Cara Memaksimalkan Volume Burung Kacer Yang Tepat

Diposting pada

Pada pembahasan kali ini Kacer.Co.Id akan mengulas informasi seputar cara memaksimalkan volume burung kacer, yang dimana dari para pemain kacer mania pasti mengeluhkan permasalahan yang kadang dihadapi oleh suara burung kacer yang dimilikinya, dan pesimis dengan kualitas yang dipunya oleh si burung tersebut. Tanpa harus berlama-lama langsung aja kita ke pokok bahasannya ya, baca terus artikel ini sampai habis biar jelas dan paham.

Analisa Karakter Suara Kacer


Menurut saya dari setiap karakter suara yang dihasilkan oleh burung kacer berbeda-beda ya, ada yang keras ada juga yang pelan, dalam tolak ukur ketika si kacer ini dalam keadaan kerja maksimal atau konslet pada saat digantang kan. Jadi jika ada seekor kacer pada saat di rumah hanya bunyi ngeplong pelan belum saja tentu bisa dikatakan dalam kondisi kerja yang baik akan mengeluarkan materi yang pelan juga bahkan menurut saya akan lebih keras dan jelas dalam mengeluarkan materi-materi yang dibawakannya.

Jadi tolak ukur untuk menentukan keras atau tidaknya volume pada burung kacer harus dalam keadaan, tingkatannya dalam kondisi kerja yang maksimal pada saat digantangkan atau konslet, bukan dari kebiasaan di rumah maupun pada saat perjalanan, karena dalam kondisi kerja tidak maksimal seekor kacer yang memiliki vokal yang keras sekalipun cenderung tidak terdengar jika dibandingkan lebih jelas terdengar dengan kacer yang memiliki vokal tipis akan tetapi dalam keadaan on fire.

Baca selengkapnya :  Cara Memilih Burung Merpati Dan Dara Terbaik, Gambar, Balap, Kolong

Jadi kembali lagi pada karakter vokal bawahannya masing-masing tetap ada perbedaan volume kacer yang satu dengan kacer yang lain kita disini sebagai perawat kacer hanya bisa memaksimalkan volume burung kacer agar bisa lebih keras dan jelas lagi dalam membawakan materi atau isian pada saat digantang kan.

Agar burung kacer kita mau kerja maksimal yang pastinya dengan perawatan konsisten yang kita lakukan dan sesuai dengan karakternya.

Penyebab Vokal Burung Kacer Tidak Maksimal


Namun ada beberapa faktor yang menyebabkan kacer volume tidak maksimal:

1. Faktor umur atau usia

Untuk menjelaskannya faktor yang pertama yaitu tentang umur kacer yang masih muda atau belum mapan cenderung memiliki vokal yang kurang keras dibandingkan kacer yang sudah mapan, akan tetapi nanti ada proses pada saat kacer muda ini sudah mapan dan sudah stabil antara birahi dan emosinya kira-kira di umur kurang lebih diatas 3 tahun, jadi bagi temen-temen yang masih merawat burung kacer yang masih bahan harap bersabar ya, lakukan dan berikan rawatan yang paling baik saja agar kelak nanti sudah dewasanya bisa sesuai dengan apa yang kalian harapkan.

2. Kondisi cuaca atau juga bisa sedang kurang birahi

Yang kedua, si kacer dalam kondisi kurang birahi, banyak hal yang terjadi di kacer yang sudah mapan gacor hariannya tetapi di pengkondisian lombanya hal-hal yang terjadi pada kacer pada saat kerja di gantangan kebanyakan gaya atau lipsing saja.

Sehingga tampak si kacer mengeluarkan materinya yang pelan, sebenarnya kalau menurut saya ini kurang Sedikit lagi agar bisa maksimal lagi bekerja dalam mengeluarkan materinya dengan hanya penambahan EF kroto kurang lebih 1 sesi sebelum mulai kontesnya ya.

Baca selengkapnya :  Cara Mudah Memilih Burung Cucak Jenggot Yang Berkualitas Baik

kacer-kurang-birahi

Kinerja si kacer yang lipsting ini cenderung kurang birahinya dan untuk perawatan hariannya tidak perlu dirubah 100% dari sebelumnya dan coba pertahankan dulu serta tetap memperhatikan kondisi cuaca, tapi di sini yang saya maksud bermain di pengkondisian lombanya saja pas dilapangan ya, dengan menambahkan pakan tambahan kroto sebelum gantang. Dan ini bertujuan agar bisa menambah birahi kacer ini alhasil mau bongkar isian dan mengeluarkan power vokal yang baik pada saat eksekusi di lapangan.

3. Kacer dalam kondisi penjemuran atau kepanasan

Kondisi atas penjemuran bisa berpengaruh dengan volume kacer dalam kondisi kacer sedang kepanasan, dan saya yakin volume burung kacer ini akan semakin mengecil dan tidak jelas dalam membawakan lagu atau materinya.

Nah solusinya segera ditangani dengan cara menambah porsi mandinya, kurangi porsi jemurnya atau boleh sementara jangan dijemur dulu untuk pemulihan dan berikan ekstra fooding yang bersifat pendingin seperti kroto dan kondisikan di ruangan yang dingin dalam keadaan di full krodong longgar saja.

kacer-over-penjemuran-kepanasan

4. Kacer dalam kondisi birahi atau kurang emosi

Dalam kondisi birahi atau kurang emosi kacau kacer akan mengeluarkan volume yang kurang keras atau kurang jelas dalam membawakan materiinya Seperti yang saya jelaskan tadi si pemotong dalam kondisi tidak maksimal kerja atau tidak konslet dalam kondisi kurang emosi si kacer pasti akan dominan mengeluarkan suara asli kacernya atau ngeplong-ngeplong saja, dengan kondisi digantangan seperti ini maka pasti akan kalah keras dengan kacer sebelahnya yang mampu mengeluarkan materi yang jelas.

Nah solusinya meningkatkan volume kacer dengan merubah rawatan hariannya mandi, dikurangi dari biasanya misalkan seminggu satu sampai dua kali saja jemur dimaksimalkan lagi, misalkan seminggu dua kali maksimal 3 jam, lalu burung di umbar seminggu dua kali maksimal 2 jam dan mempersembahkan extra fooding harian cukup jangkrik saja 3 pagi dan 3 sore dan harian di full krodong dan untuk lomba tanpa mandi coba aplikasikan dengan mempersembahkan jangkrik yang minim dan ulet Hongkong.

Baca selengkapnya :  Tips Menjaga Mental Burung Kacer Agar Tetap Fighter

5. Si kacer ini sedang dalam kondisi sakit (tidak FIT)

Seekor kacer yang sedang sakit akan berpengaruh dengan vokalnya. Salah satunya yaitu penyakit saluran pernapasan, lebih baiknya dicari tahu terlebih dahulu penyebabnya. Baca juga : Tips Seting Rawatan Kacer Over Emosi

kondisi-kacer-sakit

Nah jika sudah tahu baru bisa menentukan solusinya, dan banyak sekali penyebab serak pada kacer ini bermacam-macam : bisa karena lebih dari penjemuran burung kepanasan dalam krodong dalam waktu lama, dan biasanya dalam kondisi mabung yang Tidak membersihkan kotorannya kotoran dibiarkan lama tidak dibersihkan jadi si kacer terserang parasit atau virs di saluran pernafasannya wajar saja apabila dari awal mabung sampai selesai kotorannya tidak pernah dibersihkan.

Dan itulah tips penting seputar cara memaksimalkan volume burung kacer yang harus kalian ketahui agar bisa menambah wawasan kalian semua sebagai pemiliki burung fighter hitam putih ini, semoga dapat bermanfaat ya. Terima kasih. Salam sukses selalu kacer mania.