Rahasia Sukses Budidaya Walet

Diposting pada

Usaha budidaya (ternak) sarang walet termasuk menjadi salah satu bisnis yang menggiurkan, tidak mengherankan bila banyak masyarakat yang ingin mencoba membudidayakannya. Terbuat dari air liur walet, sarangnya dipercaya miliki khasiat luar biasa bagi yang cukup terkenal di dunia kesehatan.

Jika dilihat dari sudut pandang, peluang dan bisnis dibidang ini sangatlah prospek dan menjanjikan tentunya. Yang dimana dengan harga yang relatif cukup tinggi dan kaya akan manfaat bagi dunia medis atau pengobatan.

Seringkali dijadikan sebagai bahan obat obatan, tak jarang pula sarang walet ini diolah menjadi aneka kuliner lezat. Agar budidaya walet dapat berjalan sukses, berikut langkah yang bisa dilakukan.

5 Tips Cara Sukses Beternak Sarang Burung Walet


1. Sediakan Tempat Tinggal yang Memadai

Mungkin anda sudah tidak asing lagi melihat walet bertebangan, di sebuah gedung tinggi yang begitu menjulang. Namun tidak banyak yang mengetahui bila, bangunan tersebut telah dikuasai oleh sekawanan walet yang beterbangan tersebut.

Namun memang pada umumnya walet akan mencari banguanan yang luas nan besar, sebagai tempat tinggalnya. Mengetahui kebiasaannya tersebut, silahkan persiapkan sebuah bangunan khusus dengan ukuran yang beragam.

Perlu diketahui sebelumnya bila, semakin tinggi bangunan tersebut, walet akan semakin menyukainya. Oleh karenanya, anda bisa melihat burung berterbangan keluar masuk dari bangunan tinggi. Sebelum memulai budidaya walet, silahkan menyiapkan bangunan yang berukuran 10 x 15 meter persegi hingga ukuran 10 x 20 meter persegi. Dengan ukuran tersebut, diharapkan walet akan betah disana dan membuat sarang dalam jumlah besar.

Baca selengkapnya :  Mengenal Jenis Burung Emprit (Harga Dan Suara)

gambar-sarang-walet

2. Lingkungan Kandang

Selain menyukai bangunan yang menjulang tinggi, si walet menyukai lingkungan yang jauh dari keramaian. Agar si walet betah berlama lama, bangunlah hunian yang lokasinya cukup jauh dari keramaian.

Ketika lokasi dirasa sudah cukup tepat, kini saatnya untuk memperhatikan suhu ruangan yang tepat untuk sarang walet. Tempat tinggal ideal untuk mereka, yaitu miliki suhu antara 14 hingga 16 derajat celcius dengan tingkat kelembapan hingga 95%.

3. Pembibitan Burung Walet

Ketika tempat tinggal sudah dipersiapkan, kini saatnya untuk mendapatkan bibit walet terbaik. Bagaimana caranya budidaya walet agar mereka tertarik mendatangi bangunan anda ? Silahkan memancing mereka, dengan menggunakan tape rekorder yang mengeluarkan suara burung walet. Usai menyiapkan tape, silahkan menumpuk jerami di beberapa sudut. Jerami tersebut akan digunakan sebagai tempat peletakan pakan walet, yang berupa serangga kecil.

Agar lebih efektif, silahkan memancingnya pada sore hari yaitu sekitar pukul 4 hingga 6 sore. Dalam kurun waktu tersebut, walet akan mencari tempat beristirahat yang ideal bagi kelangsungan hidupnya.

Anda juga bisa menambahkan telur walet yang siap menetas, yang dapat diperoleh dari peternak walet lainnya. Dengan adanya telur tersebut, walet akan semakin tertarik untuk tinggal di dalam bangunan tersebut.

4. Memelihara Rumah Walet

Ketika bangunan telah dihuni oleh sejumlah walet, sudah sewajarnya bila kotoran sudah terlihat menumpuk. Melihat kondisi tersebut, silahkan membersihkannya dengan cara mengumpulkannya dalam suatu karung dan letakkan di dalam bangunan tersebut.

Tidak perlu dibuang, proses ini perlu dilakukan dengan hati hati agar tidak terjadi kesalahan fatal. Jika tidak, ditakutkan seluruh burung merasa terganggu dan pergi mencari tempat lainnya.

sarang-burung-walet

5. Pakan dan Proses Panen

Makanan burung walet, burung yang satu ini sangat gemar mencari makanannya sendiri, namun tidak ada salahnya untuk menyiapkan pakan berupa serangga sebagai bagian dari langkah budidaya walet.
Tunggulah hingga beberapa bulan kemudian, untuk memanen si sarang walet. Proses panen dapat dilakukan hinnga 4x dalam setahun, sehingga cukup menguntungkan. Ketika proses panen telah dilakukan, silahkan membersihkan sarangnya serta lakukan penyortiran sarang burung yang telah diperoleh.

Baca selengkapnya :  5 Cara Mudah Mengenali Ciri Lovebird Josan Trah Juara

Tawarkan segudang manfaat bagi manusia, membuatnya menjadi bisnis yang cukup menggiurkan. Cukup mudah dilakukan, namun keuntungan yang didapatkan tidak bisa dipandang sebelah mata.

Ditambah dengan nilai jualnya yang terbilang cukup tinggi, membuat sebagian masyarakat pun mencoba untuk melakukan budidaya. Agar bisnis ini berhasil, silahkan terapkan langkah diatas untuk mendapatkan keuntungan lebih.

Demikian informasi singkat ini yang dapat kami share tentang budidaya walet. Jika saya ada kesalahan dan kekurangan saya mohon maaf. Semoga kiranya dapat bermanfaat dan menambah wawasan bagi teman-teman di dunia burung kicau. Terima kasih.