Cara Mudah Perawatan Cucak Ijo Agar Cepat Gacor

Diposting pada

Perawatan Cucak Ijo – Salam kicau maniak – kacer.co.id, kali ini kembali memberikan info tips dan trik cara merawat burung cucak ijo agar cepat gacor. Burung cucak ijo pada dasarnya adalah burung semi fighter yang dimana dari bentuknya sangat unik dari warna bulu burungnya dominan hijau, hanya wajahnya saja yang terlihat sangar hitam, dengan paruh panjang tebal menandakan suara / volume dari burung ini sangatlah kencang dan lantang.

Perawatan Cucak Ijo Harian

Burung yang satu ini adalah burung pemakan buah dan serangga yang asupan gizi , nutrisi dan vitaminnya sangat baik dan seimbang. Kelebihan dari burung cucak ijo adalah mudah menirukan suara-suara burung yang lainnya / cepat masuk menangkap suara burung isian, dan mudah juga lupanya, maka dari itu konsistensi pemasteran untuk burung ini wajib rutin setiap hari.

Sangat jarang sekali burung ini dibudayakan / di tangkar, kebanyakan masih berada di hutan dan di alam liar yang di pikat oleh sebagian orang. Walaupun burung yang berasal dari hutan, namun burung ini sangatlah mudah mengadaptasi dengan lingkungan sekitar.

Makanan Burung Cucak Ijo

Jangkrik yang diberikan setiap harinya harus konsisten ; jika diberikan 2 kali sehari – pagi dan sore contohnya: Pagi EF 3 Ekor dan sore 3 Ekor jangkrik (Total 6 Ekor/hari).

Perhatian : Untuk pemberikan pakan serangga tambahan seperti – kroto, ulat bambu dan ulat hongkok, ulat kandang, cacing tanah jangan diberikan setiap hari ya, bagusnya hanya di berikan sebagai selingan seminggu sekali saja dan di random secara acak dan bergantian.

Baca selengkapnya :  11 Jenis Burung Yang Banyak Dicari

Pakan buah yang disenangi burung cucak ijo seperti : Apel, sawo, pepaya, pisang kepok kuning/putih.

Butuh perhatian dan perawatan yang ekstra – dari segi pakan yang berkualitas, vitamin nutrisi buah-buahan yang di kombinasi dengan serangga. Pada hari senin – jum’at : diberikan buah pepaya, hari sabtu nya di variasikan untuk menyantap buah pisang kepok dan di hari minggu boleh diberikan buah Apel/sawo matang.

Mandi , Penjemuran, Kebersihan

Teknik mandi, sesuai dengan kebiasan burung jangan terlalu dipaksa, jika burung terbiasa mandi di semprot ataupun di keramba harus disesuaikan.

Penjemuran burung Cucak ijo ini harus kuat dari pukul : 08.00 – 11.00 WIB. Tidak masalah jika burung sampai mangap-mangap di dalam sangkar saat dijemur.

Untuk Pemberian vitamin cukup 1 minggu sekali saja. Dan hal terpenting harus tetap menjaga kebersihan kandang setiap harinya.

Adaptasi Lingkungan

Bagaimana cara merawat burung cucak ijo bakalan yang masih muda ?. Ada beberapa tahapan yang harus dilakukan, seperti halnya tahap adaptasi lingkungan dan tahap penjinakan burung.

Berikan kesempatan untuk burung yang baru dibeli dari kios misalnya, untuk dapat beradaptasi dengan lingkungan terlebih dahulu, dengan menempatkan kandang di tempat yang aman dan nyaman/tenang namun tetap dalam kondisi di krodong.

Cara cepat untuk burung CI beradaptasi dengan lingkungan, dilakukan perlahan tapi pasti. Pada hari pertama saat burung baru didapat tetaplah dalam kondisi dikerodong seharian penuh dan pada hari berkutnya dengan membuka sedikit resleting krodong di hari kedua. Pada hari ketiga agak sedikit dinaikan krodongnya sekitar 30 CM tapi masih dalam kondisi di kandang di krodong. Di hari berikutnya agak krodong agak sedikit lagi di naikkan sampai separuh kandang terbuka.

Baca selengkapnya :  Mengenal Jenis Burung Cucak Cungkok Beserta Harga Dan Suara

Lalu dihari kelima total buka semua krodong dan malanjut ke teknik penjinakan burung.

Pada tahap penjinakan burung CI (cucak ijo) selama kurang lebih lima hari sudah mulai bisa beradaptasi dengan lingkungan, penjinakan bisa dilakukan dari cara : Misalkan dari teknik memandikan burung harus sampai basah ataupun dapat memberikan EF jangkrik di latih menggunakan tangan secara langsung.

Tahap adaptasi semua jenis burung CI berbeda beda ya, ada yang cepat dan mungkin ada yang lama. Maklumlah namanya juga burung tangkapan hutan liar, kaget pastinya dibawa ke kota dan semuanya butuh proses kesabaran.

Catatan; jika burung cucak ijo ini sudah berani makan jangkrik di tangan, berarti burung ini sudah tergolong jinak dan sudah beradaptasi dengan lingkungan hidup anda.

Nah ini baru melanjut ke pola rawatan harian yang telah dijelaskan diatas tadi.

agar-cucak-ijo-gacor-ngeplong

Harga burung cucak ijo

Harga cucak ijo di pasaran ini cukup bervariasi, tergantung jenis dan tingkat kegacoran, mental yang baik dan fisik yang sehat tentunya.

Daftar harga burung cucak ijo terbaru dipasaran :

  • Cucak ijo body kecil nopeng berekor : Rp. 600.000
  • Cucak ijo body kecil nopeng tanpa ekor : Rp. 550.000
  • Cucak ijo body kecil muda leher kuning : Rp. 380.000
  • Cucak ijo body kecil muda leher kuning (jantan) : Rp. 400.000