Cara Menjodohkan Burung Kenari

Diposting pada

cara menjodohkan burung kenari – Oke jumpa lagi bersama Kacer.Co.Id yg selalu konsisten memberikan informasi terupdate dan teraktual seputar dunia burung kicauan, nah pada kesempatan kali ini kami mau nge-share bagaimana cara mudah menjodohkan burung kenari ya.

Ada beberapa pertanyaan dari temen-temen khususnya penghobi burung kenari ya, (kenari mania) yg ingin baru belajar untuk mencoba dalam hal membudidayakan (ternak) burung ini, akan tetapi pada tahapan perjodohannya terkadang masih ada yg gagal dan bahkan merasa kesulitan ya ?. Oke tanpa langsung berlama-lama dan banyak basa-basi lagi silahkan simak aje info selengkapnya dibawah ini ya guys :

Cara Menjodohkan Burung Kenari Agar Cepat Kawin


Pengenalan (Pendekatan Indukan)

Jika sudah dipastikan siapan / indukan pejantan serta betinanya sudah fix maka harus yg dilakukan di tahapan awal ini sebagai berikut :

Untuk proses penjodohan pada langkah pertamanya adalah didekatkan yang ditempelkan antara kenari jantan dan betina nya ya, untuk lama durasinya dengan cara mendekatkan kedua burung ini di kandang yg terpisah tadi, ya kurang lebih memakan waktu sekitar 1 hari sampai 3 hari tergantung tingkat birahi dari kenari betina, dari semua tipe burung berbeda-beda ya, ada yg cepat dan juga ada yg agak lambat.

membuat-kenari-betina-siap-kawin

Namun ada juga contoh kasus seperti ini :

Jika ada peternak pemula yang masih bertanya-tanya, kenapa ya padahal kenari betina sama pejantan nya ini sudah siap kawin tapi kok saya satu kan jadinya kita bertengkar terus terlihat (kepantau) kurang akur.

Nah menurut pengalaman pribadi kami, dan para senior pengkaran burung kenari, tentu tidak apa-apa jika kalian menemui permasalahan jodohan kenari ini sering sekali terlihat berkelahi gitu ya, ya pada dasarnya memang bisa juga salah satu dari jantinya ya memiliki jiwa fighter yg tinggi, jadi itu merupakan hal yg wajar saja ya. Intinya tetap si burung ujung-ujungnya akan kawin juga, jadi temen-temen tidak usah khawatir kenapa-napa dengan burung indukan jantinanya ya.

Baca selengkapnya :  Tips Memilih Jenis Kenari Lomba Yang Memiliki Kualitas Terbaik

Menyatukan Indukan Burung Kenari

Yang kedua ini kalian bisa menyatukan indukan tersebut ke dalam satu kandang ternak yg sudah disiapkan ya. Setelah berjalan 3 hari saat melakukan proses pengenalan diatas, baru kenari jantan kita satukan kedalam kandang kenari betina dan biarkan sampai dia mau kawin, kalau bertengkar nggak papa Biarkan saja, insyallah akan tetap aman dan walaupun bertengkar burung kenari betina tidak akan mati ya, berbeda dengan jenis lovebird yg jika disatukan sering ribut antara betina dan jantannya.

cara-ternak-kenari-di-sangkar-harian

Tapi Biarkan saja kamu sekitar semingguan itu sudah mau bertelur meskipun kenari pemula ini gak bisa lihat terus atau ditinggal kerja langsung dimasukkan ke ke box dan dimasukkan ke sana ya, nanti kalian bisa kasihkan serabut nanas biar betinanya itu membuat sarang.

Baca juga artikel lainnya : Cara Memilih Kenari Prospekan Yang Bagus

Dan jangan lupa diberi telur puyuh dan juga sawi seminggu dua, agar mendapatkan hasil yg lebih maksimal, karena manfaat EF ini sebagai untuk mendongkrak birahinya ya agar cepat sering kawin dan cepat pula nelurnya heheh.

Oke ya temen-temen itu saja tips singkat yg dapat kami bagikan seputar cara menjodohkan burung kenari, yg bisa kalian coba aplikasikan dirumah, dan kiranya semoga dapat bermanfaat bagi temen-temen penghobi kenari mania semuanya. Terima kasih.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari