Cara Merawat Burung Jalak Putih

Diposting pada

Nah di kesempatan kali ini kami akan berbagi tips seputar cara merawat burung jalak putih agar selalu sehat dan gacor setiap hari, bagi temen-temen yang masih pemula tentu sangat kebingungan ya, dan belum tahu pola rawatan yang tepatnya itu seperti apa ?. Yuk simak terus pembasan lengkapnya di artikel ini sampai habis ya :

Burung jalak putih saat ini tergolong burung yg unik dan endemik ya no.2 setelah burung jalak bali, jika di urutkan berdasarkan kelasnya, tidak heran jika para penggemar burung jalak putih ini semakin tahun selalu bertambah terus ya, karena kesitimewaan suara dan karakteristik nya sungguh memikat para kicau mania yang melihat dan mendengarkan suara kicauannya,

Namun dalam hal pemberian perawatan hariannya tidak boleh sembarangan atau asal-asalan ya temen-temen, jika kalian menganggap remeh maka alhasil burung tidak terawat dengan baik dan bisa macet bunyi, nah jika sudah macet maka nantinya akan sulit untuk membuatnya kembali gacor,

intinya disini kalian di haruskan konsisten dan membutuhkan ketelatenan serta kesabaran, yang harus dilakukan yaitu mencoba mengetahui dulu karakter burung tersebut, jika temen-temen sudah mengetahui karakter keinginan serta kebutuhannya dan kesukaannya pasti rawatan berikutnya akan lebih mudah lagi tentunya.

Perawatan Harian Burung Jalak Putih Yang Tepat


Pengembunan

Dengan terapi embun yang dilakukan secara rutin merupakan cara mengatasi jalak putih macet bunyi, tidak itu saja untuk burung yang masih bahan sekalipun pengembunan ini juga sangat baik ya untuk melatih pernafasan bagi burung jalak putih agar selalu segar, fresh dan membuatnya lebih rajin berkicau di waktu pagi hari, yang bisa membuat suara burung jalak putih menjadi ngeplong, jernih dan mengkristal.

Baca selengkapnya :  Mengenal Suara Kicau Burung Murai Batu Berkualitas Terbaik

Waktu yang tepat untuk melakukan pengembunan burung jalak putih ini sekitar pukul 4.30 – 7.00 WIB, nah jika cuaca sedang dingin atau musim hujan sebaiknya burung jangan di embunkan ya, karena khawatir bisa kedinginan, yang nantinya bisa menyebabkan burung bisa sakit.

suara-burung-jalak-putih

Pemandian Serta Penjemurannya

Nah lalu bagaimana cara memandikan burung jalak putih ini ?. Tips memberikan pemandian yang tepat kalian bisa menggunakan supplier atau di keramba ya, disesuaikan dengan kebiasaannya sehari-hari.

Manfaat dari pemandian ini adalah untuk menstabilkan birahinya agar tidak terlalu tinggi atau berlebihan ya, pemandian yang baik dilakukan setelah proses pengembunan ya sekitar pukul 7.30 – 8.00 WIB,

setelah itu jika burung sudah dimandikan lalu burung jalak ini biasanya dijemur antara 1 – 2 jam ya, waktu maksimal penjemurannya sampai pukul : 10.00 WIB, dan ketika burung dijemur sudah terpantau gelisah atau mangap ngos-ngosan, boleh kalian angkat dan selesaikan penjemuran, lalu di angin-anginkan sebentar di tempat yang teduh ya.

Catatan : biasanya burung jalak putih ini kalau sudah birahinya stabil tentu lebih sering berkicau Saat di pagi hari sampai di sore hari ya temen-temen.

Pemberian Pakan Untuk Burung Jalak Putih

Dan yang berikutnya yaitu pola pakannya ya, untuk menu makanan burung jalak putih hariannya bisa kalian atur sendiri dengan takaran yang disesuaikan dengan karakter burung jalak putih kalian masing-masing ya,

apa kira-kira voer untuk burung jalak putih ?, nah kalau biasanya biasanya Si Jalak Putih kalau dibuat untuk burung gacoran rumahan saja itu menggunakan paka voer kasar ya seprti super vit, nanjung 105, topsong atau pun jenis merk lainnya, dan menu lainnya jangkrik, keroto, buah pisang dan pepaya.

Baca selengkapnya :  Inilah Burung Juara Piala Presiden, Dimahar Jokowi Setengah M

dan ada takaran extra fooding subuh 4 ekor pagi dan jika buaya kaya kasih buah sedangkan jika burung jalak putih dijadikan burung kontes tentu jenis pakannya baisa yang diberikan full serangga ya, berupa kroto jangkrik dan belalang dengan porsi yang lebih banyak dari takaran hariannya.

voer-untuk-burung-jalak-putih

Jaga Kebersihan Kandang Setiap Hari

Jangan lupa untuk temen-temen setiap harinya selalu menjaga kebersihan kotoran yang dihasilkan oleh burung jalak putih ini, karena burung jalak terkenal hobi makan sudah pasti tiap harinya pembuangan kotorannya lebih banyak dari jenis burung kicau pada umumnya, maka dari itu kalian tidak boleh malas-malas untuk membersihkan kotorannya.

Selain kebersihan kandang biar lebih sempurna untuk menjaga kesehatan si burung, kalian juga harus memberikan multivitamin, jenis tetes yang bisa kalian dapatkan di kios-kios burung terdekat yang banyak menjual berbagai merk vitamin seperti, ebod vit, biojanna dan bisa juga kalian berikan vita chik yang murah meriah, yang terjangkau ya.

Trik Pemasteran Untuk Jalak Putih

Dalam memberikan masteran atau mengubah karakter suara agar kicauan yang dimiliki oleh burung jalak putih ini lebih bervariasi dan indah, baisanya dilakukan untuk burung jalak putih siapan (prospek) kontes lomba ya.

Jenis masteran yang bagus dan cocok untuk burung jalak putih ini adalah suara lovebird, tengkek buto, kapas tembak atau cucak jenggot ya. Jika burung jalak putih lomba kalian sudah memeliki materi tersebut, diyakini para juri akan melirik burung gacoan temen-temen deh, dan pastinya diberikan point tertinggi dan yang paling terpenting itu bisa konser dan moncer dilapangan ya.

Cara memaster yang tepat agar isian atau materi lagu yang kita berikan supaya cepat masuk dengan pemasteran burung asli, dan di saat burung jalak putih ini sedang mengalami masa mabung atau dorong ekor ya.

Baca selengkapnya :  Apa itu burung Kutilang Jambul ?. Berikut Penjelasan (Lengkap)

Nah untuk harga burung jalak putih yg sudah gacor tentu berbeda dengan kondisi yang belum gacor ya temen-temen, Demikianlah tips seputar cara merawat burung jalak putih yang bisa kalian praktekan dirumah, semoga kiranya dapat bermanfaat ya. Salam kicau mania.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari