Mengenal Jenis dan Ciri Cucak Ijo Banyuwangi, Harga dan Suara

Diposting pada

Pernahkah kamu mendengar suara burung yang bisa menirukan suara burung lain? Jika pernah, pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan nama burung tersebut, kan? Yup, burung cucak ijo namanya. Burung ini menjadi salah satu jenis burung yang populer dari zaman kakek moyang kita hingga sampai saat ini.

Biasanya penamaan dari jenis cucak ijo tersebut tergantung dari burung tersebut berasal, seperti jenis cucak ijo Banyuwangi yang berhabitat asli di daerah Banyuwangi. Selain itu, kamu juga bisa menemukan burung ini di beberapa daerah lainnya, seperti Sumatera, Kalimantan dan sebagainya.

Namun, kali ini hanya akan dibahas satu burung cucak ijo saja yang berasal dari Banyuwangi. Bagi anda yang ingin mengetahui jenis dan ciri dari cucak ijo dari Banyuwangi serta suara dan harganya, yuk terus simak artikelnya sampai tuntas, ya.

burung-cucak-ijo

Mengetahui Tipe dan Karakter Burung Cucak Ijo Yang Berasal Dari Banyuwangi


Jenis Burung Cucak Ijo Banyuwangi

Cucak ijo Banyuwangi merupakan burung yang dikenal sangat pemberani ketika sedang bertarung dan memiliki mental tempur yang baik serta suara vokal yang kencang dan gacor. Burung yang berasal dari Jawa Timur ini begitu digemari dan disukai oleh para teman-teman kicau maniak diberbagai daerah, tidak hanya di banyuwangi saja.

Saat ini, burung cucak ijo dari Banyuwangi tersebut sudah terbilang langka dan sulit didapatkan di tempat penjualan burung. Bahkan, jarang sekali ditemukan burung tersebut di alam liar kecuali di tempat cagar alam atau taman nasional.

Baca selengkapnya :  Ciri Dan Harga Murai Batu Bahorok Yang Memiliki Kualitas Terbaik

Jadi, terkadang penjual burung seringkali menipu pembelinya dengan mengatakan bahwa burung yang dijualnya merupakan burung cucak ijo dari Banyuwangi, padahal aslinya burung itu berasal dari kalimantan atau Sumatera.

Nah, untuk mengetahui jenis cucak ijo Banyuwangi yang asli, kamu hanya bisa mengetahuinya ketika burung tersebut sudah beranjak dewasa tentunya.

Ciri-Ciri Cucak Ijo Banyuwangi

Nah, agar kamu tidak tertipu dengan para penjual nakal yang mengatakan bahwa burung cucak ijo yang mereka jual berasal dari Banyuwangi, maka kamu bisa memperhatikan ciri burung itu dengan kriteria seperti ini, jika ciri dibawah ini tidak ada dalam kriteria, maka bisa dipastikan si penjual memang benar-benar sedang menipu kamu pada saat itu.

Bentuk Tubuh

Ciri dari cucak ijo Banyuwangi bisa kamu ketahui dari bentuk tubuhnya. Burung ini memiliki bentuk tubuh yang panjang dan tidak terlalu besar dibandingkan dengan burung cucak ijo jenis lainnya.

Sehingga, apabila kamu menemukan penjual yang menawarkan burung cucak ijo dari Banyuwangi, namun bentuk tubuhnya sama saja dengan yang lainnya, maka sudah dipastikan penjual tersebut sedang menipumu.

Bentuk Punggung

Selanjutnya, bentuk punggung cucak ijo dari Banyuwangi juga berbeda dengan bentuk punggung burung lainnya, yaitu terlihat lebih melengkung atau membungkuk sampai ke bagian lehernya.

Mental Petarung

Burung cucak ijo Banyuwangi terkenal dengan gayanya yang pemberani dan memiliki mental sebagai seorang petarung yang kuat. Ketika akan bertarung, maka pada saat itu juga jambulnya akan otomatis berdiri tegak.

Bentuk Ekor

Seperti punggungnya, cucak ijo dari Banyuwangi ini memiliki ekor yang melengkung juga dan sedikit lebih panjang dari burung lainnya. Selain itu, posturnya yang lentur membuat burung tersebut tampak lebih luwes dan terlihat lebih anggun.

Baca selengkapnya :  Mengenal Jenis dan Ciri Burung Lovebird Euwing Harga dan Suara

Warna

Untuk warna tubuh cucak ijo Banyuwangi juga berbeda dengan burung cucak ijo lainnya. Tubuh burung ini memiliki warna hijau yang lebih pekat dan tua. Selain itu, ia juga memiliki warna hitam di sekitar matanya yang tampak begitu jelas dan tua. Dan apabila burung ini sudah tua, maka sisik yang berada di kedua kakinya akan terlihat lebih besar dan lebar.

gambar-cucak-ijo

Harga dan Suara Burung Cucak Ijo Banyuwangi

Setelah kamu mengetahui jenis dan ciri dari burung cucak ijo yang berasal dari Banyuwangi tersebut, maka kamu tidak akan lagi tertipu oleh para penjual nakal yang menawarkan burung berbeda dari aslinya. Kamu sudah memgetahuinya dan pasti mencari burung yang benar-benar asli dan sesuai dengan ciri-ciri yang sudah disebutkan tadi.

Untuk harga burung cucak ijo Banyuwangi asli adalah sekitar sembilan ratus ribu rupiah keatas. Karena burung ini sudah terbilang langka dan sangat sulit ditemukan di pasaran.

Selain itu, suara khas dari burung ini juga terkenal gacor dan sangat indah. Namun, ketika sedang tidak bertarung, lagu yang dibawakan saat digantang diarena lomba sangat bervariasi dan bisa memukau perhatian juri dan peserta lainnya.

Penasaran dengan keistimewaan suara yang dimiliki oleh cucak ijo jenis ini ?. Berikut kami sajikan suara audio mp3 cucak ijo banyuwangi yang dapat anda download secara gratis.

Suara cucak ijo banyuwangi gacor dor

Download link disini

Itulah informasi mengenai burung cucak ijo Banyuwangi yang bisa kamu ketahui. Setelah memahami jenis, ciri, harga dan suara burungnya, jadi kamu tidak akan tertipu ketika akan mencari dan membeli burung ini tentunya.