Mengenal Jenis Burung Nuri Maluku, Gambar, Makanan, Dan Harga

Diposting pada

Salah satu jenis burung yang dipelihara karena kecerdasannya ialah, Burung Nuri. Dimana burung ini memeiliki tingkat kecerdasan diatas rata rata burung lainnya, dan mampu dilatih untuk melakukan berbagai hal menarik.

Jenis Nuri Maluku adalah salah satunya, jenis ini cukup menarik perhatian. Lantas bagaimana memelihara dan harga dari Nuri Maluku ? Yuk simak ulasanya berikut.

burung-nuri

Nuri Maluku, Si Merah yang Mempesona


1. Habitat Nuri Maluku

Nuri Maluku memiliki nama latin Eos Bornea, atau Eos Rubra, namun dalam bahasa Inggris sediri lebih dikenal dengan Red Lory. Sesuai dengan namanya, Red Lory menunjukkan warna dari Nuri Maluku ini. Dimana warna bulu dari Nuri Maluku didominasi dengan warna merah menyala, dan perpaduan warna biru yang cantik.

Habitataslidari burung Nuri Maluku, berada di wilayah hutan primer maupun sekunder. Nuri Maluku juga terlihat gemar berada di hutan mangrove,hinga perkebunan Kelapa. Umumnya, unggas yang satu ini mampu hidup dengan ketinggian 750 hingga 1.800 m di atas permukaan laut.

Terdapat 2 subspesies Nuri Maluku selata, cyanothorus yang menempati Pulau buru dan Bornea yang tersebar di wilayah Ambon hingga Kepulauan Kai.

2. Ciri Ciri Nuri Maluku

Burung jenis nuri Maluku ini memiliki penampilan yang cukup mudah untuk dikenali, umumnya Nuri Maluku dewasa memiliki panjang tubuh hingga 30,5 cm. Warna bulu yang dimilikinya pun dominan merah cerah, dengan bagian ekor berawarna merah gelap.

Perpaduan warna juga dimiliki oleh sayapnya, yaitu perpaduan merah cerah dengan warna hitam. Warna hitam ini juga berada di sekeliling matanya, dan pada bagian kaki.

Baca selengkapnya :  Manfaat Umbaran Untuk Burung Murai Batu

Selain warna merah dan hitam, terdapat sebuah goresan yang menonjol pada bagian penutup sayap bawah. Warna biru menghiasi sayapnya, membuat burung Nuri Maluku semakin cantik dan unik. Warna biru ini juga akan terlihat di bagian pangkal ekor, yang memberikan efek gradasi menonjol dari Nuri Maluku.

burung-nuri-maluku

3. Makanan Nuri Maluku

Pada habiata aslinya makanan burung nuri Maluku gemar memakan nektar, bunga dan serangga. Mereka umumnya akan berkeliaran di ladang bunga, dalam sebuah kelompok yang besar. Bahkan terkadang Nuri Maluku juga terlihat terbang tinggi dari satu pulau menuju pulau lainnya di sekitar Maluku Selatan.

Namun bagi beberapa orang yang memeliharanya, Nuri Maluku ini juga sering diberikan makan bubur maupun pisang. Kamu juga dapat memberikan biji bijian , susu, hingga sayuran. Tentu saja Nuri Maluku juga meyukai pelet, berupa pelet khusus atau pelet lele. Untuk menghasilkan kicauan yang indah, maka kamu juga dapat menambahkan suplemen atau pakan buatan.

4. Harga Nuri Maluku

Menurut Red List IUCN, populasi dari burung Nuri Maluku ini semakin menurun dari tahun ke tahun. Bahkan jumlanya sendiri sudah masuk dalam status “Risiko Rendah” atau LC. Pada status perdagangan internasional, Nuri Maluku memiliki status “Appendix II” yang berarti jumlah dari Nuri Maluku cukup mengkhawatirkan.

Untuk menjaga kelestarian dari Nuri Maluku, maka burung ini pun tetap dapat diperjual belikan namun dengan mengikuti peraturan yang ada. Harga Nuri Maluku dewasa, diperjual belikan sekitar Rp 1 jutaan hingga lebih. Dengan kecantikannya tersebut, tentu harga tersebut cukup seimbang. Nuri Maluku ini juga menjadi jenis yang pintar, sehingga cepat untuk dilatih.

Bagi pecinta burung, tentu mengenal Nuri Maluku. Jenis ini cukup menarik perhatian, dengan keindahan dan warnanya yang unik. Dengan banyaknya proses jual beli dari Nuri Maluku, akan ada baiknya jika kita juga melestarikan Nuri Maluku pada habitat aslinya. Dengan begitu, kita dapat mencegah Nuri Maluku dari kepunahan.