Cara Mudah Memahami Karakter Dasar Burung Love Bird

Diposting pada

Memelihara burung menjadi salah satu hobi baru dikalangan masyarakat. Memelihara burung juga sama halnya seperti kamu memelihara kucing atau anjing. Bisa menjadi kawan di rumah dan dapat memecah sunyi dalam rumah. Mulai dari yang perawatannya sederhana hingga sulit. Maupun yang memiliki suara merdu dan nyaring.

Setiap jenis burung memiliki karakter yang berbeda-beda sehingga terkadang perawatannya juga berbeda. Berbicara mengenai karakter jenis burung. Ada beberapa burung yang bisa dijinakkan ada juga yang sangat sulit dijinakkan. Maka dari itu berpikir terlebih dahulu sebelum memilihara burung.

Pilihlah burung yang memiliki karakter yang mudah untuk dijinakkan. Namun, ada juga burung yang sudah jinak sejak dalam penangkarana. Jadi ketika kamu membelinya sudah jinak dan aman untuk di pelihara.

Jenis burung yang sering dijadikan peliharan adalah burung love bird. Namun, tak jarang jika burung tersebut diikutkan dalam kompetisi burung kicau karena suaranya yang sangat merdu dan indah.

gambar-burung-lovebird

Jika kamu berminat memelihara burung cantik tersebut, kamu sebaiknya harus mengerti karakter burung tersebut. Dari memahami dan mengerti karakter seekor burung, kamu juga akan mengerti kebiasannya serta kebutuhan apa yang harus terpenuhi.Mulai dari perawatan hingga pakannya.

Berikut akan dipaparkan beberapa cara yang bisa kamu terapkan untuk memahami karakter burung can tik dengan suara merdunya. Perhatikan setiap detailnya supaya burung peliharaan kamu jinak dan tidak takut dengan orang lain selain pemiliknya.

Trik gampang membaca karakteristik pembawaan burung lovebird

Berinteraksi

Cara ini sering dilakukan oleh pemilik burung love bird atau bahkan cara ini memang sering dilakukan juga untuk burung jenis lainnya. Berinteraksi dapat menimbulkan hubungan antara pemilik dan peliharan itu sendiri.

Baca selengkapnya :  Apa Itu Burung Punai Berikut Penjelasan Makanan, Harga, Suara

Interaksi yang bisa kamu lakukan adalah dengan memperhatikan gerakan burung tersebut dan amatilah dengan saksama. Pancing dengan beberapa hal, kamu bisa menggunakan makanan atau benda lain. Apakah burung tersebut langsung tertarik atau menunggu beberapa waktu untuk mendekat.

Sering-seringlah memancingnya untuk berkicau. Kamu bisa menggunakan suara love bird berkicau dari smartphone dengan volume yang stabil, jangan terlalu keras. Lihatlah reaksinya, apakah burung tersebut juga membalas kicauan tersebut atau hanya diam.

Perhatikan Ketika mandi

Terkadang pemilik burung love bird akan menyediakan kandang khusus untuk mandi. Jadi di dalamnya terdapat wadah yang berisi air untuk burung mandi. Namun, hal tersebut bisa diakali dengan meletakkan wadah minum yang cukup besar dan perhatikan bagaimana burung tersebut mandi.
Jika menggunakan kandang khusus mandi kamu bisa meletakkannya di halaman rumah pada pukul 8 sampai 10 pagi untuk sekalian berjemur. Perhatikan bagaimana tingkahnya ketika mandi dan berjemur.

Ketika burung sudah mulai banyak gerak sebab dijemur, artinya burung tersebut tidak bisa dijemur lama-lama. Jadi kamu bisa mengantisipasi hal tersebut tidak terjadi selanjutnya. Ditakutkan burung akan mengalami stres dan penurunan kesehatan. Ketika burung merasa tidak nyaman jika harus mandi di kandang khsusu. Cobalah gunakan semprotan dengan menyemprotkan secara perlahan-lahan.

Makanan yanng Cocok

Pemilik burung love bird terkadang memberikan makanan dalam kemasan yang biasanya dijual di toko pakan hewan. Ada berbagai macam merk makanan burung. Jika kamu baru pertama memelihara burung cobalah membeli minimal 2 merk yang berbeda.

Kemudian perhatikan apakah burung tersebut suka keduanya, salah staunya atau bahkan tidak suka keduanya. Dikarenakan setiap merk pakan burung memiliki terkstur yang berbeda, ada yang halus dan ada yang kasar.

Baca selengkapnya :  Rahasia Di Balik Potensi Hobi Memelihara Burung Kicau

suara-lovebird

Antisipasi selanjutnya kamu bisa memperhatikan kandungan pakan tersebut di belakang kemasan. Usahakan untuk membeli pakan yang memiliki kandungan gizi yang baik dan sesuai dengan kebutuhan burung. Disamping itu berikan juga pakan tambahan jika memungkinkan atau burung tersebut menyukainya. Jangan berikan pakan yang tidak disukai untuk kedua kalinya.

Model Kandang

Perhatikan wadah makan dan minum. Jika burung love bird memiliki tipe makan yang berantakan atau tidak rapi usahakan untuk diganti dengan wadah yang cukup besar supaya makanan tidak berserakan dimana-mana.

Perhatikan juga tangkringannya, apakah burung tersebut tipe burung yang aktif atau pasif. Dari perilaku tersebut kamu jadi bisa memilih tangkringan yang cocok. Sekaligus memilih posisi tangkringan yang pas, harus tinggi atau rendah.

Perhatikan Lingkungan

Sama halnya dengan manusia yang membutuhkan adaptasi jika ditempatkan di tempat baru, burung juga mengalami itu. Perhatikan lingkungan sekitar, apakah mendukung burung untuk berkicau atau tidak.

Terkadang dikarenakan lingkungan yang tidak cocok burung menjadi pemalas dan hanya berdiam diri di kandang saja. Perhatikan tingkah laku burung yang secara tiba-tiba sangat aktif. Kemungkinan burung tersebut mengalami gelisah dan butuh lingkungan yang cukup tenang.

Terlebih jika kamu memiliki 2 burung dengan jenis yang berbeda. Jika burung tersebut memiliki tingkah laku aneh ketika diletakkan dalam ruangan yang sama. Maka burung love bird tersebut memang tidak bisa disatukan dalam ruangan sama dengan burung lain. Jadi, kamu harus memisahkan kedua burung tersebut.

Itulah beberapa cara untuk memahami karakter dasar burung love bird yang bisa kamu terapkan jika memelihara burung tersebut. Jangan lupa untuk terus memantau tingkah laku burung peliharaan kamu.