Mengenal Jenis Burung Sikatan, Harga Dan Suara Kicau MP3

Diposting pada

Burung adalah hewan yang kerap kali kita temui di lingkungan sekitar. Entah itu di perumahan, hutan, jalanan dan sebagainya. Di dunia ini pun ada berbagai jenis burung yang bisa kita ketahui. Namun, terkadang ada beberapa burung yang memiliki kemiripan sehingga sangat susah untuk mengenalinya. Salah satu jenis burung yang cukup familiar adalah burung sikatan.

Burung sikatan bisa dibilang merupakan burung yang sangat cantik dan merupakan jenis petarung. Ada beberapa kategori burung jenis ini yang memang boleh dipelihara oleh para pecintanya. Namun, ada juga yang tidak diizinkan untuk dipelihara karena peraturan undang-undang dan semacamnya. Beberapa hewan memang tidak boleh dipelihara karena akan membuatnya cepat punah.

sikatan-londo

Bisa saja ada kelalaian yang terjadi dan membuat hewan tersebut jadi tidak nyaman dan akhirnya stres lalu mati. Sebagian hewan memang lebih suka hidup di habitat aslinya atau di alam bebas. Sehingga dibentuklah undang-undang agar tak sembarangan orang yang bisa memiliki beberapa hewan yang nyaris punah tersebut. Begitulah dengan yang terjadi pada burung sikatan.

Mengetahui Macam Burung Sikatan di Indonesia

Berbicara tentang jenis burung sikatan ini, tentunya ada banyak sekali yang bisa kamu temukan. Habitat asli dari hewan yang satu ini adalah di hutan rimba, perkebunan, semak belukar, dan berbagai daerah lain yang sekiranya tidak jauh dari keberadaan sumber air. Jika kamu ingin tahu, di Indonesia sendiri bisa ditemukan beberapa jenis burung sikatan, di antaranya adalah:

  1. Burung sikatan bakau
  2. Burung sikatan aceh
  3. Burung sikatan biru muda
  4. Burung sikatan biru langit
  5. Burung sikatan biru putih
  6. Burung sikatan belang
  7. Burung sikatan besi
  8. Burung sikatan besar
  9. Burung sikatan biak
  10. Burung sikatan bubik
  11. Burung sikatan damar
  12. Burung sikatan bodoh
  13. Burung sikatan dada merah
  14. Burung sikatan dahi biru
  15. Burung sikatan burik
  16. Burung sikatan cacing
  17. Burung sikatan Kalimantan
  18. Burung sikatan hijau laut
  19. Burung sikatan kelam
  20. Burung sikatan emas
  21. Burung sikatan kenari
  22. Burung sikatan kerdil
  23. Burung sikatan kepala abu
  24. Burung sikatan kilap
  25. Burung sikatan kuning
  26. Burung sikatan kerongkongan putih
  27. Burung sikatan melayu
  28. Burung sikatan londo
  29. Burung sikatan satin
  30. Burung sikatan zaitun
Baca selengkapnya :  Apa Itu Burung Anis Merah ?. Berikut Penjelasan (Lengkap)

Sebenarnya ada banyak lagi jenis burung sikatan yang ada di dunia ini. Namun, yang disebutkan di atas adalah yang paling dikenal dan cukup populer keberadaannya di Indonesia. Pastinya setiap jenis burung sikatan yang satu ini mempunyai ciri khas, warna, bentuk dan semacamnya yang berbeda satu sama lain. Setiap dari mereka juga memiliki keunikan tersendiri entah itu dari suara kicaunya ataupun dari kecantikan warnanya.

sikatan-bubik

Harga Burung Sikatan

Jika Anda ingin memelihara burung yang satu ini, maka Anda harus bisa siap dan menyiapkan budget untuk membeli serta merawatnya dengan baik. Burung juga sama seperti manusia yang memiliki hak-hak tertentu agar bisa bertahan hidup. Jadi, kita tak boleh mengabaikan atau merampas hak tersebut dari mereka. Dengan perawatan yang baik, maka burung sikatan akan merasa sehat dan tidak mudah stres.

Dari segi harga sendiri, burung jenis ini memiliki variasi harga yang sangat berbeda. Anda bisa menemukan burung sikatan yang memiliki harga mulai dari puluhan ribu hingga yang ratusan ribu rupiah. Pastinya, dengan harga yang ditawarkan tersebut, ada berbagai keunggulan yang diberikan oleh jenis burung yang satu ini. Sebagai seorang pecinta burung sikatan, tentunya Anda menginginkan burung yang terbaik untuk dipelihara.

Sebelum membeli burung sikatan yang Anda mau, pastikan bahwa budget Anda mencukupi atau dengan kata lain tidak memaksakan diri. Mungkin Anda tertarik dengan burung yang harganya ratusan ribu rupiah, tapi tak perlu memaksakannya jika budget tersebut tidak ada. Karena Anda juga harus mempertimbangkan dari segi perawatannya juga.

Harga burung sikatan yang paling murah berkisar 30.000 hingga 40.000 itupun burung yang belum jadi atau bakalan. Sedangkan untuk yang dewasa bisa lebih mahal lagi. Mulai dari 200.000 hingga 400.000 rupiah. Benar-benar mahal sekali, bukan? Namun, bagi orang-orang yang memang hobi, harga seperti itu bukanlah apa-apa.

Baca selengkapnya :  Mengenal Ciri Murai Batu Lampung (Pola Motif Ekor Dan Harga)

sikatan-kelam

Suara merdu yang dimiliki

Jika Anda ingin memancing burung jenis ini untuk bersuara, Anda bisa memanfaatkan adanya suara burung yang telah direkam dan disebarluaskan di internet. Anda hanya perlu mengunduhnya satu kali saja.

Banyak sekali website yang menyediakan berbagai suara burung sikatan atau jenis burung lainnya. Khususnya situs resmi kami Kacer.Co.Id yang selalu update untuk memberikan informasi suara audio mp3 (masteran) burung kicau. Biasanya, trik seperti ini sangat ampuh untuk memancing suara burung yang indah.

Penasaran dengan suara burung sikatan yang sangat merdu yang baik untuk isian burung ocehan jenis lainnya.

suara burung sikatan gacor – Download link disini


suara kicau sikatan londo gacor – Download link disini


suara tembakan sikatan jawa gacor – Download link disini


Nah, itu dia berbagai jenis burung sikatan beserta harganya yang harus Anda ketahui. Dengan adanya informasi di atas, diharapkan Anda bisa lebih bijak jika ingin memelihara jenis burung yang satu ini. Serta diharapkan untuk bisa melakukan perawatan dengan sebaik mungkin. Semoga apa yang disampaikan di atas dapat memberi manfaat dan menambah wawasan bagi teman-teman kicau semua.