6 Cara Merawat Kenari

Diposting pada

Hai sobat kicau maniak, penulis kembali update informasi seputar dunia kicau yang kali ini akan membahas burung kenari – 6 Cara Merawat Kenari Agar Gacor yang dapat dilakukan setiap hari / sebagai rawatan harian untuk burung kenari. Siapa yang tidak kenal atau tidak mengetahui burung kenari ?. Hehhehe, sungguh terlalu jika anda tidak mengenal burung kenari.

Burung kenari sudah termasuk burung paruh pendek yang populer saat ini yang banyak disukai oleh para kicau maniak, baik untuk orang awam sekalipun. Dengan bunyi yang sangat indah, bernada cengkok yang enak didengar dan ngerol yang panjang berdurasi dengan vokal yang sangat baik, banyak menarik perhatian banyak orang untuk dapat memelihara dan merawatnya. Burung kenari saat ini sudah banyak kelas yang sering mengikuti kontes di arena gantangan dan ada juga yang hanya sekedar menjadi burung isian yang baik.

6 Cara Merawat Burung Kenari Biar Rajin Bunyi

1. Mandikan Secara Rutin Di Pagi Hari

Mandikan-Secara-Rutin-Di-Pagi-Hari

Bagaimana cara memandikan burung kenari dengan baik dan benar ?.
Dalam memandikan burung kenari ada 2 cara, cara yang pertama yaitu dengan cara menyemprot dengan spray / semprotan dan cara yang ke dua adalah memandikannya di cepuk / mangkok kecil untuk burung kenari berenang mandi sendiri tanpa paksaan. Ada banyak manfaat bagi kesehatan atau kebugaran tubuh burung kenari jika dimandikan secara rutin / konsisten.

  • Dapat membuat burung kenari terlihat lebih bugar dan bulu burung kenari lebih tampak bersih dan berkilau.
  • Melindungi kesehatan burung kenari – terhindar dari penyakit / terserang kutu burung.
  • Menstabilkan birahi burung kenari agar dapat lebih terkontrol.
  • Dapat membuat burung kenari lebih lincah dan rajin bunyi.
Baca selengkapnya :  Cara Mudah Merawat Burung Murai Batu Tangkapan Hutan

Catatan disini; jangan memandikan burung kenari yang sedang mengalami proses rontok bulu / sedang mabung / kondisi burung sedang sakit (Tidak VIT).

2. Selalu Menjaga Kebersihan Sangkar

Selalu-Menjaga-Kebersihan-Sangkar

Kebersihan kandang harus selalu dijaga setiap harinya, rajin dan selalu mengkondisikan kebersihan kotoran burung kenari, agar terhindar dari berbagai macam virus / penyakit yang dapat menyerang burung kenari kita.

3. Berikan Pakan Biji-bijian

Berikan-Pakan-Biji-bijian

Pakan yang paling disukai burung kenari adalah pakan biji-bijian seperti canary seed, gabah, milet dan lainnya, ada banyak kandungan protein nabati yang baik untuk dikonsumsi oleh burung kenari.

4. Berikan Pakan Sayur-sayran / Dedaunan

Berikan-Pakan-Sayur-sayran/Dedaunan

Pakan selingan yang cocok untuk kenari adalah sayur dan daun-daun yang kaya dan banyak manfaatnya yang dapat dikonsumsi oleh burung kenari, agar mencukupi kebutuhan serat bagi kesehatan dan pencernaan burung kenari.

Pakan sayur – sayuran / dedaunan yang disarankan untuk burung kenari seperti: mentimun, sawi hijau / putih, oyong, cabai bangkok, buah apel dan jagung muda yang manis.

5. Berikan Tulang Sotong Untuk Asinan

Berikan-Tulang-Sotong-Untuk-Asinan

Tulang sotong berasal dari binatang yang hidup laut, hampir mirip sekali degan cumi / gurita yang banyak sekali mengandung kaya vitamin, iodium, garam, klorida, magnesium, kalsium karbonat, serta kalsium fosfat dan mineral yang baik untuk tubuh burung kenari. Perbedaan antara cumi dengan sotong adalah, sotong berbentuk pipih yang memiliki tulang yang kuat dan putih, sedangkan cumi-cumi berbentuk selinder dan memiliki tulang yang lunak.

Tulang sotong ; banyak sekali digunakan untuk para penghobi kicau maniak dan mempunyai banyak manfaat untuk burung kenari sebagai asinan yang mampu memicu produktivitas serta kesehatan telur / memperkuat cangkang telur yang dihasilkan jika ingin diternak.

6. Berikan Multi Vitamin

Berikan-Multi-Vitamin

Burung kenari sangat rentan fisik atau bisa dibilang mudah terserang penyakit, dengan faktor cuaca yang ekstrem saja burung kenari sangat mudah sakit, oleh karena itu pemberian multivitamin tambahan wajib diberikan untuk burung kenari kita agar selalu menjaga kekebalan tubuh dan menjaga kesehatannya.

Baca selengkapnya :  Cara Mudah Membuat Cucak Ijo Agar Tampil Ngentrok Juara Lomba

Catatan disini, dalam pemberian multivitamin cukup diberikan 1 minggu sekali saja. Dan produk multivitamin yang baik dan dianjurkan, penulis menyarankan untuk anda menggunakan multivitamin BnR Vit yang sangat baik dan selalu menjaga imunitas burung kenari.

BNR VIT sudah sangat banyak digunakan oleh para kicau maniak dan banyak Megandung vitamin E sebagai Anti Oksidan biologis, yang berfungsi untuk melindungi struktur sel burung dan juga meningkatkan Kesuburan.

INDIKASI/MANFAAT :

  • Meningkatkan Kekebalan tubuh burung
  • Meningkatkan Produktivitas
  • Anti Stres
  • Menambah Nafsu makan
  • Dapat mengobati infeksi pernapasan
  • Mengatasi Burung Kegemukan
  • Meningkatkan Stamina

CARA PEMAKAIAN :

  • 1-2 tetes BnR Vit pagi dan sore hari sebelum dan menjelang lomba untuk meningkatkan stamina.
  • Untuk perawatan tiap hari, campurkan 1-5 tetes BnR Vit pada setiap pergantian air minum.
  • Disarankan mengganti air minum 1kali sehari.

Berat isi : Netto 15ml

Berikut informasi 6 Cara Merawat Kenari Agar Gacor yang dapat anda terapkan dan anda jadikan sebagai bahan referensi yang baik. Semoga bermanfaat dan membuat burung kenari anda selalu sehat dan gacor door bocor tentunya.