Tips Mengatasi Burung Kenari Yang Sering Ngeruji

Diposting pada

burung kenari ngeruji – Berbicara soal burung kenari !. Tentang masalah dan rawatannya ?. Nah pada kesempatan kali ini akan di ulas tentang bagaimana caranya mengatasi kenari turun ke dasar sangkar, mungkin bagi temen-temen yang sudah profesional pemain gantangan pasti pernah melihat kasus seperti ini pastinya ya, dan memiliki caranya masing-masing untuk dapat mengantisipasinya.

Nah bagi kalian yang masih pemula dan baru belajar merawat burung kenari.. Tentunya cara ini tentu patut dicoba. Biar nggak penasaran yuk langsung aja simak info selengkapnya dibawah ini :

Analisa Penyebab Kenapa Kenari Selalu Nempel Di Jeruji Sangkar


Kondisi Kenari OB

Pada umumnya kenari yang terlihat gelisah dan sering mantul nabrak jeruji sangkar atau istilahnya sering disebut dengan ngeruji ini bisa juga disebabkan kenari ini sedang mengalami over biarahi (birasi yang terlalu berlebihan) baik itu dari faktor pemberian pakan, bisa juga terlalu banyak EF yang diberikan di seimbang dengan aktifitas kesehariannya hingga menjadikannya burung tidak mau anteng di dalam kandangnya sendiri.

mengatasi-kenari-over-birahi

Kira-kira pakan EF apa saja sih yang bisa mendongkrak si birahi kenari ini sampai bisa terlalu berlebihan ?, untuk pakan tambahan yang bisa menimbulkan OB terhadap kenari adalah kroto dan telur puyuh rebus atau pakan burung yang memiliki kadar protein yang terlalu tinggi. Tidak itu saja, jika rawatan burung ini kurang diperhatikan !. Kotoran kandang tidak dibersihkan kemudian burung juga jarang sekali dimandikan atau tidak konsisten maka bisa saja burung ini menjadi OB.

Baca selengkapnya :  Tengkek Buto Guru Vokal Terbaik Untuk Masteran Burung Lovebird

Cara mengatasi kenari ngeruji karena over birahi

Nah lalu bagaimana mengatasi kenari over birahi ? Ya tentunya kalian harus menurunkan birahi si kenari terlebih dahulu ya!. Dengan cara menurunkan pemberian ef atau sama sekali tidak diberikan EF (di stop dulu ef kroto dan telur rebus) Atau tidak bisa kalian menggantinya sementara waktu menggunakan timun ataupun sawi hijau.

Jika memang ini penyebabkan karena over birahi maka dalam jangka waktu kurang lebih sekitar 1 sampai 2 mingguan sudah terlihat gerak-geriknya burung lebih anteng di tangkringan, bagi kenari yang sudah mapan maka ketika burung mulai berkicau sudah pasti lebih tenang dan tidak mengeruji lagi.

cara-membuat-kenari-anteng-di-tangkringan

Karakter Bawaan

Untuk masalah karakter ini memang agak sulit dan susah ya. Karena pada dasarnya burung ini sudah terbiasa mungkin saat dari kecilnya yang memang tidak tepat memberikan tangkringan kenari yang baik oleh si penangkarnya hingga burung tidak nyaman berada di tangkringannya sendiri alhis burung cenderung sering mengeruji sampai besarnya.

Terkadang burung ketika sedang digatang, dan main enak-enaknya tiba-tiba burung nabrak mental ngeruji dan itu yang susahnya jika sudah ada karakter bawaan dari burung tersebut, dan ini harus perlu penanganan yang khusus!. Dan bagaimana cara membuat kenari anteng di tangkringan ?. Baca juga : Trik Menyortir Burung Kenari Yang Berkualitas

Cara mengatasi kenari ngeruji karena karakter bawaan

Solusinya siapkan terlebih dahulu sangkar standar burung kenari kotak dengan nomor ukuran 3 jadi tidak terlalu kebesaran ya. Bisanya para pemain burung kenari pasti menyiapkan kandang yang besar toh untuk burung nya biasa menggunakan nomor 1 ataupun 2, dengan kita memberikan tempat atau kandang yang lebih kecil bertujuan untuk membatasi gerak dan aktifitasnya untuk melakukan ngerujinya.

Baca selengkapnya :  Tips Atasi Murai Batu Ngelantai Turun Tangkringan Saat Lomba

Biasanya kalau untuk pemain lama atau pemain yang sudah terbiasa dia akan menggunakan karet gelang ataupun senar pancing yang dipasang di dalam sangkar untuk bertujuan membuat jera kenari agar kapok jika terkena burung tidak mau ngeruji lagi, yang dikwatirkan jika burung kenari tidak bisa diam dan kaget eh malah tersangkut yang bisa menyebabkan cidera pada burung kan kasihan..?. Memang benar tujuannya akan tetapi hal ini banyak menanggung resiko besar bagi keselamatan burung kenari kalian dan tidak sama sekali saya anjurkan.

cara-setting-kenari-agar-nagen

Tipsnya cara setting kenari agar nagen biasa saya menggunakan lakban yang transparan bening ya dengan ukuran 32 IN, namun nggak masalah ini juga nggak terlihat jadi nanti ketika kita pasang di kandang yang lebih aman dan pasti membuat kenari tidak akan pernah mau ngeruji lagi. Lakukan terapi menggunakan lakban ini selama kurun waktu 2 – 3 mingguan lah. Kiranya sudah terbiasa dan terpantu tidak mau ngeruji lagi, coba kalian kembalikan ke ke kandang semula tanpa menggunakan lakban dan lihat hasilnya.

Demikian tips pemeliharaan dan cara mudah atasi burung kenari ngeruji di jamin ampuh. Semoga dapat bermanfaat ya, selamat mencoba temen-temen.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari