Cara Mudah Merawat Burung Kepodang Supaya Rajin Berkicau

Diposting pada

Halo om bos bertemu lagi dengan saya di kacer.co.id tentunya, pada pertemuan kali ini tak lelah tak bosan saya selalu berbagi pengetahuan sedikit seputar ilmu kicau, agar om bos semua dapat merawat burung burung dengan baik dan mengetahui tentang burung peliharaan om bos, dan saya akan membahas tentang Burung Kepodang dan Cara Perawatannya.

Berbicara masalah kepodang, jumlah populasi burung kepodang saat ini sangat jarang sekali ditemui di berbagai daerah, karena burung kepodang ini merupakan burung jenis (Oriolidae – Genius Oriolus) merupakan burung kicau yang mempunyai bulu yang sangat indah, dengan ciri postur tubuh berukuran relatif sedang.

Panjang mulai ujung ekor hingga paruh berkisar 25 cm. Bewarna dominan kuning, dan di ujung sayap berkombinasi warna hitam serta dengan menyerupai alis mata yang tebal bewarna hitam, akan tetapi iris mata burung kepodang bewarna merah jambu dan kedua kakinya bewarna hitam, hampir mirip dengan keluarga dan kerabat burung jalak-jalakan pada umumnya.

Apa keistimewaan burung kepodang ?. Burung kepodang ini juga menjadi salah satu burung klagenan bagi masyarakat jawa. Dan banyak mitos yang sangat baik dan masih diyakini oleh sebagian orang jawa.

Sebelumnya jika om bos belum tahu tentang burung kepodang ini silahkan om bos baca artikel ini hingga selesai.

Perawatan Burung Kepodang Agar Cepat Gacor

Burung kepodang burung yang memiliki warna bulu keemasan ini adalah burung kicau yang memiliki suara yang mantap om bos, burung satu ini di habitat aslinya adalah burung yang memiliki sifat yang agresif, tapi yang saya akan shre kali ini bukan masalah di habitat asli om bos, saya ingin shere tentang perawatan, Dalam perawatan burung kepodang om bos, bila burung ini tidak mau berbunyi mungkin burung burung om bos mengalami stres. Di perlukan penanganan yang khusus untuk mengatasi kepodang stres.

Baca selengkapnya :  Memilih Kerodong Yang Tepat Untuk Burung Murai Batu

Dan pembahasan kali ini bagaimana cara untuk membuat burung kepodang kembali berkicau gacor kembali, antara lain:

Sebelumnya sudah dipastikan. Burung yang om bos pelihara adalah jenis burung kepodang jantan. Karena pada umumnya rajin bunyi (gacor) dan mudah untuk perawatannya.

Bagaimana cara membedakan kepodang jantan dan betina ?. Lihat gambar dibawah ini :

cara-membedakan-kepodang-jantan-dan-betina

Langkah awal adalah tempatkan burung di tempat yang teduh dan sejuk, biarkan burung menenangkan diri sambil beradaptasi.

Pemberian voer untuk burung kepodang sangatlah baik dan pakan tambahan berupa buah untuk burung ini, seperti buah pepaya, pisang kepok dll. Berilah makanan kesukaan kepodang adalah buah buahan yang masih segar agar burung mendapatkan asupan kandungan vitamin alami yang baik, akan tetapi ingat pemberiannya harus secara rutin tiap harinya dan di selang-seling divariasikan ya om bos, agar burung tidak bosan hehehe.

Pakan serangga juga mendukung perkembangan burung, jangkrik yang banyak mengandung protein sangatlah baik dan ulat bambu adalah makanan faforit burung ini. Berilah setelan kepada burung ini sesuai karakter burung masing-masing dengan perkiraan yang wajar ya om bos.

Pada pagi hari gantunglah kandang brung agar burung berkicau ,karena kebiasaan burung ini di alam adalah berkicau di tempat yang tinggi.

Burung ini adalah termasuk burung yang rajin (gacor) sering bunyi, jadi om bos harus memandikan burung ini setiap harinya secara konsisten dan telaten. Setelah om bos memandikan burung ini jangan lupa untuk menjemur burung ini tapi ingat menjemur burung ini jangan lebih dari jam sepuluh : 10.00 WIB.

Siang hari jangan biarkan burung ini kepanasan tempatkan burung ini di tempat yang sejuk. Atau dapat dimasukan kedalam rumah dan ditempatkan di lokasi yang adem, aman dan nyaman tentunya.

Baca selengkapnya :  Sulap Burung Murai Rusak Jadi Juara Lomba

Apakah burung kepodang bisa dimaster ?. Dan bagaimana cara memaster kepodang ?.

Jawabannya : iya bisa dong.. Waktu yang tepat untuk memasternya adalah pada sore hari om bos..
Jangan lupa sore hari untuk menyetel master burung ini untuk memancing dan suara terapi hutan dengan suara air yang mengalir / gemericik supaya burung mau berkicau.

Daftar Harga Burung Kepodang Terbaru

Jenis Burung Kepodang – Harga

  • Burung Kepodang Jawa Rp 500.000
  • Burung Kepodang Emas Rp 1.500.000
  • Burung Kepodang Kapur Rp 200.000
  • Burung Kepodang Lokal Rp 1.000.000

Sekian info yang bisa saya shere untuk om bos tentang Cara Merawat Burung Kepodang, jika artikel di atas bermanfaat silahkan om bos shere ke aku jejaring sosial om bos seperti Fb ,twiter dan lain sebagainya, semoga bermanfaat – salam kacer.co.id untuk om bos semua.