Cara Perawatan Burung Kepodang Mabung

Diposting pada
3/5 - (1 vote)

Perawatan Burung Kepodang Mabung – pasti kalian sudah tau kan apa itu moulting, atau yang familiar disebut dengan mabung. Ini merupakan proses alamiah yang dilewati semua jenis burung, dengan periode tertentu.

Biasanya dalam fase mabung ini terjadi antara 1 sampai 2 tahun sekali tergantung jenis burungnya. Moulting sendiri ada yang parsial atau nyulam dan juga ada yang dikenal dengan istilah ngurak atau semua bulunya

ambrol dan berganti dengan bulu baru. Burung kepodang dalam masa mabungnya sangat memerlukan rawatan yang tepat. Karena kalau rawatannya asal-asalan sehingga mabungnya tidak tuntas yang membuat bulunya

menjadi rusak dan juga yang tadinya dia gacor, kalau dalam rawatannya salah bisa menjadi macet bunyi. tentunya kondisi ini tidak ingin kalian alami bukan. Dalam kondisi ini selain pola rawatan yang benar

asupakan makanan yang bergizi dengan kandungan protein lebih tinggi juga diperlukan karena pertumbuhan bulu juga perlu kalsium, vitamin dan protein dan gizi yang cukup. Kalau kalian sedang mengalami

fase kepodang kesayangan kalian mabung, atau kalian baru saja membeli burung kepodang dan untuk menambah wawasan saja kalau-kalau nanti ketika dia mabung kalian bisa melakukan perawatan terbaik langsung saja baca artikel ini.

ciri-ciri-burung-mabung

Langkah – Langkah Perawatan Kepodang Yang Mabung

Isolasi Burung

Gantung kepodang ditempat yang sepi sehingga dia akan lebih nyaman, karena kalau di tempat yang ramai apalagi kalau kamu punya beberapa jenis burung yang gacor nantinya dia akan tertekan dan mentalnya jadi down.

Baca selengkapnya :  Burung Masteran Murah Menambah Macam Materi MURAI BATU

Kalau ditempat sepi dia akan menjadi lebih fokus untuk melewati masa mabungnya. Meskipun di tempat sepi boleh sambil diputar rekaman masteran burung tapi kecil saja volumenya ya guys.

Tutup Kerodong Burung

Untuk menjaga kelembaban udaranya supaya ambrol bulunya lebih cepat dan bisa tuntas tanpa hambatan, sehingga ditutup kerodongnya untuk meminimalisir cahaya yang masuk dan menjaga suhu ruangnya lebih lembab.

Pemakaian kerodong juga harus full, kemungkinan dibuka hanya saat kalian akan mengisi voer dan minum serta memberikan EF dan juga ketika dia akan dijemur dan penjemurannya tentu akan berbeda dengan biasanya.

cara-merawat-burung-kepodang-lagi-mabung

Cara Pemandian dan Penjemuran Saat Mabung

Saat masa mabung dimana dia mulai rontok bulu-bulunya sebaiknya jangan dimandikan kalaupun mau, semprot saja dengan asal basah gitu seminggu sekali saja. Karena kalau dimandikan setiap hari nantinya perontokan bulu

akan tertunda. Dan penjemuran juga dilakukan cukup 5 sampai 10 menit seminggu 3 kali. hanya supaya dia mendapatkan manfaatnya dari sinar matahari. Kalau terlalu lama di jemur dia akan mengecilkan pori-pori

hal ini nanti akan menghambat perontokan bulunya. Lakukan sesuai prosedur yang sudah kami rekomendasikan ya guys supaya perawatan kepodang yang sedang mabung dengan baik.

Pemberian Porsi Makanan dan EF yang benar

Porsi makanan dan Ef harus diberikan dua kali lipat lekbih banyak dari hari biasanya karena dia memerlukan banyak energi tentunya supaya dia tidak terlalu lemas dan staminanya terjaga maka harus terpenuhi asupan makanannya.

Perawatan Pasca Mabung

Setelah mabung dan mulai tumbuh bulu-bulu kecil kalian bisa mulai menjemurnya lebih lama sekitar 20 menit dengan 3 kali seminggu dan juga mandinya juga masih 1 kali seminggu sampai nanti bulunya sudah tumbuh lebih panjang.

Baca selengkapnya :  Cara Memaksimalkan Volume Burung Kacer Yang Tepat

Nah kicau mania itulah tadi ulasan informasi lengkap mengenai perawatan burung kepodang mabung yang berhasil kami sajikan dengan lengkap dan mudah kalian pahami semoga ini semua bermanfaat untuk kalian dan kami ucapkan banyak terimakasih.