Cara Ampuh Membuat Ciblek Gacor Dan Jinak Dengan Mudah

Diposting pada

Membuat ciblek gacor dan jinak memang bukan hal yang mudah, akan tetapi jika temen-temen kicau mania mengetahui tips dan cara yang tepat dan ampuh pasti sangatlah mudah tentunya. Banyak sekali dari sahabat kicau yang bertanya tentang bagai mana cara mengetasi dan penanganan burung ciblek yang giras dan cara menjikkannya dan membuatnya gacor.

Maka dari itu Kacer.Co.Id kali ini akan membahas dan memberikan tips cara ampuh tepat untuk menggacorkan burung ciblek dan membuatnya jinak semi ya agar bisa dijadikan sebagai burung gacoran dirumah ataupun dilapangan.

Burung ciblek ini merupakan salah satu jenis burung yang memiliki postur tubuh yang kecil dengan suara khas vokal dan volume yang kencang, nyaring serta melengking dengan suara tembakan rapat yang sangat indah didengar, namun burung ini juga memiliki karakter petarung murni akan tetapi masalahnya sangat sulit sekali untuk dapat dijinakkan apabila didapat dengan usia muda dari tangkapan hutan, dikarenakan burung yang sudah terbiasa di alam liar dengan habitat asalnya, pasti kaget dan berbeda dengan pola rawatan yang kita berikan di dalam sangkar.

gambar-ciblek-semi

Terlihat jika burung masih giras, jarang sekali mengeluarkan saura kicauannya, dan kebanyak lompat-lompat jempalitan saja di dalam sangkar pindah tangkringan satu dan tangkringan yang lainnya.

Berikut trik membuat ciblek semi lebih jinak dan cepat gacor


1. Pemandian, penjemuran dan penempatan sangkar

Jika anda baru saja mendapatkan burung ciblek ini dari hasil tangkapan dihutan, hal yang pertama harus anda lakukan adalah melakukan penjinakkan pada umumnya, yaitu dengan memberikan perawatan harian seperti mandi dan jemur burung secara teratur.

Baca selengkapnya :  Mengenal Ciri Burung Kacer Dada Hitam, Beserta Harganya

Lalu kandang atau sangkar ciblek tersebut ada baiknya di letakkan atau ditaruh di dasar lantai yang sering dilalui oleh manusia, baik di pinggir jalan, di teras halaman depan rumah, dapur, ataupun ruang tamu yang sering melita aktifitas kita setiap harinya.

ciblek-muda-hutan

2. Pemberian pakan voer

Latihlah cisem (ciblek semi) anda untuk memakan voer halus, biasanya saya memberikan voer harian yang baik untuk dikonsumsi burung ciblek ini menggunakan jenis merk Leopard yang halus khusus untuk pakan burung kecil, lalu cara memberikannya dicampur terlebih dahulu dengan menggunakan extra fooding kroto.

Dengan mencampurkan kroto dengan voer ini bertujuan agar si burung ciblek ini merasakan rasa dari voer yang menempel di kroto tersebut, serta kroto pun akan bersifat menjadi lebih awet ya bila sudah tercampur dengan voer halus dan tidak mudah basi ataupun bau krotonya.

3. Proses penjinakkan burung ciblek

Jika tahap pertama dan kedua sudah anda terapkan selama kurang lebih dua mingguan, dan setelah ciblek ini sudah mau memakan voer, baru boleh ke tahapan selanjutnya untuk memberikan terapi menjinakkan burung ciblek tersebut.

Pantau terlebih dahulu kondisi fisik si burung ciblek tersebut, jika terlihat sehat dan kuat pastikan sudah mampu menerima pelatihan penjinakkan yang akan kita berikan :

terapi-penjinakkan-burung-ciblek

Penjinakkan dengan menggunakan media air hangat dan air dingin berikut caranya :

  • Pada waktu pagi hari mandikanlah burung ciblek dengan cara disemprot dengan menggunakan spray secara halus yang dimana di dalam semprotan tersebut sudah anda isi dengan menggunakan air hangat. Semprotlah dibagian leher bagian depan dan belakang hingga merata. Diusahakan hanya terkena dibagian lehernya saja ya temen-temen, dan lakukanlah secara rutin setiap paginya.
  • Namun pada waktu disore harinya, burung kembali dimandikan akan tetapi menggunakan air dingin, yang disemprotkan kebagian belakang lehernya, atau tengkuk si burung ciblek hingga basah. Penyemprotan menggunakan air dingin atau air es ini cukup dilakukan 2 hari 1 kali saja secara konsisten ya temen-temen.
Baca selengkapnya :  Cara Mengatasi Burung Kacer Giras Dengan Mudah

Saat menjalani proses terapi penjinakkan burung ciblek ini anda juga harus memberikannya pakan tambahan penunjang (EF) extrafooding seperti ulat kandang, kroto bersih dan segar boleh juga di campur dan diaduk dengan vitamin penggacor burung yang dapat dengan mudah anda jumpai berbagai merk di kios burung terdekat.

Dengan terapi jinak dan pemberikan pakan berkualitas sudah pasti burung ciblek temen-temen akan perlahan jinak semi serta menjadi tambah gacor dor. Sekian itu saja informasi singkat yang kiranya dapat dicoba atau dipraktekkan dirumah, semoga berhasil dan bermanfaat ya. Salam ciblek mania.