Murai Batu Thailand Si Ekor Super Panjang

Diposting pada

Burung Murai Batu merupakan jenis burung kicauan yang dinilai begitu istimewa, keberadaannya marak diperbincangkan oleh masyarakat Indonesia. Di Indonesia sendiri terdapat beberapa jenis Murai Batu diantaranya Murai Batu Kalimantan, Jambi, Medan, Jawa Larwo dan masih banyak lagi.

Pada artikel ini akan disampaikan jenis Murai Batu yang berasal dari Thailand, jenis ini mungkin tidak begitu familiar dikalangan masyarakat.

Mengenal lebih dekat karakteristik burung murai thailand


Murai Batu Thailand, seperti namanya Murai Batu Ini berasal dari negara Thailand yang berbatasan langsung dengan Malaysia. Di Thailand sendiri, Murai Batu ini sering ditemukan di pedalaman hutan Thailand dan dataran tinggi. Terkhusus lagi banyak dijumpai di hutan yang berlum pernah terjerambah oleh banyak manusia.

Murai Batu Thailand ini, adalah Murai Batu yang terkenal dengan bentuk tubuh dan panjang ekornya. Panjang ekor Murai Batu Thailand ini memiliki ukuran yang lebih panjang daripada ekor Murai Batu Medan sekitar 27-32 cm.

Jenis burung ini tergolong langka dan unik, serta memiliki keanggunan dan kicauan yang khas. Sehingga, banyak dari pencinta burung yang sering mengikutsertakan Murai Batu ini pada kontes perlombaan.

gambar-murai-batu-thailand

Keistimewaan yang dimiliki

Dengan keistimewaanya, Murai Batu Thailand ini sering jadi incaran banyak orang, karena memiliki sifat mental tempur yang sangat baik untuk di adu di arena kontes perlombaan burung kicau. Tak lain dan tak bukan tujuannya untuk, dikawin silangkan dengan Murai Batu oriental asli Indonesia. Contohnya, mengawin silangkan antara Murai Batu Thailand dan Murai Batu Medan.

Sehingga memiliki anakan yang tergolong sangat baik, karena kedua indukan jenis Murai Batu ini mempunyai keindahannya masing-masing.

Baca selengkapnya :  6 Cara Merawat Anis Merah Agar Cepat Teler Dan Gacor

Jenis anakan Murai Batu hasil persilangan tersebut, bisa dikatakan memiliki hasil yang sangat bagus mengalahkan Murai Batu yang lainnya. Akan tetapi, banyak orang yang masih saja kesulitan membedakan Murai Batu Thailand ini. Nah, maka dari itu pada artikel ini akan dijelaskan beberapa ciri Murai Batu Thailand baik dari segi fisik maupun kekhasannya.

Ciri Khas Murai Batu Thailand

  1. Murai Batu Thailand memiliki ukuran tubuh yang kecil, sangat jauh jika dibandingkan dengan Murai Batu Medan. Postur tubuh yang lonjong seperti botol, bagian atas kecil dan bagian bawah besar.
  2. Memiliki warna yang unik seperti indigo agak kebiruan pada bagian atas tubuhnya. Bagian dadanya memiliki warna kuning tua agak kemerahan, dan pada ekornya banyak ditemukan berwarna hitam.
  3. Murai Batu Thailand memiliki ciri yang sangat khas dan mudah sekali untuk membedakannya. Berekor sangat panjang bisa mencapai 35 cm bahkan bisa lebih panjang lagi. Biasanya berwarna hitam dan memiliki corak putih dibagian bawah ekornya.
  4. Ciri terakhir yang begitu khas dari Murai Batu ini adalah suara atau kicauannya. Memiliki suara yang nyaring dan lantang, meskipun dengan postur tubuh yang pendek dan kecil. Akan tetapi, Murai Batu Thailand ini memiliki kicauan yang sedikit sehingga banyak dari pencinta burung mengawin silangkannya.

Dengan ciri-ciri yang telah disebutkan diatas, diharapkan tidak akan ada lagi kekeliruan mengenali Murai Batu Thailand ini. Murai Batu Thailand dengan segala keistimewaannya mampu menarik banyak perhatian bagi pencinta burung.

Pesona yang dimilikinya tidak hanya menarik perhatian para pencinta burung saja, akan tetapi orang awam pun akan dibuat terpikat olehnya.

Adapun ciri-ciri yang dapat membedakannya dengan Murai Batu lokal (asli Indonesia) adalah postur tubuhnya. Untuk postur tubuh dari Murai Batu lokal biasanya memiliki postur tubuh yang besar dengan ekor yang panjang menjuntai dan tebal.

Baca selengkapnya :  Tips Mudah Perawatan Burung Branjangan Agar Cepat Gacor

Dengan ciri-ciri inilah Murai Batu lokal memiliki karisma tersendiri, sehingga ketika dipandang meninggalkan kesan mewah dan indah.

murai-batu

Baca juga artikel terkait seputar burung murai :

Dengan postur tubuh yang dimiliki Murai Batu lokal dianggap dapat menghambat penampilan yang bagus di lapangan. Dengan bobot tubuh yang besar dan ekor yang tebal membuat Murai Batu lokal harus memiliki stamina yang lebih besar saat bertarung. Berbanding terbalik dengan Murai Batu Thailand (import) yang memiliki postur tubuh yang lebih kecil dengan ekor yang sangat panjang.

Hal ini membuat adanya peralihan ketertarikan dari Murai Batu lokal menjadi Murai Batu import. Untuk saat ini, para pencinta burung lebih gemar memelihara Murai Batu import dari pada lokal. Karena Murai Batu import akan lebih mudah memberikan penampilan pada saat di lapangan dibandingkan dengan Murai Batu lokal.

Akan tetapi pesona yang dimiliki Murai Batu lokal tidak akan hilang begitu saja. Masih banyak dari pencinta burung yang lebih memilih Murai Batu lokal daripada import. Selain mudah didapatkan Murai Batu lokal pun masih memiliki pesona yang menarik perhatian.

Tambahan lain mengenai Burung Murai Batu Thailand ini adalah, memiliki karakter yang berkarisma, gagah, agresif dan berjiwa petarung. Jelas saja, hal ini membuat Murai Batu Thailand ini sangat rekomendasi dan cocok jika diikut sertakan dalam kontes burung.

Namun tidak hanya itu, Murai Batu Thailand ini juga sangat cocok dijadikan sebagai hewan peliharaan yang setia menghibur dan menemani si majikannya santai dan ngopi dirumah.