Rahasia Mengetahui Ciri Kacer Sehat Atau Tidak

Diposting pada

ciri kacer sehat – Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh kicau mania kacer mania saudaraku semua kita berjumpa kembali mudah-mudahan kalian selalu sehat tidak kurang suatu hal oke selalu ceria bahagia jadi kan enak kita itu kalau beraktivitas ceria bahagia sana mudah-mudahan kalian mendapatkan itu semua.

Pada kesempatan kali ini kita akan mengulas yang menurut saya sangat tajam, kenapa saya bilang sangat tajam karena ini adalah satu ilmu yang dimiliki oleh para senior Senior Kicau Mania yang sudah melanglang buana, baik dari lokal, maupun kelas nasional sekalipun.

Yuk simak baik-baik sampai habis artikel ini sudah pasti mudah dimengerti dan tidak gagal paham nantinya. Dan Saya akan menunjukkan garis besar saja.

Analisa Kondisi Kesehatan Burung Kacer

Salah satu kunci kesuksesan kita untuk merawat burung kacer kita itu adalah kemampuan kita untuk membuat burung kacer nyaman dan selalu sehat karena jika tidak sehat dan pasti akan bermasalah atau terganggu pada penampilannya juga akan buruk tidak akan maksimal pastinya.

Sama seperti kita kalau kita udah nggak sehat, sedang demam itu makan aja yang tadinya rasa ayam itu enak, berubah jadi pahit, rasa sate itu enak berubah jadi pahit, minum jus itu rasanya manis ketika kita sakit kurang enak badan maka itu berubah rasanya jadi pahit, bener nggak ?.

Kenapa bisa begitu karena kita enggak sehat pada saat itu kondisi kesehatan kita buruk otomatis kalau kesehatan kita buruk maka kinerja kita pun akan buruk ya kan masuk akal kan!. Dan apabila kita sedang sakit kerja juga otomatis nggak enak dan tidak nyaman.

Misal kita terserang penyakit pilek, mau ngomong juga nggak enak ya kan!. Apalagi disuruh nyanyi. Haduh.. Yang ada suaranya nggak jelas serak dah. Sudah pasti akan buruk hasilnya kecuali orang itu super atau mempunyai kelebihan dan keistimewaan tersendiri. Jadi hal kesehatan pada burung gacoan khususnya untuk burung lapangan hal ini sangat penting dan jangan sesekali kalian remehkan tentang masalah kesehatan burung kalian. Kerja atau tidaknya dilapangan burung kacer sangat mempengaruhi dari kesehatan dan kesiapannya sebelum di turunkan ke arena kontes. Jadi kalian harus paham mengetahui kondisi burung tersebut.

Baca selengkapnya :  Rahasia Perawatan Burung Cendet Agar Cepat Gacor

kondisi-kacer-FIT

Kenali Permasalahan Kacer Dari Bentuk Kotorannya

Pada intinya disini mereka yang mampu melihat kondisi burung itu hanya dengan melihat kotorannya saja wow luar biasa bukan ?.

Bagi para kacer mania yang sudah berpengalaman para senior, mereka tidak akan lagi melihat perawatan kita seperti apa, mereka cukup lihat kotorannya saja. Dan seperti apa mereka akan tahu rawatan kita itu rawatan seperti apa yang kita terapkan dan makanan apa yang kalian berikan kepada burung kacer itu.

Untuk yang sudah profesional senior akan tahu hanya melihat dari bentuk kotorannya saja luar biasa kan, bahkan lebih asik lagi orang-orang profesional itu kita nggak usah cerita rawatan saja dari kotorannya saja dia udah tahu kita itu sehat atau nggak, gila kan otomatis tentu untuk merawat burung kacer Yang kita sayangi itu akan lebih mudah ya kan pasti dalam benak kalian.

Tips cara mengetahui ciri burung kacer yang sedang kondisi FIT atau tidaknya, dan pastinya ilmu Ini tidak sembarangan, butuh riset penelitian yang Membutuhkan jam terbang sangat tinggi, tidak bisa dilakukan dengan cara instan dan cepat, itu enggak bisa kita harus mempelajarinya secara bertahap sedikit demi sedikit.

Bertanya-tanya seperti apa sih dan kotoran kotoran burung itu yang mengindikasikan kondisi nya tuh sehat atau tidak melebihi birahi atas emosi atau tidak kurang jemur kelebihan jemur atau tidak cocok. Oke Teman-teman Semua demi kalian demi burung kacer yang kalian rawat kita akan bahas satu persatu tetapi Secara garis besar saja.

Ciri Kotorannya Burung Over Penjemuran

Unutk burung kacer yang melebihi penjemuran Bagaimana kotorannya ?. Kalau kita sudah tahu kalau burung kacer ini di atas penjemuran kita lihat dari kotorannya apakah otomatis kita akan menyetop penjemuran, akan tapi apabila kita tidak tahu maka penjemuran akan kita teruskan dan berakhirlah burung kita menjadi dehidrasi. Dan ciri-ciri dari kotoran burung kacer yang melebihi penjemuran itu rata-rata kotorannya tidak menggumpal atau basah kalau kita sering bilang itu seperti mencret.

Baca selengkapnya :  Tips Menjaga Mental Burung Kacer Agar Tetap Fighter

kondisi-burung-kacer-sakit

Nah Kalau penjemuran diteruskan maka yang terjadi adalah kotoran itu tidak lagi berwarna putih tetapi menjadi warna putih, Nah keinginan kita teruskan lagi yang terjadi adalah burung kacer jika kita akan dehidrasi berujung kepada nyilet, maka jika terjadi seperti ini kalian akan harus segera stop penjemuran, berarti burung kalian itu terlalu over penjemuran sampai kotoran kembali bagus.

Ciri Kotorannya Burung Kurang Jemur

Biasanya jika kita sedang sibuk dan lagi mager ya, terkadang kita malas merawat burung kacer kita jadi kita biar biarin saja, alhasil burung tidak konsisten dalam hal penjemurannya.

Nah salah satu ciri-ciri kotoran burung kacer yang kurang penjemuran itu kotorannya besar-besar kemudian sedikit lembut teksturnya itu nggak keras dan lembut kotorannya itu menggumpal besar-besar Nah ini salah satu ciri khas burung kacer kita itu kurang penjemuran kalian bisa lakukan dan jemur burung kacer kesayangan kalian secara konsisten.

Jika kacer kita itu kurang penjemuran atau bahkan tidak kita perah dijemur sama sekali dengan waktu yang lama maka yang terjadi kotoran si burung kacer tersebut yang tadinya lembek besar menggumpal kotorannya itu disertai aroma yang sangat bau ya kan!.

Pasti kalian pernah menemui hal ini kotorannya sangat bau menyengat menandakan kalau Burung kacer itu tidak sehat, karena kekurangan penjemuran bakteri-bakteri itu bisa menempel pada burung kita pada makanan dan minumannya. Karena apa tidak kita imbangi dengan penjemuran sedangkan penjemuran itu dapat membunuh bakteri yang ada di burung kita.

Tidak akan mungkin sehat Kalau makanannya itu bercampur dengan bakteri, terlebih jika Kondisi ini dalam waktu yang sangat lama bahkan berbulan-bulan. Mungkin kalian pernah lihat burung kacer yang menggunakan voer berwarna merah, lalu kemudian kotorannya akan keluar berwarna merah ya kan, jika diberikan yang berwarna hijau akan sama warna denga voer yang sudah dikonsumsi siburung, dan itu berarti menandakan burung tidak ada masalah dan Sehat.

Baca selengkapnya :  Cara Mudah Mempersiapkan Murai Batu Untuk Kontes

Berbeda jika kondisi burung sedang dalam masalah kesetahan pencernaannya, jika diberikan voer baik itu warna merah ataupun hijau maka kotoran yang keluar, akan berwarna kuning dan sudah pasti berbau sangat tidak sedap sekali, nah ini situasi kesehatan burung sedang terganggu dan tidak sehat.

Jika tidak cepat diatasi dan dibiarkan begitu saja lama-lama si burung akan mengalami gangguan pada pencernaan, karena kurang diperhatikan dalam masalah penjemuran yang sudah dijelaskan diatas.

Ciri Kotoran Burung Kacer Yang Terserang Bakteri

Burung kacer yang terserang bakteri ini sangat berbahaya yang bisa menyebabkan kematian burung kacer kita, karena kondisinya terlalu lama bentuk kotorannya berwarna putih cair. Nah kalau dia kering jadinya seperti kapur yang biasa disebut Kicaumania itu berak kapur.

Faktor yang jadi penyebabnya biasanya dari pakan voer kita itu yang sudah terlalu lama, alias nggak kita ganti. Saran dari saya gantilah pakan voer yang sudah kalian berikan di wadah cepuk minimal 3 – 4 hari ganti dengan voer yang baru dan masih fresh.

Dan bisa juga dari air minum yang kotor menyebabkan bakteri itu berkembang di dalam kandang burung, ganti air minum minimal 1 hari sekali ya, krodong dicuci 1 minggu sekali, alas kotran kandang dibawah sangkarnya dibersihkan setiap hari minimal 1 hari sekali saja.

Itulah tips yang dapat kami bagikan sesuai pengalaman kacer mania dalam hal memberikan perawatan dan mengetahui kondisi burung kacer kesayangan kalian pastikan sehat atau tidaknya. Semoga bermanfaat ya. Terima kasih.

Baca juga : Ciri Kacer Siap Lomba

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari