Cara Mudah Agar Lovebird Konslet di Gantangan

Diposting pada

Halo om bos.. kicau maniak ekek ekek para pecinta burung lovebird seantero, kali ini penulis blog kacer.co.id kembali berbagi tips dan info penting seputar kicauan ngekek burung lovebird dan cara bikin lovebird konslet di gantangan. Bagaiana sih ?. trik menjadikan lovebird konslet ?. Gampang-gampang susah om bos, untuk membuat lovebird tampil maksimal di arena lapangan, om bos tentunya harus telaten dalam hal rawatan dan settingan tentunya, dan masih banyak faktor yang akan kita kupas tuntas disini.

Bagi anda pemula yang ingin mencoba setingan baru agar burung kesayangan anda tampil dengan maksimal, namun tak perlu khawatir, kami akan berbagi sedikit tips agar lovebird yang anda miliki dapat memaksimalkan durasi ngekek hingga hitungan menit.

Perawatan yang konsisten dan stabil menjadi kunci utama dalam mencetal lovebird dengan durasi ngekek maksimal. Hal yang sering mengganggu kestabilan durasi lovebird yaitu birahi yang tinggi dan cenderung membuat kondisi lovebird tak nyaman dan membuat durasi ngekek pada lovebird menurun. Perawatan yang tepat sangat menentukan kestabilan birahi agar durasi ngekek pada lovebird terus bertambah, tapi bagaimana caranya?.

Cara Mudah Bikin Lovebird Konslet Ngekek Terus

1. Memilih Keturunan / Trah Berkualitas Bibit Unggul

Memilih burung lovebird yang bagus – Pilihlah anakan lovebird yang berkualitas atupun anakan dari burung trah juara. Walaupun tak selamanya trah dari burung juara akan menjadi juara, namun keturunan dari trah juara memiliki potensi lebih besar dari trah standar untuk memiliki durasi ngekek yang cukup panjang.

Baca selengkapnya :  Cara Mudah Membuat Racikan Makanan Burung Kolibri Agar Gacor

Lovebird-Konslet-di-Gantangan

Biasanya dalam satu tetasan ada burung yang memiliki potensi unggul dan mental yang sangat bagus. Pilihlah satu dari sekian burung satu glodok yang memiliki postur tubuh yang proposional dan cenderung mengintimidasi saudaranya yang lain.

Jika om bos sudah dapat memilih dengan benar dari keturunan trah lovebird / indukan yang mempunyai durasi ekek yang panjang, maka point dasar / basic awal sudah di tangan om bos, setidaknya om bos sudah memiliki 60% lovebird yang akan mengeluarkan suara ngekek panjang yang diharapkan, dan yang 40% sisanya hasil rawatan dan settingan.

2. Perawatan Harian

Perawatan harian biasa diawali dengan pengembunan lovebird pada pukul 05.00. Setelah matahari mulai terbit, mandikan lovebird hingga basah kuyup kemudian jemur dibawah sinar matahari pagi atau pukul 07.00 – 09.00 WIB.

Fungsi dari pengembunan dan penjemuran untuk merangsang lovebird agar rajin ngekek dan menjaga kesehatan pada burung. Lakukan hal tersebut rutin setiap harari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Manfaat pengembunan pagi selain untuk merangsang bunyi dan menjaga kesehatan, hal diatas juga bertujuan untuk menjaga kestabilan birahi pada burung lovebird. Burung yang memiliki tingkat birahi yang stabil akan menunjukan performa terbaik saat lomba. Dan untuk burung paud ataupun balibu, penjemuran bisa dilakukan selama 20-30 menit.

Penjemuran-LovebirdSetelah proses penjemuran selesai, kemudian angin-anginkan burung pada tempat yang teduh sebelum dikrodong. Pada sore hari mandikan burung atau angin-anginkan kembali jika cuaca tidak mendukung, kemudian krodong kembali hingga pagi hari. Selama proses dikrodong lakukan pemasteran menggunakan masteran burung asli ataupun menggunakan masteran elektronik.

Disarankan untuk memaster burung lovebird – om bos harus menggunakan burung asli, yang sudah gacor, yang nantinya akan dapat ditiru oleh lovebird dengan mudah dan cepat.

Baca selengkapnya :  Mengenal Ciri Lovebird Cobalt Beserta Kelebihan dan Harga Jual

Jika ingin lebih maksimal, ada baiknya untuk melatih pernafasan dan fisik. Sebaiknya burung lovebird dilatih dikandang umbaran minimal seminggu sekali saja. Bertujuan untuk pernafasan agar dapat menambah durasi kerja saat digantang nanti.

3. Makanan

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pada lovebird juga sangat penting dan perlu diperhatikan, berikan makanan yang mengandung gizi seperti EF (kangkung, jagung), buah (apel, dll), asupan mineral dan jangan lupa memberikan multivitamin lovebird agar selalu terjaga kesehatannya.

Untuk makanan utama bisa diberikan campuran antara milet putih, milet merah, canary seed, dan biji kwaci. Jika tak mau repot anda bisa membeli di kios burung terdekat sesuai merk ataupun racikan yang anda percaya dan pastinya berikan pakan yang cocok untuk burung kesayangan om bos tentunya.

Catatan : pemberian EF sebaiknya sesuai takaran dan kebutuhan pada burung, jika birahi burung sudah mencapai titik maksimal/tinggi jangan memberikan EF karena akan mengakibatkan burung Over Birahi.

4. Settingan Lomba

Pastinya para hobiis kicau ngekek lovebird sudah paham tentang apa itu settingan lomba ?.

Settingan atau setelan lomba ialah perlakuan yang berbeda yang diterapkan oleh burung lovebird anda, menjelang persiapan ke arena lomba, ada yang disetting dari H-3 sampai H-1, disetel dirumah, dan ada juga yang disetel dilapangan, semua tergantung dari masing-masing karakter burung om bos tentunya. Pasti banyak human eror kegagalan yang ditemui saat anda mencari settingan yang tepat untuk burung lovebrid om bos.

Kegagalan bagi para hobiis kicau maniak adalah hal yang lumrah dan sudah biasa, akan tetapi om bos dapat pandai menganalisa dari setiap kegagalan yang pernah dialami, hingga mendapatkan sesuatu yang diharapkan yaitu settingan yang pass donk untuk burung om bos biar tampil maksimal di arena.. Bener nggak om bos.. ?.

Baca selengkapnya :  Cara Mudah Merawat Anakan Burung Cendet Yang Masih Lolohan

Kembali ke pokok bahasan; burung lovebird Ngekek panjang tanpa menghiraukan burung disekitarnya bisa dilakukan dengan cara setting koloni.

Settingan-Lovebird-koloniSettingan koloni bisa menggunakan pasangan jantan dan betina ataupun dengan kelamin yang sama. Namun pada settingan lovebird konslet menjadi kontroversi dari beberapa kalangan senior lovebird mania.

Namun settingan koloni terbilang berhasil karena lovebird nasional banyak yang konslet dengan metode ini antara lain Condet, Sarno, Biang Kerok, dan masih banyak para hobiis yang menerapkan settingan ini.

Tujuan settingan koloni yaitu untuk menghilangkan rasa gerogi burung dan kepo-kepoan pada saat digantang dan menjadikan burung ngekek tanpa memperdulikan situasi ataupun terhadap burung lainnya. Agar burung terbiasa dan beradaptasi di tempat keramaian yang di temani oleh sesama jenisnya di dalam satu kandang.