4 Jenis Cacing Yang Membuat Burung Sakit Dan Cara Mengobatinya

Diposting pada

Halo .. Apa kabar om bos kicau maniak semua, kali ini kami kembali update postingan tentang permasalah atau penyakit cacingan yang dapat menyerang burung kesayangan om bos.

Cacing dapat memberi efek sangat dasyat om bos, tapi dahsyat di sini bukan dahsyat bagus tapi dahsyatnya sangat berbahaya bagi kesehatan burung. karena ulah cacing burung dapat terkena banyak sekali penyakit seperti pilek, mata bar air dan masih banyak lagi ,karena banyak sekali efek negatif dari cacing langsung saja kita bahas satu persatu.

Pakan cacing untuk burung menjadi dilema ini.. Memmang burung yang hidup dialam liar sangat menggemari untuk memakan cacing yang ada ditanah, namun jika dianalisa lagi, apabila cacing yang dikonsumsi terlalu berlebih atau cacing yang mengandung bakteri jahat dapat membuat burung menjadi sakit.

Jenis Cacing Yang Berbahaya Bagi Kesehatan Burung Kicau Dan Cara Penanganannya

Baik om bos sebelumnya satu persatu jenis cacing yang berbahaya untuk burung akan kami sebutkan cacing tenggorokan (Syngamus trachea), cacing rambut (Capillaria sp.), cacing gelang (Ascaridia sp.), dan cacing pita (Cestoda). oke kita bahas satu satu :

1. Cacing Tenggorokan (Syngamus trachea)

Cacing yang satu ini memngakibatkan burung menjadi pilek dan menjadikan burung merasa tidaknyaman karena lendir yang keluar dari hidung hingga burung mengoyang goyangkan paru untuk membersihkan lendir.

Penyakit ini terjadi akibat si cacing yang tinggal di tenggorokan burung yang kemungkinan dapat membuat burung menjadi tidak bisa bernafas dan berujung pada kematian.

Baca selengkapnya :  10 Jenis Vitamin Terbaik Untuk Burung Lovebird Agar Lebih Gacor

2. Cacing Rambut (Capillaria sp.)

Cacing ini juga memberi efek yang signifian karena burung akan menderita diare,dan masa penularan sangat cepat karena caing ini menular cepat sekali angka kematian burung akan semakin cepat juga bahkan burung yang satu sangar dengan burung yang menderita penyakit ini.

3. Cacing Gelang (Ascaridia sp.)

Namun efek yang di berikan daapat membuat kematian pada burung peliharaan om bos. Tempat dan kebiasaan dari cacing gelang yaitu menggerombol maka mereka akan menggerombol di usus burung dan mengakibatan burung ususnya akan tersumbat dan mati.

4. Cacing Pita (Cestoda)

Cacing pita meruakan cacing yang biasa menyerang hewan oleh karenanya om bos harus rajin dalam merawat burung peliharaa om bos.

Bagaimana penanganannya dan cara mengobatinya ?.

Yang kita bahas disini untuk solusi penanganan dan cara mengobati untuk burung yang terjangkit penyakit cacingan saja om bos !.

Berikut cara mengobatinya :

Sebelum mengobati burung yang diduga terserang penyakit cacingan, sebaiknya kita amati terlebih dahulu prilaku dan gerak-gerik burung, apakah sedang terkena penyakit cacingan atau bukan ?.

Ciri-ciri burung yang terkena penyakit cacingan, burung tampak lesu dan bulu kusam, lunglai, tidak nafsu makan, badan kurus seperti nyilet, tidak mau berkicau, malas, dubur kotor dan basah kotoran mencret kapur. perilaku murai cacingan dan penyebab murai batu gembung bisa dikarenakan burung murai terkana penyakit cacingan.

Bagaimana cara mengobatinya ?. . . Tenang aja om bos, jangan terlalu dibawa panik. Santai saja tapi tetap burung harus diobati.. Agar kembali sehat.

Kami menyarankan untuk obat cacing burung yang baik, dapat om bos berikan X WORM salah satu merk obat cacing untuk murai batu. Dan masih ada merk yang lainnya seperti super n untuk burung cacingan, vermixpro.

Baca selengkapnya :  Cara Mudah Mengatasi Kacer Kanibal (Cabut Bulu)

Obat-Cacing-BurungKegunaan :

  • Untuk mempercepat pemulihan stamina burung.
  • Mampu membunuh cacing gelang, cacing pita, cacing daun, cacing kremi dan 4 jenis cacing diatas yang telah dibahas.
  • Mengatasi burung yang menjadi kurus, lesu, kusam dan malas berkicau, dubur terlihat kotor dan basah.
  • Menjadikan burung sehat kembali.
  • Menambah nafsu makan pada burung.

Cara Pemakaian : Berikan 3-5 tetes pada air minum burung, bisa juga diteteskan langsung ke mulut burung.

Untuk Semua Jenis Burung : Anis merah,murai batu, cucak hijau, kacer, dll.

Mengandung bahan : Piperazine Citrate 360mg

Catatan : Informasi yang kami berikan diatas sudah di analisa berdasarkan penelitian kedokteran sesuai dengan pengalaman khususnya untuk hewan unggas seperti burung kicau.

Mungkin itu saja informasi yang dapat kami berikan kepada som bos tentang jenis cacing berbahaya dan cara mengobati burung kicau yang terserang penyakit cacingan. Dan jangan lupa untuk selalu update pengetahuan om bos di dunia perburungan kicau di blog resmi kami kacer.co.id . Semoga bermanfaat.