Cara Mudah Dan Ampuh Membersihkan Kutu Burung

Diposting pada

Salah satu hewan parasit yang sangat mengganggu baik untuk manusia maupun hewan adalah kutu. Hewan parasit ini merupakan hewan yang sering hidup di kepala dan di dalam tubuh menyelinap di sela-sela bulu tersebut. Kutu hidup dapat memakan bulu dan menghisap darah, sehingga burung tidak merasa nyaman dan malas untuk berkicau.

Salah satu hewan yang sering dihinggapi kutu adalah burung. Dengan adanya kutu pada burung hal ini sangat mengganggu. Selain itu burung juga dapat mengakibatkan bulu burung rusak, kusam dan mudah sekali rontok sehingga tidak bersih dan cantik lagi.

Karena ada kutu, burung menjadi terganggu dan akan membuat burung jarang berkicau atau bersuara. Tentunya, buat kamu para pemelihara burung pasti tidak ingin hal ini terjadi dan akan membasmi kutu kutu tetsebut agar burung tetap nyaman dan bisa bersuara dengan indah.
Jika kamu tidak tahu bagaimana cara membasmi kutu – kutu pada burung kamu, disini kami akan memberikan bebrapa informasi mengenai cara mudah dan ampuh membasmi kutu burung sampai bersih. Dan teman-teman juga bisa mengaplikasikannya pada burung peliharaanmu.

Bagaimana kamu sudah tahukan cara ampuh dan mudah untuk membasmi kutu – kutu burung sampai bersih?. Mau tahu apa saja cara caranya? Yuk, kita simak beberapa ulasan di bawah ini.

Trik sederhana membasmi kutu burung secara efektif


Cara Kimia

Menggunakan desinfektan untuk kandang

Nah cara pertama yang harus kamu lakukan untuk membasmi bersih kutu burung yang ada pada burung peliharaan kamu adalah dengan menyemprotkan desinfektan atau antiseptic kepada sangkar burung, yang bertujuan untuk membasmi bakteri dan parasit, membersihkan kandang dari jamur, cegah kontaminasi virus diarea kandang, menetralisir mensterilkan kondisi kandang, dan menjadikan kandang bersih dan nyaman agar dapat membersihkan bulu dari kutu tentunya.

Baca selengkapnya :  Inilah Rahasia Perawatan Cucak Jenggot Agar Cepat Gacor

desinfektan-untuk-kandang

Banyak merek yang menyediakan desinfektan untuk membasmi kutu yang menyelinap pada selah-selah sangkar / kandang burung. Kamu bisa membelinya di toko / kios tempat perlengkapan burung.

Kamu bisa menggunakan desinfektan yang sudah dikenal dan sudah banyak yang memakainya. Yang terpenting adalah jangan menggunakan desinfektan yang memiliki bahan kimia yang tinggi, dikhawatirkan dapat membuat bulu burung akan rontok dan burung akan menjadi macet bunyi. Dan yang terakhir jangan lupa gunakan sesuai dengan petunjuk pengguanaannya agar tetap aman terhadap burung.

Menggunakan shampo pembasmi kutu burung

Ada baiknya juga agar hasil lebih maksimal, burung dimandikan menggunakan shampo burung yang dapat membersihkan bulu burung dari kutu, tungau dan bakteri yang mengganggu. Contoh disini shower shampo yang dapat membasmi kutu pada tubuh burung dengan ampuh, membasmi parasit dan jamur yang ada pada burung, menyegarkan bulu burung, membuat burung fresh, serta menjaga kebersihan tubuh.

shower-shampo

Peringatan : gunakan shampo kutu burung ini sesuai dengan aturan pemakaian.

Cara Alami

Menggunakan air rebusan daun sirih

Cara yang kedua kamu bisa menggunakan air rebusan daun sirih untuk membasmi kutu burung peliharaanmu. Cara membuat obat dari daun sirih ini sangat gampang pertama tama kamu kumpulkan beberapa lembar dauh sirih, kemudian kamu rebus daun sirih, tunggu sampai mendidih dan warna air sampai menghitam. Jika sudah mendidih dan warnanya pun sudah hitam kamu angkat dan tiriskan air tersebut hingga dingin. Setelah dingin masukan kedalam semprotan burung.

air-rebusan-daun-sirih

Nah pembuatannya sudah selesai untuk penggunaannya kamu bisa langsung semprotan air rebusan sirih tersebut pada tubuh burung seperti leher, sayap, ekor pastikan semua merata. Kamu bisa mengulangi hal ini beberapa kali sampi burung benar benar terhindar dari kutu parasit yang menggangu.

Baca selengkapnya :  Inilah Cara Terakhir Membuat Burung Agar Cepat Mabung

Menggunakan bekas cucian beras

Cara selanjutnya untuk membasmi sampai bersih dari gangguan kutu burung ini adalah dengan mengguankan air bekas cucian beras. Jika kamu sudah melakukan cara kedua yaitu menyemprotkan air rebusan daun sirih pada setiap bagian tubuh burung dengan merata.

Kemudian kamu bisa menggunakan air cucian beras untuk membersihkan kutu-kutu tersebut. Cara penggunaannya sama masukan air bekas cucian beras pada tempat semprotan burung. Kemudian semprotkan pada tubuh burung. Dengan menggunakan air beras, kutu akan lebih mudah di buang oleh burung.

air-cucian-beras

Makannya para pemelihara burung biasanya menggunakan air bekas mencuci beras untuk penganti air kerika mau memandikan burung mereka atau sebagai air alternatif. Kamu bisa melakukan ini saat kamu ingin memandikan burung kamu.

Agar burung tidak sakit setelah kamu semprot dengan air cucian beras, burung tersebut jemur di luar agar bulu burung dapat ceapat kering. Kamu bisa menggunakan ketiga cara tersebut untuk membasmi kutu kutu pada burung peliharaanmu.

Namun jika kamu tidak ingin menggunakan bahan kimia karena takut menyakiti burung dan bahan kimia pasti memiliki efek samping yang jika kamu gunakan terus menerus. kamu bisa menggunakan cara kedua dan cara ketiga untuk membasmi si kutu ini yaitu menggunakan air rebusan daun sirih dan air bekas mencuci beras.

Perlu diingat dan juga di perhatikan nih buat kamu para pemelihara burung ketiga cara tersebut akan tidak bekerja dan akan sia sia jika kandang burung nya kotor dan kamu tidak memperhatikan hal tersebut.

Jika kandangnya kotor justru hal itu akan lebih memudahkan kutu burung untuk berkembang biak. Jadi kamu harus menjaga kebersihan kandang burung tetap bersih. Kamu bisa melakukan pembersihan seperti membersihkan kotoran burung.

Baca selengkapnya :  Cara Mudah Ternak Cucak Jenggot Supaya Cepat Hasil

Pastikan tidak ada tempat bagi kutu untuk berkembang biak. Selain itu kamu juga harus memandikan burung tapi jangan terlalu sering dan rajin menjemur burung agar burung tetap sehat dan bersih.

Demekian untuk artikel tentang cara ampuh membasmi kutu burung, Semoga pembahasan ini dapat membantu dan bermanfaat bagi teman-teman kicau semua.