Cara Menjaga Kesehatan Burung Pleci

Diposting pada

Assalamualaikum wr wb, bagaimana kabarnya para sobat kicau mania ?. Selamat datang kembali di blog resmi kami Kacer.Co.Id. Dan disini kami akan membahas informasi yaitu tentang “Cara Menjaga Kesehatan Burung Pleci” berikut dibawah ini penjelasan lengkapnya :

Sebenarnya temuan kasus dengan berbagai jenis macam penyakit yang sering menjangkit si kacamata tidaklah banyak diketahui secara pasti. Mengingat eksistensinya dikancah perburungan, walaupun sudah lama dipasaran, kurang begitu menonjol pamornya. Itu lantaran sebelum namanya melejit tinggi seperti sekarang ini, lebih banyak dipelihara oleh kalangan penggemar burung sebatas hanya menyukai bentuk yang imut dan indah yang dimiliki oleh sikacamata, dengan ukuran tubuhnya yang mungil ditambah warna bulunya yang kekuning-kuningan.

Cara-Menjaga-Kesehatan-Burung-Pleci

Kalaupun ada kasus yang muncul, hampir kebanyakan karena kematiannya yang mendadak, tanpa menunjukan gejala-gejala adanya penyakit. Dengan kata lain untuk jenis burung yang satu ini dapat mudah untuk mati tanpa sebab yang pasti. Apalagi burung bakalan yang masih muda (bahan) ombyokan yang baru datang langsung dari pengepul di kios atau pasar burung disekitar tempat anda.

Burung kacamata bertumuh mungil ini pun sangat rentan terhadap berbagai macam gangguan. Namun anda sebagai pemilik (majikannya) harus pandai melihat situasi, mengantisipasi serta mengkondisikan burung kacamata kesayangan anda dari segala kemungkinan berbahaya yang bisa saja terjadi. Tentunya bertujuan untuk menghindarkan sikacamata dari gangguan kesehatan yang dapat membuatnya stres, dan bisa saja berujung pada kematian.

Jadi, yang baik dan harus anda lakukan adalah pencegahan, karena sangat kecil kemungkinannya bisa disembuhkan jika sudah terserang penyakit. Untuk lebih jelasnya yuk kita simak ulasan selengkapnya dibawah ini ;

Tips memelihara burung pleci agar selalu fit


A. Pergantian musim dan pengaruh cuaca (ekstrim)

Pada saat musim yang sering bergonta-ganti terkadang panas terik dan tiba-tiba sering hujan dengan pengaruh iklim pancaroba serta cuaca yang ekstrim yang tidak stabil ini patut untuk diwaspadai bagi anda yang memelihara burung si mungil ini.

Janganpun pada si burung kacamata ini yang fisiknya bisa dikatakan sangat sensitif atau rentan dengan berbagai macam gangguan kesehatan, namun pada burung yang bertubuh besarpun bisa sangat membahayakan. Kita pasti sudah cukup paham bahwa setiap terjadi pergantian musim ini menjadikan cuaca tidak stabil. Dengan cuaca seperti ini pada tubuh manusia saja dapat mengganggu kesatan, apalagi pada burung, sehingga anda harus selalu mewaspadainya. Untuk itu harus diberikan perawatan pleci yang baik dan tepat.

Pada pemberian pakan burung yang satu ini diusahakan suplai makanan yang cukup, serta dapat memberikannya multivitamin yang dapat menjaga kekebalan dan menjaga daya tahan tubuh burung tersebut. Jika saat sedang menjemur burung, dalam penempatan burung saat panas matahari yang sangat terik dan berlebihan harus perlu diperhatikan, maka kandang burung tersbut harus dipindahkan ke tempat atau ruangan yang lebih sejuk.

B. Jauhkan dari asap dan bau menyengat

Asap dan bau yang sangat menyengat merupakan faktor penyebab kematian burung kacamata ini. Jadi dua faktor tersebut, seharusnya anda ketahui dan dapat diantisipasi dan perlu dihindari dengan baik oleh perawat (si majikannya). Asap yang terlalu berlebihan dapat membuat fisik si kacamata menjadi melemah dan mati mendadak.

burung-pleci

Beberapa asap yang perlu dihindari antara lain asap dapur ketika sedang memasak atau memanggang (bakar – bakar) yang terlalu ngebul seperti bakar ayam, sate, jagung dan lainnya. Serta asap kendaraan bermotor yang memiliki sifat dan mengandung zat yang beracun biasanya pada motor / mobil jenis mesin 2 tak yang sering mengeluarkan asap yang banyak. Lalu asap pembakaran sampah, obat nyamuk dan mesin diesel yang baru saja dihidupkan. Dan jika lebih baiknya anda harus menjauhkannya juga dari asap rokok jika ingin membuatnya tetap sehat dan memiliki kondisi yang prima.

Baca selengkapnya :  Jenis Burung Kacer Dan Habitatnya

Selain asap, adalah bau yang menyengat juga dapat membahayakn burung si kacamata ini. Terutama bau yang dikeluarkan oleh bahan-bahan kimia berbahaya, hal itu juga harus diwaspadai. Jangan sampai tercium aroma tersebut oleh burung pleci kesayangan anda, karena akan berdampak buruk sehingga dapat membuatnya mati secara tiba-tiba.

Kesimpulannya : Menjaga kesehatan si mungil – dalam memelihara burung ocehan pasti akan menemui masalah kesehatan pada kleningan-nya. Begitu pula pada pleci. Oleh karena itu pemilik harus tahu pencegahannya sebelum permasalahan itu datang, ingat mencegah lebih baik daripada mengobati.

Demikian Penjelasan yang dapat kami berikan seputar Cara Menjaga Kesehatan Burung Pleci. Jika saya ada kesalahan dan kekurangan saya mohon maaf. Semoga kiranya dapat bermanfaat dan menambah wawasan bagi teman-teman di dunia burung kicau. Terima kasih.