3 Jenis Burung Murai Batu Borneo Yang Memiliki Kualitas Terbaik

Diposting pada

Assalamualaikum wr wb, bagaimana kabarnya para sobat kicau mania ?. Insyallah sehat-sehat semuanya ye.. Selamat datang kembali di blog resmi kami Kacer. Dan disini kami akan membahas informasi yaitu tentang Burung Murai Batu Borneo.

Bagi para penghobi kicau khusus murai batu, pastinya sudah tidak asing lagi dengan burung murai batu borneo ini. Tidak sedikit penggemarnya dari berbagai daerah tertentu, burung ini banyak dijumpai di daerah kebanyakan seperti pulau kalimantan, dan sulawesi.

murai-batu-banjar

Dari mana asal burung ini ?. Murai batu borneo ini asal-mu asalnya berasal dari daerah kalimantan tentunya, yang dimana banyak mitos juga tersebar tentang burung yang menjadi simbol yang dihormati didaerah pedalaman disana.

Namun ada juga dari beberapa para kicau mania dari teman-teman yang pastinya kurang menyukai jenis burung ini, tentunya yang berada dipulau jawa dan sumatra.

Saya juga heran.. Kenapa burung bagus seperti borneo ini ada yang tidak menyukainya ?. Akan tetapi jangan salah saya juga dulunya seperti itu, mungkin juga dikarenakan hanya dilihat dari faktor fisik burung, yang dimana saat bertarung terkadang burung ini gembung, namun banyak yang berasumsi sering mengeluarkan ngukluk nya, dan banyak para hobiis yang mengatakan sebagai burung rumahan, yang seolah-olah menjatuhkan martabat dari burung borneo tersebut.

Jangan banyak berkomentar dahulu sebelum anda mengenal lebih dekat burung jenis yang satu ini. Namun menurut pandangan saya sekarang malah sebaliknya, dan saya malah menyukai dan sangat menggemari burung borneo ini !. Penasaran apa kelebihan dan keistimewaan burung ini – Biar lebih jelasnya simak ulasan Murai batu borneo : ciri, jenis, perawatan, harga, suara selengkapnya dibawah ini :

Daftar Isi Artikel :

Inilah Keistimewaan yang dimiliki oleh murai batu kalimantan


Ciri fisik dan kelebihan yang dimiliki oleh burung satu ini

  • Memiliki postur tubuh yang tegap dan gagah.
  • Ekor yang dimiliki tidak terlalu panjang, sekitar 18-20 cm, sangat baik dengan ukuran sedang seperti ini untuk dijadikan sebagai burung kontes.
  • Burung ini memiliki kecerdasan yang sangat baik, sehingga mudah untuk dimasteri dan di berikan materi lagu isian yang dibawakannya juga sangat paseh.
  • Volume yang dimiliki burung ini sangat kencang dengan durasi speed yang rapat.
  • Memiliki mental tempur yang sangat baik.
  • Fisik staminia sangat kuat dan tidak mudah stress.
  • Memiliki ketrekan yang sangat kuat menendakan burung ini sangat fighter.

Genre yang menentukan kualitas

Ada beberapa jenis burung murai batu borneo ini yang memiliki kualitas terbaik yang tentunya sering tampil di ajang kontes besar murai batu pada umumnya. Faktor keturunan atau gen (trah) jenis yang mempunyai mental yang baik dan berkualitas adalah faktor utama tentunya, jenis burung murai palangkaraya, banjar, mahkota merupakan kategori murai batu borneo yang memiliki kualitas terbaik.

murai-batu-palangkaraya

Pemeliharaan yang tepat untuk burung murai kalimantan

Bagaimana cara merawat burung murai batu borneo ?. Untuk perawatan murai batu borneo sendiri tentunya disamakan dengan karakter masing-masing burung murai batu pada umumnya. Seperti pemberian pakan yang tepat, baik harian maupun saat mau di trek, mandi dan penjemuran, pengkrodongan, perawatan saat mabung, dan lain sebagainya. Asalkan harus tetap konsisten dan bersabarlah dalam setiap memelihara burung yang satu ini.

Berdasarkan pengalaman pribadi saya yang tergolong berhasil merawat burung yang satu ini sangatlah mudah sangat menyenangkan. dan akhirnya sampai meraih gelar juara di kelas latberan, dan latrpres. Banyak proses yang saya lewati, dengan berbagai pengalaman tentang burung murai batu borneo ini, rawatatan gacoan burung saya memliki ciri khas tembakan materi yang sebagai senjata rahasianya adalah seperti : suara ngekek lovebird, kapas tembak, kenari, dan yang pasti cililin yang menarik perhatian para pesaingnya.

Baca selengkapnya :  Mengenal Jenis Burung Elang Jawa, CiriCiri, Makanan, Harga

Banyak juga sekrang para peternak yang bereksperimen atau membudidaya burung tersebut dengan menyilangkan gen dan jenis yang berbeda, seperti jantan borneo kalimantan x betina medan super, dan hasilnya dapat mencetak anakan murai yang memiliki kualitas sangat baik dan luar biasa.

Berapa harga murai kalimantan ?. Namun jika anda tertarik ingin memeliharanya, teman-teman harus merogoh kocek untuk membelinya dengan bajet berkisar Rp 750 ribu – 2 jutaan. Untuk harga pasaran yang relatif terjangkau dan murah.

murai-batu-mahkota

Namun jika burung yang sudah memliki prestasi sebagai juara kontes untuk harga murai batu borneo yang berkualitas jika di rawat dengan baik dan tepat pasti harganya akan melejit dan melambung tinggi tentunya.

Suara murai batu borneo mp3

Berikut Suara kicau burung murai batu borneo audio mp3 yang dapat teman-teman download disini secara gratis :

Suara murai batu palangkaraya gacor dor

Download link disini


Suara tembakan speed rapat Murai batu banjar

Download link disini


Suara kasar burung murai batu borneo mahkota

Download link disini


Suara Borneo Full Tembakan

Download link disini


Sara Pancingan Murai Batu Borneo Agar Gacor Dor

Download link disini


Demikian Penjelasan yang dapat kami berikan seputar 3 Jenis Burung Murai Batu Borneo Yang Memiliki Kualitas Terbaik. Jika saya ada kesalahan dan kekurangan saya mohon maaf.

Semoga kiranya dapat bermanfaat dan menambah wawasan bagi teman-teman di dunia burung kicau. Terima kasih.