Cara Merawat Burung Falk Parkit Australia

Diposting pada
Rate this post

Assalamualaikum, wr, wb. Masih kembali berjumpa bersama kacer.co.id nah dimana pada kesempatan kali ini kami akan mengulas topik bahasan bagaimana cara merawat burung falk parkit australia, agar bisa cepat jinak, nurut dan gacor pastinya ya temen-temen.

Sama-sama kita ketahui ya, burung falk paruh bengkok ini termasuk kedalam jenis burung pemakan biji, yang sering disebut-sebut parkit australia !. Dan tentunya burung langka dan import dari negara luar ya temen-temen, tapi jangan khawatir di indonesia sudah banyak yang sukses kok untuk para pembudidaya atau penangkaran yang dapat mencetak burung tangkaran jenis parkit australia ini atau burung falk ya.

Bagi kalian yang masih pemula dan tertarik dengan jenis burung falk ini, sebelum membelinya sebaiknya harus mengetahui terlebih dahulu ya seperti apa sih pola perawatan hariannya, mudah atau sulit ya ?. Oke yuk langsung aja kita simak penjelasan lengkapnya seputar cara merawat burung falk parkit australia dibawah ini :

Tips Perawatan Harian Burung Falk Parkit Australia


Makanan Burung Parkit Australia

Nah untuk jenis makanan burung falk harian atau menu utama (pokok) tentu sangat menyukai biji-bijian ya seperti campuran milet putih, milet merah atau kuaci, selain jenis makanan utamanya burung falk atau parkit australia itu juga membutuhkan yang namanya pakan EF (ekstra fooding) ya, seperti sayur-sayuran, toge, kangkung, sawi hijau ataupun putih, bayem, kacang panjang, buncis, kol, jagung manis dan wortel ya.

Untuk pemberian racikan pakan burung falk yang saya sajikan untuk ef sayuran itu biasa saya kasih 2 – 3 hari sekali saja, biasa saya menggunakan 3 jenis kombinasi sayur yang dicampur ya, misalkan pada hari senin menu sayur – mayur nya seperti : kangkung + toge + kacang panjang ya,

Baca selengkapnya :  Persiapan Sangkar Burung Kicau Beserta Kelengkapannya

dan pada hari kamisnya saya ganti dengan sawi putih + jagung manis + wortel. Dengan tujuan merandom atau memberikan pakan ef sayuran ini secara acak maka akan membuat nuansa baru ketika saat burung falk ini mengkonsumsinya ya, supaya tidak mudah atau cepat bosen.

racikan-pakan-burung-falk

Vitamin Burung Falk

Selain pakan yang bergizi dan berkualitas yang kalian harus berikan setiap harinya, tentu itu saja belum cukup jika tidak di imbangi dengan pemberian multivitamin, karena fungsi dari vitamin untuk jenis unggas ataupun semua jenis burung apapun itu tentu sangat berguna sekali ya,

agar bisa menjaga stamina dan daya tahan tubuhnya agar tidak mudah sakit dan stres, nah untuk merk vitamin yang kami rekomendasikan untuk burung falk kesayangan kalian bisa kalia cek dibawah ini beserta harganya ya :

– Vitasol Vitamin Burung Falk : Rp 120.000-

– Calsi Pro (Probiotik Vitamin Burung Falk) : Rp 24.500-

Kedua jenis vitamin ini cara pemberiannya diteteskan di air minumnya ya temen-temen, namun jika kalian tidak mau repot-repot dan merasa takut dengan jenis makanan yang diberikan ke burung falk anda itu tidak maksimal kandungan vitamin, mineral dan gizinya,

nah tentu kalian harus mampu mengeluarkan bajet yang agak lumayan ya dengan cara menggunakan pakan praktis berkelas seperti brown’s tropical carnival untuk harganya sekitar : Rp 300.000- dengan berat 750 gram saja, dengan pemberian jenis pakan ini tentu sudah tidak usah memikirkan pemberian EF sayuran ataupun vitamin tambahan ya temen-temen, sangat cocok untuk kalian yang sibuk kerja dan aktifitas diluar.

Cara Memandikan Burung Falk

Nah lalu bagaimana cara memandikan burung falk ini ?. Untuk pengalaman pribadi dan sering dilakukan oleh para senior penghobi burung falk, teknik dan tips memandikan burung yang satu ini cukup unik ya, kalian tidak usah perlu repot menyemprotnya dengan sprayer, cukup berikan saja wadah khusus pemandian dengan bak yang berukuran agak besar yang disesuaikan dengan bentuk ukuran tubuhnya ya,

Baca selengkapnya :  Daftar Harga Burung Kolibri Terupdate Mei 2020

lalu kalian isikan dengan air bersih, biarkan si burung ini mandi dengan sendirinya ya, ingat jangan dipaksakan mandi dengan cara di semprot ya, karena burung ini mudah stres, takutnya jika kalian paksakan mandi semport burung bisa malahan menjadi giras dan sulit untuk di jinakkan ya.

Berbicara tentang masalah burung falk yang mengalami stres, tentu kalian juga harus tahu ya cara mengatasi burung falk yang stres agar nantinya bisa dengan mudah kalian memberikan perawatan yang maksimal, nah caranya cukup mudah tentu kalian harus perbanyak menyetel suara gemericik air dengan menggunakan audio terapi yang sejuk, tenang dan damai seperti suara alam liar, gemericik air mengalir atau air terjun ya, nah untuk lebih bagusnya lagi suara asli keran gemerocok baik itu di dari kamar mandi ataupun kolam ikan, itu sangat cepat sekali mengembalikan mental dan psikis burung kembali normal ya.

Oke bro, itu saja tips yang bisa kami bagikan seputar cara merawat burung falk parkit australia, semoga bisa kalian terapkan dan bermanfaat ya, salam satu hobi kicau mania nusantara.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari