Tips Perawatan Dan Setingan Kacer Di Musim Hujan

Diposting pada

Kembali bersama situs resmi Kacer.Co.Id yang dimana saya akan berbagi tips dan pengalaman dan informasi seputar dunia burung kicauan, khusus pada pembahasan kali ini akan di ulas tentang perawatan kacer di musim hujan, mungkin bagi para hobiis kacer mania baik itu yang pemula ataupun pemain lama terkadang masih bingung dalam memberikan rawatan yang tepat tentunya saat lagi musim pancaroba cuaca ekstrim yang tidak menentu, terlebih dikala musim hujan.

Masih tentang permasalahan dan perawatan tentang burung kacer, yang akan dijelaskan secara detail diartikel ini tentang perawatan saat musim hujan untuk setiap tipe kacer yang kalian miliki!. Penasaran ?. Yuk baca terus guys sampai habis biar tidak gagal paham.

Trik Sederhana Pemeliharaan Burung Kacer Pada Musim Penghujan


Oke sobat kicau kacer mania, dalam merawat kacer secara rutin dan konsisten sangatlah penting untuk kalian lakukan setiap harinya terlebih dikala cuaca yang tidak menentu dan musim hujan, agar bertujuan si burung kacer tersebut bisa tampil maksimal digantangan sesuai dengan apa yang diharapkan. Perlu kalian ingat dalam tahapan dasar merawat burung kacer adalah bermain suhu tubuh, jika suhu tubuh panas di dinginkan dan suhu kacer yang dingin dipanaskan.

Tips rawatan kacer pada musim hujan akan dibedakan berdasarkan tipenya, untuk kacer tipe dingin, kacer tipe panas dan kacer yang belum ketahuan tipenya seperti apa ?. Oke langsung saja kita bahas :

Baca selengkapnya :  Bongkar Rahasia Manfaat Jahe Untuk Burung Kicau

Tips Rawatan Burung Kacer Tipe Panas Pada Musim Penghujan

Bagi burung kacer yang memiliki tipe panas ini dan sudah ketemu setingan terbaiknya, dan masih susah mau tampil maksimal saat digantangkan :

perawatan-kacer-tipe-panas-di-musim-hujan

Jika cuaca musim dingin sering hujan, maka kurangi durasi mandinya, misal yang tadinya mandi setiap sore hari (setiap hari) maka boleh dikurangi pemandiannya cukup 2 hari sekali saja. Jika ada panas boleh dijemur cukup 30 menitan saja, jika tidak ada panas matahari cukup di krodong saja, untuk porsi takaran pemberian jangkrik tidak dirubah, misalkan standarnya pagi 3 dan sore 3 ekor saja. Pemberian kroto hanya pada saat dilakukan penjemuran saja, jika burung tidak dijemur maka tidak perlu diberikan kroto.

Tips Rawatan Burung Kacer Tips Dingin Pada Musim Penghujan

Untuk kacer yang bertipe dingin ini agar makin tampil maksimal ketika digantang, dan sudah memiliki setingan terbaiknya sebagai berikut :

Apabila kondisi cuaca cukup ekstrim, durasi turun hujan sering, maka porsi mandinya harus dikurangi semisal tadinya mandi seminggu 2 kali, kurangi menjadi seminggu 1 kali. Proses penjemuran ditambahin menjadi 3 jam, jika tidak ada panas matahari kondisikan burung dikerodong. Kurangi porsi takaran pemberian jangkrik misalnya 3/3 pagi sore, menjadi 1/1 saja. Dan jika seharian hujan boleh diberikan UH (Ulat Hongkong) sebanyak 2 ekor.

perawatan-kacer-tipe-dingin-di-musim-hujan

Tips Rawatan Burung Kacer Yang Belum Tau Tipenya

Rawatannya sangatlah mudah, kalian perlu perhatikan kondisi alam. Apabila turun hujan cukup sering dalam satu minggu, cukup mandikan burung 1 sampai 2 kali saja diwaktu pagi hari, proses penjemuran semampunya saja jika panas matahari mendukung untuk burung dijemur. Porsi jankrik maksimal 3/3 pagi dan sore hari, full krodong saja jangan terlalu kebanyakan di ablak. Lakukan pemasteran yang baik agar menambahkan variasi suara kicauannya materi isiannya.

Baca selengkapnya :  Inilah Jenis Kenari Dengan Suara Terbaik Dan Terpopuler F1, AF

Berikut ketiga tips rawatan burung kacer untuk cuaca hujan seperti saat ini, agar kiranya dapat memberikan inspirasi yang bermanfaat bagi temen-temen hobiis kacer mania indonesia semua. Good Luck.

Baca juga : Download Pancingan Suara Burung Kacer Betina Langsung Nyaut