Makanan Burung Kepodang

Diposting pada

Kacer.Co.Id kembali lagi nih temen-temen, nah pada kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi seputar makanan untuk burung kepodang, bagi kalian yang masih awam dan baru ingin memelihara burung yg satu ini pasti bingung, untuk pakan hariannya dikasih apa ya ?.

Maka dari itu agar temen-temen bisa mengetahui dan mendapatkan wawasan baru seputar perawatan, dan jenis pakan apa yg disukai oleh burung kepodang ini, yuk langsung aja simak info selengkapnya dibawah ini :

Jenis Makanan Burung Kepodang


Buah-buahan Segar

Sudah kita ketahui bersama manfaat dari buah untuk setiap jenis burung yg gemar mengkonsumsinya tentu sangat baik kandungan yang didapatnya, seperti vitamin dan kaya akan mineral alam tentu sangat bagus untuk menjaga kesehatan si burung tersebut ya.

Nah untuk kepodang ini lebih menyukai buah yg manis-manis ya seperti :

– Pepaya

– Mangga

Temen-temen bisa memberikannya setiap hari atau di selang-seling juga boleh ya, misalnya di hari senin sampai rabu pepaya, dan kemudian hari sabtunya di kasih mangga.

voer-untuk-burung-kepodang

Serangga Kecil

Selain buah, kalian juga harus memberikan pakan berbentuk serangga ya, untuk pendamping agar seimbang antara protein dan nutrisi yg dibutuhkan oleh kepodang ini. Untuk jenis serangga yg aman dan paling disukai seperti dibawah ini :

– Ulat Bambu / Hongkong

– Jangkrik

Untuk pemberian jangkriknya tidak masalah jika kalian memberinya setiap hari, sebanyak 3 – 2 ekor saja. Nah untuk ulat bambu dan ulat hongkongnya seminggu sekali saja ya.

Baca selengkapnya :  Tips Atasi Murai Batu Kurang Bergairah

Voer Kasar

Berdasarkan pengalaman yang sudah banyak di alami oleh para pecinta burung kuning besar ini, tentang masalah pemberian pakan harian jenis voer ya temen-temen. Namun kira-kira voer untuk burung kepodang yg bagus dan cocok, aman itu merk apa ya ?.

Nah disini kami tidak menyebutkan merknya ya, kalian bisa cari jenis voer yg memiliki kandungan vitamin, mineral, protein yg sedang saja ya, jangan terlalu tinggi namun juga tidak terlalu kerendahan, di usahakan yg berwarna hijau / rumput laut serta tekstur voer tersebut harus berbentuk kasar ya jangan dikasih voer yg halus.

Tips Perawatan Burung Kepodang Agar Cepat Gacor

Tentu tak heran jika banyak orang yang ingin merawat burung ini hingga gacor untuk dijadikan sebagai burung rumahan. Kepodang memiliki ciri khas suara kicauannya dengan alunan yang mendayu-dayu merdu, untuk bagi siapa yg mendengarannya seakan berada di pedesaan, atau lingkungan alam yg masih asri ya. Luar biasa ya temen-temen.

Jadi sebelum membeli atau merawat burung kepodang usahakan harus tahu dulu atau tahu perbedaan antara betina dan jantan burung kepodang itu sendiri.

suara-burung-kepodang-jantan

Memilah Jantina

Jika teman-teman sudah yakin burung yang akan dirawat adalah Kepodang jantan maka teman-teman bisa mengikuti cara merawatnya yang pertama adalah jinakin dulu burung terlebih dahulu ya. Karena biasanya burung kepodang yang dijual adalah hasil tangkapan hutan yang masih giras, sehingga teman-teman perlu menjinakkannya terlebih dahulu agar lebih mudah dalam melakukan rawatan hariannya.

Proses Penjinakan

Nah cara menjinakan burung kepodang giras juga ada banyak salah satu cara menjinakan kepodang yang masih giras paling mudah adalah dengan rutin ya rutin memang dengan kata rutin ini adalah ketika teman-teman semua tidak punya kesibukan lain seperti itu ya.

Baca selengkapnya :  10 Jenis Vitamin Terbaik Untuk Burung Lovebird Agar Lebih Gacor

Nah dengan rutinitas seperti bersiul dekat sangkarnya jadi kita bersiul dekat sangkarnya itu siapa lagi tiap sakit tiap waktu lah gitu kan Kemudian yang kedua usahakan tempat angker di tempat yang sejuk teman-teman terlalu menempatkan sangkar burung kepodang di tempat yang tenang dan sejuk seperti itu.

Rawatan Hariannya

kemudian yang ketiga memberikan pakan alami setiap hari yang diberikan pakan yang alami setiap hari karena habitat asli Kepodang adalah di daerah pegunungan makanan burung kepodang di alam liar Biasanya berupa buah-buahan yang segar.

Jadi intinya kalian harus wajib ya memberikan pakan tambahan setiap hari selain bahan utama temen-temen juga perlu memberikan tambahan makan ya atau pakan tambahan minimal setiap 2 kali setiap hari. Lalu harus rutin juga untuk memandikan burungnya, karena kepodang juga merupakan salah satu jenis burung yang rajin bersih serta tipikalnya pesolek ya, seperti itu.

Dan konon katanya hal ini juga masih berhubungan dengan mitos burung kepodang yang tidak percaya masyarakat zaman terdahulu.

Demikianlah informasi seputar makanan burung kepodang yg wajib kalian ketahui dan harus disediakan juga sesuai apa yg dibutuhkan dan disukai si kepodang ini ya, semoga kiranya dapat bermanfaat.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari