Cara Mudah Perawatan Burung Lovebird

Diposting pada

Sekarang bagaimana anda cara merawat burung cinta ini agar menjadi gacor, sehat dan bermental baja. Ada bebera perawatan yang rutin harus dilakukan, kali ini saya akan berbagi tips perawatan lovebird agar burung kesayangan anda menjadi lebih sehat, rajin berkicau serta yang mampu mengeluarkan performanya dengan maksimal.

Memang tidak mudah yang dibayangkan dalam merawat burung yang satu ini, semua butuh proses dan kesabaran si pemiliknya. Dengan pola rawatan yang diberikan setiap harinya dengan konsisten sesuai karakter dari setiap masing-masing burung, pasti akan mendapatkan hasil yang memuaskah toh.. Penasaran caranya seperti apa sih?. Yuk simak ulasan selengkapnya dibawah ini :

Trik Pemeliharaan Burung Love Bird Agar Ngekek Panjang


Pemandian

Pemandian-lovebird

Jangan meremehkan hal ini, karena jika anda tidak memberikannya akan berdampak banyak masalah untuk burung kicauan yang anda pelihara, baik dari segi kesehatan dan lain-lain.

Mandikanlah burung anda secara rutin dengan jadwal yang harus konsisten karena burung lovebird sangat senang bermain-main dengan air, dengan kondisi fisik yang selalu prima yang mempunyai daya tahan tubuh yang sangat kuat, jarang sekali terserang penyakit burung lovebird harus dimandikan secara basah kuyup baik itu disemprot menggunakan spray maupun yang sudah terbiasa mandi di cepuk/keramba silahkan.

Sehubung burung dimandikan, jangan lupa untuk selalu membersihkan kotoran yang ada didasar sangkarnya ya bos. Pastikan setiap hari kondisi si sangkar ini selalu fresh dan bersih, agar terhindar dari gangguan kutu burung atau parasit lainnya yang dapat mengundang penyakit.

Penjemuran

Penjemuran-lovebird

Salah satu cara merawat lovebird agar tetap sehat adalah penjemuran. Namun penjemuran yang baik sangat menentukan penampilan dan kegacoran burung. Dalam penjemuran burung merupakan hal yang wajib anda lakukan setiap hari dan baiknya setelah burung itu dimandikan.

Baca selengkapnya :  5 Manfaat Mandi Malam Untuk Burung Kacer

Akan tetapi jangan langsung menjemur dalam keadaan bulu burung masih basah ya bos, ditakuti akan berakibat merusak bulunya akan pecah-pecah, namun lebih baik ketika burung itu diangin-anginkan sampai bulunya terlihat setengah kering baru silahkan burung dijemur. Untuk penjemuran yang anda berikan harus disesuaikan dengan karakter masing-masing ya, ada yang setengah jam, atau satu jam bahkan ada juga yang sampai 2 jam.

Kandang Lovebird

Penjemuran-lovebird

Kandang yang cocok untuk burung lovebird ini harus diperhatikan – Tentunya harus kuat dan terbuat dari jeruji besi, dan apabila kandangnya terbuat dari kayu, maka burung lovebird ini dapat menggigit dan mematahkan jeruji kayu dengan paruhnya maka burung bisa terlepas.

Sangkar / kandang yang disarankan berukuran bulat untuk perawatan, dan kandang yang berbentuk kotak untuk sistem koloni / jika mau diternak.

Makanan Burung Lovebird

  1. Biji milet putih adalah pakan utama untuk harian.
  2. Biji kenari (Canary Seed) pakan tambahan yang sangat baik bagi burung lovebird tersebut.
  3. Biji juwawut – untuk pakan perkutut juga bisa dikonsumsi oleh burung lovebird.
  4. Asinan tulang sotong juga sangat baik untuk penguat daya tahan tubuh.
  5. Sayur – sayuran seperti sawi putih/hijau, kangkung, toge dan lain-lain.
  6. Jagung muda manis.

Proses pemberian pakan burung lovebird : Makanan burung lovebird agar gacor dor seperti yang telah diuraikan diatas, namun ada teknik dalam pemberian settingan dengan cara memberikannya secara variasi atau diselang seling yang disesuaikan dengan kegemarannya masing-masing.

Namun untuk minuman yang disediakan untuk burung ini, harus selalu terjaga kebersihan airnya agar burung mau minum, karena kalau airnya kotor burung lovebird ini susah dan enggan untuk meminumnya. Untuk tambahan vitamin di air minum cukup 1 minggu sekali saja.

Baca selengkapnya :  Rahasia Memaster Burung Kacer Agar Bongkar Isian

Namun burung ini juga dapat dimasteri setiap harinya dengan suara dasar burung yang mengeluarkan suara ngekek panjang dengan durasi yang bertahap serta anda bisa juga memberikan isian-isian burung ocehan lainnya seperti kenari, serindit, cucak jenggot agar dapat menambahkan variasi kicauannya agar tidak monoton.