Inilah Cara Memilih Burung Merpati Kolong Yang Bagus

Diposting pada

cara memilih merpati kolong – Oke kembali lagi bersama di website resmi Kacer.Co.Id yang selau setia menemani kalian ya khususnya para merpati Mania nah di artikel kali ini saya mau ngasih tahu / memberikan tips nih ke temen-temen semua, gimana sih caranya memilih burung merpati yang mentil terbang tinggi dan sekali petik langsung turun gitu ya tanpa moles-moles, pasti pada penasaran dong.. ?.

Jika kalian yg masih baru dalam bermain burung merpati / dara kolongan ini, hal inilah yang merupakan modal dasar untuk kalian yang harus wajib diketahui ya. Yuk simak info selengkapnya sampai habis dibawah ini :

Cara Jitu Memilih Merpati Kolong


Katuragan

Nah yang pertama seperti biasa semua burung itu pasti pertama yang dilihat itu katuranggan atau perbandingan antara kepala sampai ujung ekor itu yang disebut katuranggan apakah dia seimbang ada yang panjang atau ada yang kependekan buntut Nah itu satu yang katuranggannya kurang baik, Sabisa mungkin semaksimal mungkin kalian harus memilih burung merpati yang seimbang atau fisiknya yang ideal ya jika di nilai dari segi katuranggannya.

cara-melatih-merpati-stut-kencang

Njantung

Nah terus dari postur badan kemudian jantung, biasanya burung yang mampu untuk terbang tinggi itu memiliki fisik njantung seperti yang bisa kalian lihat pada gambar ini ya, jadi dia enggak kecil terus panjang gitu.

Nah apabila diperhatikan dengan seksama dan kalau dilihat ini kayak jantung pisang seperti biasa anak burung burung jantung pisang kayak gini itu biasanya idaman idaman para penghobi merpati maniak itu.

Baca selengkapnya :  Inilah Keistimewaan Burung Merak Yang Terpopuler Di Dunia

Mata

Setelah katuranggan dan njantung tadi maka selanjutnya perhatikan bentuk matanya ya temen-temen, dan ini merupakan senjata utama untuk merpati Maniac teman-teman apalagi untuk merpati kolongan kan jadi mata ini dia harus benar-benar bersih sekali harus benar-benar bersih nggak boleh yang lingkaran hitam-hitam di tengahnya itu nggak boleh gitu itu matanya.

Bisa merah kayak gini kalau matanya aku merah seperti ini kuning dan tanpa pecah, sesuai gambar dibawah ini ya bentuk rupanya, jika kondisi matanya awas sudah pasti burung langsung agresif ya jika di klepekin dari ketinggian yang mampu melibas ngolong dengan sangat akurat.

ciri-merpati-tinggian-yang-turunya-cepat

Bulu Lar

Untuk menganalisa burung merpati yg mampu terbang tinggi ini juga caranya sangat mudah cukup kalian renggangkan saja sayapnya atau perhatikan jarak bulu-bulu sayap atau LAR nya ya teman-teman.

Dan kalau dibuka burung merpati yang tinggi terbang ya itu memiliki lar yang sangat rapi rapat ya tidak renggang dari setiap sisinya, jika kondisinya memenuhi syarat otomatis si burung ini jika terbang lumayan kenceng pastinya. Dan kalau untuk menentukan tinggi atau enggak gitu karena biasanya ada yang terlalu renggang renggang bulunya sedikit itu biasanya burung itu terbangnya itu kurang stabil gitu.

cara-memilih-merpati-tinggian-di-pasar

Otot Sayap

Nah itu tadi terus dari burung -burung tinggi ini kuncinya ada di sayap juga nih temen-temen jadi kalau saya pegang di bagian bawah sayapnya itu kerasa ototnya kedot ya.

Atau kerasa jika diraba itu tebel burung ini biasanya terbangnya itu tinggi dan kenceng ya, namun sebalinya jika dirasa ototnya tipis tentu lambat speed serta burung tidak sanggup mentil dan ninggi ya. Dikarenakan kurangnya fisik atau tenaga takaran yang dimilikinya.

Baca selengkapnya :  5 Jenis Burung Kenari Dan Harganya

Bentuk Kepala

Jika dari bentuk kepala yang kita jadikan parameter, maka temen-temen usahakan pilihlah burung yang tidak ada jenong nya ya, sebaiknya pilih yang memiliki bentuk yg simetris ya, dengan kisaran berapa ya antara 80 derajat lah gitu nah ada yang 45 derajat juga tidak masalah.

Dan tentu harus juga yang disesuaikan dengan bentuk cocot atau paruhnya ya ini ada yang agak panjang tapi kalau bisa cari yang sedang saja, jadi yang tidak terlalu kepanjangan ataupun kependekan gitu.

ciri-merpati-stabil-kolong

Bulu Ekor

Selanjutnya ini kita analisis dari bulu ekornya pokoknya burung burung merpati kolongan itu dari bulu ekor yang jadi satu luncip ya, jika dipegang rapih itu sangat bagus ya.

Karena kondisi terbang saat nukik itu akan lebih kontrol gitu dan terus jika turun langsung itu jatuhnya juga mantap. Jadi dari bulu-bulu ekor ini juga jangan kalian anggap remeh ya, karena masuk dalam persyaratan burung kolongan yg memiliki kualitas dilapangan nantinya.

Supit Udang

Nah terus biasanya burung merpati yang bener-bener tinggi dan sekali keplek ini langsung Malik dan balik itu dari sumpitnya temen-temen jangan pilih supit yang nempel.

Hal yang harus diperhatikan dan yang penting disini temen temen harus pilih juga supit yg agak sedikit mencong ya, jangan pilih yang lurus, kalian bisa lihat gambar dibawah ini ya untuk parameternya :

Jika kalian pilih yang modelnya lurus maka burung biasanya jika saat turun takut-takut dan tidak mau nukik dengan tajam, malah kebanyak ngebuang ngewes ngebanting kekanan atau ke keiri.

Demikianlah tips serta cara memilih merpati kolong, yang bisa kalian jadikan sebagai referensi, dan ilmu pengetahuan baru dalam menyortir burung dara / merpati tinggi (kolongan) yg memiliki kualitas terbaik. Semoga dapat bermanfaat ya temen-temen.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari