Cara Melatih Mental Murai Batu Muda Hutan Auto Gacor

Diposting pada

Jadi beberapa temen-temen ini ada banyak yang tanya, Bagaimana caranya merawata burung murai batu muda hutan atau sering disebut dengan (MH), saya akan berbagi pengalaman, dan ini sangat efektif dan cepat gacor, yang pernah saya lakukan. Sebelum di kupas secara tuntas disini, pada umumnya burung dihabitat alam liar atau sifat karakter burung murai tersebut mau rajin berbunyi (gacor) jika burung tersebut, kenyang, gemuk, dan birahi tentunya.

Trik Membentuk Psikis Burung Murai Bahan (MH)

Berikut tahapan-tahapan yang harus dilakukan

1. Tahap Penggemukan Dan Adaptasi

Dalam melakukan tahapan yang pertama ini, sewaktu kita baru mendapatkan burung bahan muda hutan ini kita fokuskan saja terlebih dahulu untuk penggemukan dan pengadaptasian lingkungan sekitar, dengan memberikan pakan kesukaannya seperti keroto dan jangkrik yang dikombinasikan dan lebih penting full kroto yang pastinya banyak mengandung protein baik untuk asupan burung tersebut, memakan waktu kurang lebih sekitar 2 minggu lamanya.

Seiring dengan proses penggemukan burung murai batu MH, diperlukan juga proses adaptasi dengan kondisi lingkungan yang barunya, dan ini sangat penting untuk mempengaruhi mental burung tersebut agar tidak kaget dan stres.

Sebaiknya anda jangan langsung tergesa-gesa untuk anda dapat merawat burung murai batu pada umumnya, seperti halnya memandikan, menjemur dan membersihkan kotorannya serta sangkar digantung di tempat yang ramai dan sangkar diletakan di dasar lantai.

Disarankan burung harus ditaruh ditempat yang kondusif, dengan sirkulasi udara yang segar dan nyaman akan tetapi kondisi sangkar harus di full krodong ya teman-teman selama dua minggu dibarengi dengan proses penggemukan tersebut.

Baca selengkapnya :  Manfaat Mandi Sore Untuk Burung Murai Batu

Kenapa harus full kroto ?. Karena menurut saya, apabila burung makan keroto maka burung akan cepat gemuk, namun kita juga dapat mengaplikasikan seperti pemberian-pemberian multivitamin yang banyak beredar dipasaran, untuk burung MH bahan yang baru didapat tersebut agar dapat memperkuat daya tahan tubuhnya yang sedang beradaptasi, tidak mudah stres dengan pola rawatan yang diberikan oleh sang majikannya.

Untuk merk vitamin yang bagus dipasaran memang banyak sekali jenisnya, itu terserah bagi temen-temen yang ingin menggunakannya dan intinya yang paling cocok dan sudah biasa.

Apabila dari kondisi burung tersebut sudah terlihat vit dan sehat, dengan banyak beraktifitas gerakan yang baik di dalam sangkarnya dan sudah mau berbunyi walaupun hanya meriwik-riwik saja, maka temen-temen boleh melanjutkan ketahapan selanjutnya.

2. Tahap Melatih Untuk Makan Voer

Tahapan yang kedua adalah melatih burung tersebut untuk makan voer, voer yang biasa saya memakai untuk mengajari burung memakan voer dengan menggunakan voer ayam yang diracik khusus yang sifatnya hanya sementara dan hanya memperkenalkan bahan pakan olahan saja.

Berikut Bahan-bahanya yang dibutuhkan untuk membuat voer racikan adalah voer ayam,kroto kering, jangkrik kering, mentega, madu, kuning telur yang nantinya akan di sangrai / digoreng disarankan untuk membuatnya dengan takaran yang secukupnya saja.

Di latih untuk pemberian racikan pakan ini diberikan selama 1 minggu kemudian jika sudah lahap dan burung tersebut mau memakannya, di hari selanjutnya boleh voer racikan tersebut diganti dengan voer yang bermerk yang banyak dijual dipasaran.

Jika burung sudah mau memakan voer kering standart pasaran, baru boleh untuk melanjut ketahapan selanjutnya.

3. Tahap Penjinakan

Cara melatih dalam pemberian pakan EF jangkrik anda juga boleh memberikannya dengan menggunakan lidi yang ditusukan ke dalam perut jangkrik. Lakukan cara ini selama 3 – 7 hari lamanya lalu boleh dicoba langsung memberikan pakan jangkriknya dengan menggunakan tangan. Apabila burung sudah mau menyambar jangkrik yang diberikan, tahapan selanjutnya anda boleh mengajarinya mandi dengan mandi keramba, akan tetapi jangan terlalu memaksakan burung tersebut jika tidak mau masuk keramba, boleh dilakukan dengan cara penyemprotan secara halus di dalam sangkarnya dengan menggunakan spray akan tetapi jangan terlalu basah ya teman-teman. Namun juga anda perhatikan selalu tingkah lakunya jika sudah mau didis seperti mau mengeringkan bulunya nyaman dan ingin mandi lagi, disitulah terlihat bahwa burung murai batu anda sudah tidak stress lagi dan mulai dapat beradaptasi dengan baik.

Baca selengkapnya :  Cara Mudah Mastering Burung Murai Batu Agar Isian Cepat Masuk

Dengan menjalani proses terapi penjinakan ini, jangan terlalu grabak-grubuk ingin membuat burung menjadi jinak, santai saja teman-teman dengan seiring berjalannya dengan perawatan yang diberikan setiap harinya dengan perlakuan yang baik merupakan hal utama untuk mengikat batin peliharaan terhadap majikannya.

4. Tahap Pemberian Metabolis

Jika sudah menjalani proses / tahapan dari 1 – 3, baru boleh anda berikan multivitamin perangsang burung agar mau untuk berbunyi dengan memberikan metabolis yang tentunya sangat baik untuk melatih suara kicauannya dan banyak anda dapatkan di kios burung terdekat.

Dengan pemberian metabolis ini diharapkan burung dapat ngeriwik ataupun ngeplong tentunya.

burung-murai-batu

5. Tempatkan Burung di Tempat Keramaian

Setelah burung sudah mulai rajin bunyi, maka boleh teman-teman saat menjemur atau sedang diangin-anginkan saja, letakan dibawah atau digantung diposisi yang rendah dan di tempat yang sering dilalui oleh orang lewat / di tempat keramaian seperti di pinggir jalan. Akan tetapi burung selalu diawasi karena apabila tidak diawasi maka sangat berbahaya dari tindak pencurian maling burung atau di ganggu oleh hewan predator lainnya seperti kucing, tikus dll.

Dengan rawatan yang sudah dijelaskan diatas yang sudah dilalui tahapan-tahapannya dengan baik, selama rawatan 5 – 6 bulan, saya kira burung sudah mulai gacor dan rajin berbunyi berarti burung sudah beradaptasi dengan keramaian dan boleh anda bawa untuk mencoba dilatih mentalnya ditemukan dengan burung sejenis sekitar 4 – 5 burung, dan pastinya burung sudah mulai untuk kerja dan tarung.