Cara Merawat Burung Nuri Pelangi

Diposting pada

Assalamualaikum wr, wb. Halo sobat kicau kembali berjumpa bersama situs resmi Kacer.Co.Id, nah pada kesempatan malam ini kami akan mengulas dan memberikan tips seputar bagaimana cara merawat burung nuri pelangi yang baik dan benar ya, agar burung nuri pelangi ataupun perkici kesayangan kalian selalu sehat, jinak dan gacor pastinya.

Dijaman now saat ini, bukan hal yang tidak mungkin jika kita memelihara burung peliharaan yang bisa nurut, nampak indah dan rupawan dari bentuk warna, ciri fisiknya serta suara nya yang unik dan pastinya berbeda dengan jenis burung kicau pada umumnya, burung piaraan jenis apakah itu ?.

Ya benar temen-temen burung nuri pelangi atau perkici ini sangat laris dipasarannya, yang dimana jenis burung paruh pendek ini masih bersaudara jauh dengan burung lovebird, betet, macaw kakak tua jenis lainnya ya,

bagi yang mereka sudah paham dalam pemberian rawatan hariannya pasti juga harus belajar terlebih dahulu ya, rahasia-rahasia pola rawatan burung nuri ini berbeda dengan burung yg lain.

Nah penasaran kan !. Bagaimana sih cara perawatan setiap harinya agar burung nuri kesayangan kalian bisa jinak, dan sehat ?. Yuk simak pembahasan lengkapnya dibawah ini ya :

cara-merawat-anakan-burung-nuri

Tips Perawatan Harian Burung Nuri Perkici Pelangi


Cara Menjinakkan Burung Nuri

Hal yang pertama jika kalian baru saja mendapatkan atau membelinya dari kios ataupun kerabat tentu burung ini ketika berpindah tempat atau berganti majikannya tentu butuh yang namanya penyesuaian ya, jadi berikan beberapa waktu atau jeda untuk burung nuri baru kalian ini kenal dulu dengan majikan barunya ya,

Baca selengkapnya :  Burung Lovebird Biola Jenis, Harga, Ternak

dengan cara sempatkanlah dan sesering mungkin untuk berinteraksi dengannya agar dia lebih terbiasa dan paham ya, serta kalian tidak boleh kasar dalam menerapkan perawatan hariannya, karena burung nuri ini sangat sensitif ya, jika burung ini stres yang di khawatirkan bisa ngambek dan nggak mau makan, dan bisa berbahaya bagi kesehatannya ya.

Agar burung cepat jinak kalian bisa rutin memandikannya setiap hari diwaktu pagi atau siang hari ya, serta biasakan saat memberikan pakan hariannya biasakan langsung dengan menggunakan tangan kalian ya sebagai pemiliknya agar kontak jiwa semakin melekat dan mudah dekat nantinya.

Lalu bagaimana cara memandikan burung nuri yang tepat, kalian bisa menyajikan wadah khusus yang bisa kalian dapatkan di kios-kios penjual peralatan atau perlengkapan burung, pasti banyak yang menjualnya,

lalu cukup kalian sediakan air bersih dan taruh letakkan wadah pemandiannya di waktu yang sudah ditentukan dengan jadwal mandinya ya, dan biarkan burung nuri kesayangan temen-temen itu mandi sendiri !. Ingat jangan dipaksakan ya apalagi di semprot paksa, yang ada burung bukannya jinak malahan bertambah stres dan galak.

Makanan Burung Nuri Pelangi

Nah untuk makanan burung nuri agar cepat bicara, biasanya saya memberikan pakan bubur bayi rasa pisang ya temen-temen, dengan pemberian pakan yang konsisten dan berkualitas seperti itu maka akan bisa membuat burung nuri pelangi kalian akan selalu sehat dan montok ya.

Dan cara penyajiannya juga sangat mudah ya cukup kalian siram dan campurkan dengan memakai air panas, lalu diaduk sampai mengembang temen-temen, sama seperti bikin bubur bayi ya. Supaya burung nuri dengan majikannya lebih menjalin ikatan naluri tentu wajib ya kalian setiap memberikan pakan hariannya harus di suapin atau langsung berinteraksi dengan tangan kalian, supaya burung cepat jinak.

Baca selengkapnya :  Mengenal Jenis Burung Strawberry Finch Ciri dan Harga Terbaru

Demikianlah pembahasan yang berdasarkan pengalaman kami seputar cara merawat burung nuri pelangi, selamat mencoba dan semoga bisa bermanfaat bagi temen-temen semua ya, salam satu hobi untuk para kicau mania nusantara.

baca juga : jenis burung nuri yang boleh dipelihara

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari