Cara Mudah Mengatasi Kacer Kanibal (Cabut Bulu)

Diposting pada

Menjadi momok yang seringkali dijumpai, membuat pemilik hewan peliharaan ini kebingungan mengatasinya. Banyak faktor yang menyebabkan burung kacer mencabuti bulunya sendiri, apabila burung anda mengalami hal tersebut harus cepat-cepat mengambil keputusan untuk mengobatinya agar kembali normal sediakala, karena kalau tidak nantinya akan berdampak buruk dengan gaya dan penampilannya saat di trek sesama jenis kacer lainnya.

Cara Sederhana Untuk Mengatasi Cabut Bulu Pada Kacer

1. Hentikan Pemberian Makanan Ekstra

Terlalu banyak mengkonsumsi makanan ekstra fooding, ternyata memiliki dampak yang tidak baik bagi si burung. Sebab mereka akan menjadi over birahi, membuat mereka cenderung ingin mencabuti bulunya sendiri.

Cara mudah untuk menurunkan tingkat birahinya, yaitu menghentikan sejenak pemberian makanan ekstra maupun EF. Usahakan untuk tidak memberikan pakan tambahan tersebut, hingga Kacer dengan sendirinya berhenti menyakiti dirinya sendiri.

Ada beberapa EF yang tidak direkomendasikan untuk diberikan dikala Kacer sedang mode kanibal. Mulai dari belalang, kelabang, ulang hongkong, jangkrik, hingga kroto hendaknya mulai dikurangi ketika melihat Kacer kesayangan mencabuti bulunya.

Namun apabila kebiasaan tersebut telah berhenti, barulah EF dapat diberikan kembali secara bertahap dari porsi terendah terlebih dahulu, misalkan dalam pemberian pakan hariannya biasa diberikan jangkrik sebanyak 5 ekor, dengan menjali terapi penyembuhan ini diberikan hanya 3 ekor, dan lihat perkembangan dan perilakunya. Hal ini untuk meminimalisir adanya kenaikan kembali, apabila EF masih diberikan.

2. Mandikan Secara Teratur

Sebagian pemilik Kacer akan dimandikan dalam beberapa kali saja dalam kurun waktu satu minggu. Namun bagaimana jadinya bila Kacer sedang dalam mode kanibal ? Silahkan tingkatkan porsi mandinya, menjadi satu kali dalam sehari.

Baca selengkapnya :  7 Penyakit Burung Lovebird Dan Solusinya

Apabila terbiasa memandikan setiap harinya, bisa ditingkatkan kembali menjadi dua kali dalam sehari, dan lebih baiknya lagi diterapi untuk mandi malam secara rutin jika kondisi dan situasi cuaca mendukung, dengan rutin memandikan kacer pada malam hari ini juga termasuk penanganan terapi yang sangat baik untuk kacer yang sedang mengalami over birahi sampai mencabuti bulunya sendiri (kanibal). Cara sederhana ini dianggap ampuh untuk dapat menstabilkan birahi burung serta dapat menghentikan si Kacer, untuk mencabuti bulunya yang indah.

Ingat jika dalam melakukan mandi malam untuk burung kacer anda, jangan melewati pukul 21.00 WIB karena sangat kemalaman dan yang ditakuti burung dapat kedinginan dan sakit. Namun waktu yang tepat untuk mandi malam ini sekitar pukul : 19.00 – 20.30 WIB.

3. Lakukan Karantina

Melihat burung kicauan mencabuti bulunya sendiri ? Tidak ada salahnya untuk mengkarantinanya dalam beberapa waktu, hingga kebiasaan tersebut hilang. Pada umumnya, cara mengatasi kanibal satu ini dilakukan ketika Kacer sedang dalam mental drop usai mengikuti perlombaan. Kalah saling dengan lainnya, membuatnya frustasi hingga nekat untuk mencabuti bulunya sendiri.

Saat masa karantina, Kacer juga perku dipisahkan dengan burung lainnya. Pastikan untuk meletakkan kandang si Kacer, pada tempat yang sepi dan tenang. Kondisi ini perlu dilakukan, sebagai cara mengembalikan mental yang sedang menurun.

burung-kacer

Suasana tenang dan nyaman, membuat Kacer beristirahat sejenak dari bunyian kicauan burung lainnya. Namun dengan melakukan cara ini, akankah lebih sempurnanya lagi untuk didekatkan dengan suara air gemiricik yang membuat tenang dan dapat merelaksasi kondisi burung yang sedang sakit untuk dapat cepat memulihkan kembali mentalnya.

Dengan melakukan metode ini, diharapkan mampu mengembalikan kondisinya menjadi normal kembali.

Baca selengkapnya :  Inilah Cara Mengobati Burung Lovebird Yang Terkena Penyakit Lumpuh

4. Berikan Multivitamin

Tidak ada salahnya jika anda ingin memberikan vitamin, yang digunakan sebagai pendamping Kacer yang mulai terlihat kanibal. Bentuk vitamin yang bisa diberikan pun beragam, bisa multivitamin yang biasa diberikan maupun vitamin khusus.

Berikan multivitamin tersebut pada air minumnya, atau juga bisa dioleskan langsung pada buah yang akan dijadikannya pakan. Namun perlu diperhatikan dosis kemasan, agar tidak berlebihan.

5. Mengganti Sangkar

Salah satu cara efektif untuk mengatasi Kacer kanibal, yaitu dengan mengganti tempat tinggalnya. Cobalah untuk memberikan sangkar yang lebih lebar, agar ruang geraknya tidak terbatas.

Lakukan pengamatan usai beberapa hari metode ini dilakukan, untuk melihat apakah ada perubahan pada perilakuknya. Apabila anda tidak menemui dirinya menggigit bulu, ada kemungkinan Kacer telah nyaman dengan rumah barunya tersebut.

Kacer yang senang mencabuti bulunya, tentu saja memiliki penyebab tertentu di baliknya. Ada baiknya untuk mengetahu penyebabnya terlebih dahulu sebelum memutuskan cara mengatasinya.

Dengan penyebab yang telah diketahui, memudahkan anda mencari solusi terhadap situasi Kacer tersebut. Pastikan burung kicauan tersebut mendapatkan perawatan yang dibutuhkannya, untuk mengembalikannya menjadi normal kembali.