Setingan Murai Batu Muda Lepas Trotol Agar Tampil Maksimal

Diposting pada

setingan murai batu muda, Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, Apa kabar nya sobat kicau semoga kalian semua selalu diberikan kesehatan selalu ya, Ammin..

Nah pada kesempatan kali ini situs resmi Kacer.Co.Id kembali akan memberikan beberapa tips seputar setingan murai batu muda untuk lomba yang kiranya bagi temen-temen murai batu mania harus dan perlu mengetahuinya.

Oke kita langsung aja ke pembahasannya, khusus untuk Murai Batu yang muda ataupun murai batu yang baru lepas trotol atau sudah beres di mabung yg pertama ini,

nah kita tergantung dari segi fisik atau mental dari burung itu sendiri dimulai pola rawat atau setingannya yang saya berikan itu belum tentu sama ya temen-temen, mungkin silakan aja dibuktikan sendiri dicoba mungkin bisa membantu atau pas dengan burung murai batu kesayangan kalian ya.

Pola Rawatan Hariannya


Pengembunan Rutin Setiap Hari

Bagi temen-temen yang mungkin kondisi murai batunya itu fighternya kurang tidak mau agresif dan tidak mau aktif mungkin bisa dicoba seperti ini rawatan setiap harinya.

Biasanya saya memberikan perawatan burung ini seperti biasa ya diatas jam 5 burung sudah harus di embunkan, nah manfaat pengembunan ini banyak manfaatnya ya salah satunya agar bisa membuat burung lebih rajin berkicau.

setingan-ef-murai-batu-muda

Pemberian Pakan Tambahan (EF)

Nah setelah itu Seperti biasa saya setengah tujuh jangkrik dikasih sebanyak 3 ekor saja dulu untuk sarapan paginya ya heheh, nah setelah dijemur sampai jam 9, lalu diangin-anginkan,

Lalu kita kasihkan kembali pakan berupa jangkrik sebanyak 4 ekor dengan ulat Hongkong 4 ekor jadi total jangkrik di waktu pagi sebanyak 7 ekor ya sekitar jam 10 atau 10.30 lanjut kembali kita masukkan ke dalam rumah ya,

Baca selengkapnya :  Cara Merawat Tengkek Buto Supaya Gacor Untuk Isian

lalu istirahatkan burung kandang dikerodong dan ditempel dengan burung masteran yang gacor, seperti kenari, cililin, cucak jenggot ataupun kapas tembak.

Nah pada sore harinya sekitar jam 4 kerodong burung boleh dibuka kembali dan dianginkan, jangan lupa kita berikan lagi pakan ekstra foodingnya ya.

Untuk porsinya sama seperti diwaktu pagi hari ya dan usahakan dalam memberikan ulat hongkongnya ini yg masih putih atau yg sudah berganti kulit ya, agar lebih lembut dan mudah di cerna oleh si burung murai batu kalian.

Catatan : pemberian ef dalam sehari : pagi (7) sore (7) + ulat hongkong pagi (4) sore (4) total : jangkrik = 14 ekor + ulat hongkong = 8 ekor.

Pemandian Serta Penjemurannya

Untuk jadwal mandinya saya tidak setiap hari ya, cukup dalam seminggu ini dua kalia saja dari hari senin dan kamis sore hari sekitar jam 4 ya, karena diwaktu inilah burung muda bisa stabil birahinya jika kita terapkan pola rawatan mandi sore ini ya,

dan untuk penjemurannya seperti yang sudah dijelaskan diatas ya, rutin setiap hari dan itupun jangan terlalu lama cukup 45 – 60 menitan saja ya, karena burung muda ini fisik nya belum terlalu kuat untuk menahan panas dengan durasi yg lama pada saat di jemur terkena sinar matahari,

jika penjemuran terlalu berlebihan yg dikhawatirkan akan mendapatkan masalah baru, bisa suara burung serak atau hilang, dan bulunya menjadi kusam, bisa juga dehidrasi dan bisa menyebabkan si murai sakit bahkan bisa mati kepanasan.

cara-mencari-settingan-lomba-murai-batu

baca juga : perawatan murai batu tipe dingin

Cara Mencari Settingan Lomba Murai Batu

Untuk temen-temen yang sedang mencoba dan menentukan suata setingan lomba murai batu muda tentu tidaklah semudah yang kalian bayangkan tentunya, semua butuh kesabaran, proses panjang dan banyak pengorbanan, baik itu waktu, tenaga, pikiran bahkan biaya.

Baca selengkapnya :  Cara Mengatasi Murai Batu Lambat Panas

Nah pola setingan lomba ini sebenarnya tidak jauh dengan pola rawatan hariannya ya temen-temen, dan nanti sebelum lomba dari H min 3 usahakan porsi pemberian jangkrik yg tadinya pagi 7 sore 7, kita naikan menjadi 10 pagi dan sore 10 ekor ya,

untuk pemberian ulat hongkongnya pagi 5 sore 5 ya, nah untuk penjemuran dan pemandian masih tetap sama seperti biasa ya, akan tetapi ada sedikit perbedaan pola rawatan yaitu kita harus menggunakan full krodong ya, agar tenaga si burung murai kalian bisa beristirahat untuk menyimpan energi sebelum burung kita lombakan di hari H nanti.

Catatan : Dan intinya setingan lomba itu harus diterapkan dan sinkron dengan rawatan hariannya pastinya ya, nah jika sesuai dengan jadwal jam terbang dengan waktu istirahat nya ya,

dengan pelatihan di lapangan tentu akan lebih cepat bagi kalian untuk menganalisa mana rawatan dan setingan yg cocok untuk murai batu kalian ya, karena setiap masing-masing karakter murai itu berbeda-beda, jadi kalian harus bersabar ya.

Demikianlah tips setingan murai batu muda yg bisa kalian coba langsung praktekan ya, agar si burung murai gacoan prospekan kalian bisa kerja dan tampil dengan apa yang kalian harapkan, semoga dapat bermanfaat.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari