Mengenal Jenis Burung Kolibri, Habitat, Karakter, Pakan, Perawatan, Harga

Diposting pada

Kolibri merupakan burung kecil yang unik serta menarik, berparuh panjang dan suka menyukai nektar manis, sering dijadikan sebagai burung masteran dengan suara crecetan khas yang indah untuk di dengarkan. Siapa lagi kalau bukan burung kolibri. Burung ini sangat banyak ditemukan di alam liar khususnya di indonesia. Banyak sekali macam dan bentuk yang berbeda beda akan tetapi masih satu ras dan golongan yang sama. Berikut ulasan lengkap bisa anda lihat dibawah ini :

King-Konin

Mengenal Berbagai Jenis Kolobri yang Cantik dan Menawan

1. Kolibri Ninja

Habitat dari jenis ini adalah pada pinggir hutan yang memiliki ketinggian hingga 100 dpl, Kolibri Ninja juga sering ditemukan di daerah hutan karet dan pesisir pantai.

Jenis ini sangat menyukai madu dan makanan lain yang memiliki rasa manis, anda bisa memberikan madu atau nektar yang baik untuk tubuh Kolibri Ninja.

harga burung kolibri ninja ini dibanderol untuk satu ekornya, sekitar Rp 500 ribuan hingga Rp 1 juta an. Burung ini merupakan jenis kolibri yang dilombakan dan menjadi burung jenis kolibri ninja termahal dan sedang populer di dunia kicau gantangan saat ini.

2. King Konin

Kolibri jenis ini berhabitat di sekitar hutan mangrove, tepi hutan, rawa, dan tersebar luas hingga mencapai ketinggian 250 mdpl.

Karakter suara King Konin didominasi dengan suara yang tajam, disambung dengan suara ngeroll isian.

Harga untuk King Konin yang telah gacor, dapat menyentuh Rp 1 juta rupiah. Berikan pakan nektar dan kroto, setiap setelah dimandikan.

3. Kolibri Sepah Raja

Habitat Kolibri Sepah Raja merupakan kawasan hutan tropis, perkebunan, dan sering dijumpai pada pohon cerry. Susu kental manis adalah salah satu yang sering disukai burung pemakan madu ini, sebaiknya diberikan langsung tanpa campuran air.

Perkiraan harga untuk satu ekor burung Kolibri Sepah Raja, sekitar Rp 150 ribu hingga Rp 250 ribu rupiah.

4. Kolibri Gunung atau Merak

Jenis Kolibri ini sering disebut dengan Kolibri gunung, karena habitatnya yang berasal di pegunungan atau dataran tinggi.

Pakan dari burung jenis Kolibri Gunung ini cukup sama dengan jenis Kolibri lainnya, yaitu nektar.

Baca selengkapnya :  Mengenal Ciri Kolibri Wulung - Makanan, Harga Dan Suara

Anda bisa berikan beberapa serangga kecil, seperti laba-laba maupun ulat.Jika ingin memelihara jenis Kolibri Gunung, maka berikan lingkungan yang asri dan udara yang dingin.

5. Kolibri Ekor Merah

Sesuai namanya, jenis Kolibri ini memang memiliki warna ekor yang merah mencolok. Jika dilihat dari warna bulunya hampir mirip sekali dengan kolibri sepah raja, namun ukuran tubuh untuk pejantannya sebesar 13 cm, sedangkan untuk ukuran betinannya hanya sekitar 10 cm. Kamu bisa memberikan pakan nektar, susu, dan kroto setiap hari untuk memberikan protein kepada Kolibri Ekor Merah.

6. Kolibri Kelapa

Burung madu kelapa atau Kolibri Kelapa merupakan jenis yang memiliki postur tubuh sedang, yaitu hingga 13 cm. jenis kolibri kelapa ini termasuk burung yang dilindungi, karena memiliki peran untuk penyerbukan bunga secara alami. Harga Kolibri Kelapa cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp 100 ribu untuk satu ekornya. Selain air gula dan kroto, berikan pula buah pisang pada Kolibri Kelapa.

7. Kolibri Black Sunbird

Burung yang cantik ini memiliki warna hitam yang ungu kebiruan, posturnya sendiri tergolong berukuran sedang yaitu 11 cm. Namun untuk betinanya, memiliki warna abu dan bagian perut berwana kuning. Jenis burung Kolibri Black Sunbird ini banyak dicari oleh pecinta burung di Indonesia, tak heran jika harganya pun relatif mahal.

8. Kolibri Wulung

Pagi pecinta burung petarung, tentu Kolibri Wulung sering di pilih oleh masyarakat Indonesia. Ukuran tubuh Wulung cukup kecil, yaitu hanya 10 cm saja. Meskipun begitu burung ini cukup tangguh, karena pada habitat aslinya mereka suka berpindah tempat ke lokasi yang lebih tinggi. Banyak para kicau maniak menyebut kolibri wulung ini adalah kutukan murai, karena bentuk pustur dan mentalnya hampir serupa. Makanan kolibri wulung adalah serangga kecil, seperti ulat dan madu. Harga untuk jenis Kolibri Wulung adalah, sekitar Ro 300 ribu an.

9. Kolibri Sriganti

Selain disebut dengan Kolibri Sriganti, jenis kolibri sriganti ini juga memiliki nama Sogok Otong. Burung Kolibri Sriganti memiliki ukuran sekitar 8 hingga 10 cm, sehingga termasuk Kolibri dengan ukuran yang kecil.

Habitat dari Kolibri Sriganti adalah pekarangan, perkebunan hingga hutan mangrove. Harganya sendiri, dibanderol sekitar Rp 100 ribu higga Rp 400 ribuan untuk satu ekornya.

10. Kolibri Sangihe

Sesuai namanya, Kolibri Sangihe memang burung asli dari kepulauan Sangihe Sulawesi Utara. Bahkan burung ini hanya ditemukan pada Gunung Sahendaruman. Dalam perawatannya, Kolibri Sangihe memakan nektar bunga, dan binatang avertebrata lainnya.

Memiliki ciri khas badan yang berwarna kuning, Kolibri Sangihe memiliki ukuran sama dengan Kolibri Gunung yaitu 12cm.

11. Kolibri Matari

Selanjutnya adalah Kolibri Matari, burung ini memiliki ukuran yang cukup kecil yaitu hanya sebesar ibu jari orang dewasa. Memiliki total panjang 11 cm, Kolibri Matari sangat cantik dengan perbaduan warna yang eksotik. Kenapa bisa dinamakan matari ?..

Baca selengkapnya :  Inilah Perbedaan Cendet Madura Dengan Cendet Lainnya

Mungkin burung ini pada asal dan kebiasannya sangat gemar dan menyukai bunga matahari yang sering di hinggapinya. Jenis ini tergolong endemik, karena hanya dapat ditemukan pada Nusa Tenggara dan Pulau Flores saja.

12. Kolibri Leher Merah

Jenis kolibri leher merah ini Habitat asli dari burung ini adalah, daerah hutan tropis, yang memiliki ketinggian hingga 500 mdpl. Pakannya sendiri sama seperti jenis Kolibri lain, yaitu nektar dan serangga kecil.

Burung ini sangat mudah untuk dikenali, dengan ukurannya yang sedangkan dan warna hijau mengkilap. Burung kolibri leher merah ini sangat langka dan sudah sulit untuk ditemukan di daerah hutan indonesia.

13. Kolibri Jawa

Jika dilihat dari namanya, kita tentu sudah mengira habitat asli dari jenis ini. Ditemukan di sekitar pulau Jawa, ukuran dari burung ini hampir sama dengan Kolibri Sepah Raja namun bentuk postur dan warnanya sedikit berbeda.

Ciri tubuhnya sangat mudah untuk dikenali, dengan mahkota ungu dan kepala merahnya yang menonjol membuat seluruh penampilan semakin mengagumkan.

14. Kolibri Lebah

Kolibri lebah mendapat predikat sebagai burung terkecil didunia, bagaimana tidak ukuran tubuhnya saja hanya mencapai 4 hingga 5 cm. Bahkan dengan ukuran tubuh yang kecil ini, terkadang Kolibri Lebah jauh lebih kecil dari serangga. Pakan kesukaan dari Kolibri Lebah adalah nektar, dan makanan manis lainnya seperti madu atau susu kental manis.

15. Kolibri Pijantung

Jenis Kolibri ini tersebar di beberapa negara Asia Selatan dan Asia Tenggara. Bahkan 8 dari 11 jenis Kolibri Pijantung behabitat asli di Indonesia khususnya daerah Sumatera, Jawa dan Kalimantan. Jenis Kolibri Pijantung termasuk menjadi jenis burung terbesar, dimana panjang tubuh mereka antara 13 hingga 22 cm.

16. Kolibri Leher Rubi

Jenis Kolibri Leher rubi, merupakan satu dari sekian banyaknya jenis Kolibri yang menghabiskan musim dingin di beberapa daerah barat. Burung ini memang bukan asli dari Indonesia, karena umumnya berada di sekitar Amerika. Pakan Kolibri Leher Rubi adalah nektak, hingga serangga kecil seperti aba-laba atau ulat.

17. Kolibri Rufus

Burung Kolibri terakhir yang akan dibahas adalah, Kolibri Rufus. Jenis ini merupakan jenis Kolibri dengan hanya panjang sekitar 4 cm, dan paruhnya yang panjang dan ramping. Burung ini terkenal dengan keterampilannya terbang 1000 mil selama migrasi, pada habitat aslinya. Burung Rufus ini memiliki ciri khas yang unik, dengan tubuh berwana orange dan ukiran merah pada bagian lehernya.

Habitat dan kebiasaan

Burung jenis ini sering dijumpai di negara amerika selatan, namun jika dilihat sekilas hampir mirip dengan burung ngengat rajawali karena ukuran dan cara terbangnya yang serupa saat berada didekat bunga.

Baca selengkapnya :  Rahasia Sukses Beternak Burung Jalak Bali

Karakter Burung Kolibri

Kolibri-RufusSuara kolibri memiliki ciri khas crecetan dan beset-besetan tajam. Dengan cara terbangnya burung ini mengepakkan sayapnya dengan amat cepat seperti kepakan sayap tawon, saat ketika terbang sayapnya tidak tampak jelas terlihat sangking cepatnya.

Menurut para ahli , semakin kecil bentuk ukuran kolibri, semakin pula kepakan sayapnya. Burung kolibri yang berukuran besar hanya mampu mengepakan sayapnya 10 kali per detiknya, namun untuk kolibri yang kecil bisa mencapai 80 kali per detik.

Burung kolibri tidak dapat terbang lamban (lambat) yang mengapung di udara, mereka hanya bisa terbang dengan kecepatan 100km/jam mereka juga diketahui sebagai satu-satunya burung yang dapat terbang mundur.

Namun ada kekurangan dari burung kolibri ini, mungkin karena penyebarannya hidup terbiasa hidup bebas di alam liar, burung yang satu ini kurang mampu dan sangat sulit untuk beradaptasi dengan lingkungan sekitar yang dirawat oleh manusia. Dan mudah drop dan macet bunyi.

Sebab dari itu jika om bos ingin memelihara burung kolibri, harus tahu dulu cara merawat burung kolibri yang baik dan benar agar tetap sehat dan rajin berkicau (gacor).

Makanan Yang Dibutuhkan

Makanan Burung Kolibri ini sangat menyukai dengan minuman nektar, cairan manis didalm bunga. Seperti lebah, mereka dapat menakar menilai jumlah gula dalam nektar yang mereka makan. Mereka tidak akan mendekati bung yang menghasilkan madu kurang dari 10% dan sangat menyukai bunga dengan kadar gula dan madu yang tinggi.

Nektar adalah sumber makanan yang miskin nutrisi, sehingga kolibri dapat mengatur kebutuhan protein asupan, asam, amino dan mineral.

Tips Mudah Merawat Kolibri

  • Berikan serangga telur semut (kroto) setengah sendok makan, wajib kroto yang telah di filter ya om bos dibersihkan dari kotoran-kotoran sehingga kolibri tidak mudah tersedak.
  • Di selingi dengan susu manis, pemberian susu dan madu diselang-seling 2 hari diganti, 2 hari susu dan 2 hari madu.
  • Peliharalah burung kolibri lebih dari satu atau berpasang-pasangan, karena burung ini termasuk jenis burung koloni yang dapat merangsang untuk semakin gacor.

Di Indonesia sendiri, burung Kolibri pun sering dijadikan peliharaan. Dengan kicauannya yang indah, tak heran jika banyak masyarakat memilih Kolibri untuk diikutkan dalam pertarungan burung kicau.

Apabila anda ingin memelihara Kolibri, ada baiknya untuk mengetahui beberapa jenis dari Kolibri ini. Tentunya, anda perlu memperhatikan apakah burung tersebut dilindungi atau tidak.