diberikan takut nantinya burung kacer om bos akan bingung dan tidak ada yang masuk isiannya.

Kumpulan download suara kacer isian kasar mp3 yang dinilai oleh juri :

Masteran Burung Kacer : Isian Kacer Suara Besetan Kasar, Tembakan Ngerol, Speed Rapet.

Om bos dapat memaster burung kacer dengan suara burung yang cocok buat teman kacer :

  • suara cucak jenggot
  • suara kapas tembak
  • suara cucak ijo
  • suara cililin
  • suara kenari
  • suara jalak suren
  • suara tengkek buto
  • suara lovebird
  • suara kolibri ninja (konin)
  • suara jangkrik

catatan : Pilih 3 jenis masteran kacer biar cepat gacor untuk senjata rahasia dan disesuaikan dengan karekter suara kacer milik om bos.

5. Pengkrodongan

Waktu Mengkrodong Kacer harus tepat, om bos juga harus paham fungsi krodong dan kapan waktu pas di saat mengkrodong burung kacer saat dibutuhkan. Jadi intinya jangan main bentang aje tuh burung hehehe.

Pengkrodongan yang baik dilakukan saat mala hari, ketika burung beristirahat, saat burung kacer sedang dimasterkan, saat lagi mabung – ganti bulu (molting), saat sedang mencari setelan burung, dan saat dibawa jalan baik menggunakan kendaraan motor maupun mobil (bertujuan agar burung kacer tidak mudah stres), saat di arena lomba sebelum burung naik gantangan.

6. Latihan Bersama (latber)

Sebelum burung kacer om bos dibawa ke even kontes yang besar seperti lomba, latpres ada baiknya di latih di kelas yang terendah seperti latberan untuk sekedar melatih dan melihat kerja burung kacer om bos.

Baca selengkapnya :  Cara Mudah Merawat Cucak Ijo Trotol Agar Cepat Gacor

Latihan-Bersama-Latber-Burung-Kacer

Atau Bisa juga ditrek (gathering) dengan kacer lain milik om bos, jika tidak punya yang cocok om bos bisa melakukan uji coba trek dengan burung kacer yang rekan om bos, minimal saat di trek burung kacer harus 4 – 5 ekor ya om bos, karena apabila saat di trek cuma 2 ekor burung kacer saja, sulit untuk menilai gaya main yang aslinya dan sangat mudah terpengaruh karekter lawan tunggalnya nanti, pokoknya kalau cuman 2 burung saja hasilnya kurang maksimal untuk melatih kacer om bos.

Latihan dengan metode latber bisa om bos lakukan 2 minggu sekali, Nah dengan metode ini om bos bisa melihat apakah setelan yang sudah diterapkan baik itu setelan makan, perawatan harian dan pemasteran om bos sudah maksimal ?.

Catatan : Jika masih belum pass, coba lagi dengan merubah setelan kacer, baik itu merubah pola mandi, jemur dan makanannya. Baik itu settingan kacer tipe panas maupun dingin, memang tidak mudah saat mencari setelan burung kacer, semua butuh proses, ada harga yang harus dibayar !..

Karena burung yang satu ini adalah burung yang sangat sensitif dan penuh misteri. Jadi om bos harus sabar-sabar dan konsisten dalam merawatnya ya om bos..

Namun jika om bos sudah dapat menemukan setelan yang pas untuk kacer milik om bos, maka akan jadi nilai kebanggaan tersendiri bagi para kicau kacer mania.

Demikian tips informasi singkat mengenai Setelan Burung Kacer Untuk Lomba Agar Bongkar Isian yang dapat kami bagikan untuk om bos dan para kacer mania – Semoga bisa bermanfaat dan membuat kacer kesayangan om bos menjadi kacer istimewa juara. Ammin.