Inilah Cara Merawat Burung Lovebird Lutino

Diposting pada

Lovebird Lutino yang memiliki nama latin Agapornis Roseicollis. Banyak para kicau lovebird maniak yang menjadikan burung Lutino ini menjadi burung gacoan lapangan yang sering kali didaftarkan untuk kontes – lomba kicau.

Burung ini memberikan daya tarik tersendiri. Mulai dari bulunya yang bersih, warnanya yang menarik dan kicauannya yang unik. Bukan hanya itu, burung lovebird lutino tergolong jenis burung kontesan yang selama ini sudah banyak di buru oleh para orang pecinta lovebird, karena sangat sulit untuk ditemukan.

Seiring dengan berjalannya waktu, jenis burung ini banyak sekali yang membudidayakan sehingga anda dengan mudah dapat mendapatkan burung ini dengan harga yang relatif standart. Berikut ini penjelasannya :

Perawatan Lovebird Lutino

PERAWATAN HARIAN BURUNG LOVEBIRD LUTINO

Perawatan lovebird paud lutino tidak berdeda dengan burung lutino dewasa. Biasakan untuk memandikan burung Lovebird ini Pagi dan Sore hari. Ingat sebelum dimandikan diangin-anginkan terlebih dahulu setelah itu baru dimandikan dan dijemur secukupnya dan diangin-anginkan kembali agar kering. Alangkah baiknya khusus lovebird lutino diberikan kerodong (penutup kandang) double, agar burung selalu dalam kondisi nyaman dan tenang.

Pada bagian kandang tidak terlalu sulit, gunakan saja kandang yang terbuat dari jeruji besi standar yang sering digunakan pada umumnya.

Anda bisa memberikan pakan berupa Ebod lovebird dan anda juga bisa memberikan beberapa jenis tumbuhan seperti jagung muda,kangkung dll yang bisa anda berikan 2 kali sehari. Namun cara perawatan lovebird lutino mata merah sama seperti pada lovebird lutino mata hitam.

Baca selengkapnya :  Inilah 3 Jenis Burung Tledekan Terbaik Yang Ada Di Indonesia

PAKAN KHUSUS UNTUK BURUNG LOVEBIRD LUTINO

Ingatlah, jenis burung lovebird ini sangat sensitif sekali dan jika salah dalam pemberian makannya, maka bisa menyebabkan sakit dan bahkan berujung pada kematian. Selalu perhatikan pakan yang anda berikan setiap harinya kaya akan kandungan gizi serta protein untuk menjaga kesehatan lovebird lutino tersebut.

Selain itu juga, pakan tambahan lainnya harus anda berikan misalnya seperti sayur-sayuran seperti kangkung, jagung, biji kwaci dan pemberian multivitamin.

Pakan-Khusus-Untuk-Lovebird-Lutino

CIRI-CIRI BURUNG LOVEBIRD LUTINO

Ciri-ciri lovebird lutino ialah warnanya sangat didominasi dengan warna kuning dan merah adalah termasuk warna lovebird yang rajin ngekek. Di bagian wajah dan paruhnya, biasanya berwarna orange atau kemerah-merahan. Jenis lovebird lutino terbagi menjadi dua ; lovebird lutino mata hitam dan ada yang merah. Pada event kontes burung berkicau pernah lovebird lutino mata merah juara nasional yang membuat trend lutino semakin naik daun.

SIFAT BURUNG LOVEBIRD LUTINO

Sebelum anda merasa tertarik untuk membudidayakan burung lovebird lutino maupun merawatnya untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan, alangkah baiknya terlebih dahulu anda mengenali sifat-sifatnya agar dapat merawatnya dengan maksimal. DAFTAR HARGA BURUNG LOVEBIRD LUTINO TERBARU

  • harga lutino mata merah Rp 690.000 – Rp 1.000.000

harga-lutino-mata-merah

  • harga lovebird lutino mata hitam Rp 350.000 – Rp 750.000

harga-lovebird-lutino-mata-hitam

Demikianlah uraian singkat yang bisa saya berikan tentang Tata Cara Merawat Burung Lovebird Lutino lengkap dari sifat,ciri,kandang,pakan maupun perawatan sehari-hari. Yang kiranya dapat menambah wawasan om bos untuk memelihara burung yang satu ini. Semoga bermanfaat.