7 Jenis Makanan Burung Kolibri Terbaik Agar Cepat Gacor

Diposting pada

Assalamualaikum wr wb, apa kabarnya sedulur kicau mania semua, masih tetap bersama kami di website resmi Kacer.Co.Id yang selalu memberikan informasi burung kicau terupdate setiap harinya, pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang jenis makanan burung kolibri yang terbaik dan aman untuk dikonsumsi agar cepat gacor dor.

Siapa yang tidak kenal dengan burung yang berukuran mungil dan kecil ini akan tetapi memiliki suara yang mewah, dan banyak sekali menarik perhatian bagi para hobiis kicau mania tentunya, dengan memiliki gaya terbang yang sangat lincah burung ini menggepakkan sayapnya dengan sangat amat cepat sama seperti kepakan sayap tawon jika berada di alam terbuka.

Karena tubuhnya yang ramping ini jika kolibri semakin berukuran lebih kecil, sudah pasti semakin cepat pula burung ini mengepakkan sayapnya. Kolibri ini tidak bisa terbang lambat, dan dia juga mampu mengapung di udara, sangking cepatnya gerakan kepakan sayap yang mampu mengangkat tubuhnya melayang-layang dengan stabil. Keistimewaan lainnya burung ini juga mampu terbang dengan gaya mundur.

Ketika dunia burung kicauan belum begitu tren seperti sekarang ini, burung kolibri ini hanya dipandang sebelah mata dan masih banyak sekali berkeliaran dan terbang bebas dialam, dan jarang sekali dirawat oleh manusia.

jenis-burung-kolibri

Seiring perubahan zaman dan berkembang pesatnya kicau mania yang membuat burung ini menjadi salah satu peliharaan yang mudah untuk dirawat serta dapat menggacorkannya untuk dijadikan sebagai burung masteran ataupun burung kontes, maka habitat dialamnya menjadi buruan para pemikat yang menjadikan ladang bisnis hobi untuk memenuhi kebutuhan di pasaran bagi para hobiis.

Memang sangat jarang sekali temen-temen yang mampu mengurus dan merawat burung kecil ini, dikarenakan lebih rentan dibandingkan burung yang berukuran sedang ataupun besar. Jika tidak penuh kesabaran dan ketelatenan bisa-bisa kolibri ini mudah sakit dan bisa mati.

Baca selengkapnya :  Inilah Suara Ancaman Murai Batu Wajib Punya Untuk Burung Lomba

Sebelum anda mencoba untuk memelihara burung yang satu ini setidaknya temen-temen harus mengetahui terlebih dahulu makanan burung kolibri apa yang tepat dan baik untuk diberikan setiap harinya agar si burung selalu dalam kondisi sehat dan prima, yuk simak pemaparan selengkapnya dibawah ini :

Pakan yang dibutuhkan untuk kolibri supaya rajin berkicau


1. Nektar Alami Ataupun Racikan

Makanan rutin yang harus selalu disajikan untuk burung kolibri setiap harinya salah satunya nektar, akan tetapi nektar dapat dikategorikan menjadi 2 jenis, yang mana terbuat dari bahan alami ataupun dari racikan pabrikan yang sudah dibuat sebelumnya yang banyak menggunakan bahan pengawet dan kimia tertentu.

Memang agak sedikit ribet jika kita menyiapkan meracik pakan alami, akan tetapi manfaat dan hasil jauh lebih berbeda tentunya ketimbang kita membeli pakan yang sudah diracik oleh pejual dikios-kios sebelumnya. Dan saya menyarankan berikanlah pakan kolibri kesayangan anda dengan menggunakan bahan alami yang anda racik sendiri agar mendapatkan hasil yang maksimal nantinya. Baca juga artikel terkait lainnya : Cara Mudah Membuat Racikan Makanan Burung Kolibri Agar Gacor

2. Susu Putih Kental Manis

Zat dan gizi baik dalam susu ini memang sangat baik untuk dikonsumsi, baik untuk kita ataupun untuk si burung mungil ini, saya pribadi biasanya memberikan susu kental manis sasetan saja untuk burung kolibri ini yang pasti dengan harga yang terjangkau, dan lebih efesien ya.

Baca selengkapnya :  Download Suara Anis Kembang Gacor Ngerol MP3

susu-kental-manis

Cara penyajiannya : sediakan setiap hari di wadah cepuk khusus, 1/4 saja lalu boleh di campurkan dengan air putih sedikit saja agar tidak terlalu kental sekali, jika di ditambahkan air maka si kolibri tidak akan memakannya dikarenakan terlalu lengket temen-temen.

3. Madu Asli

Manfaat dari madu ini memliki banyak khasiat untuk menjaga kesehatan dan kekebalan tubuh bagi mahkluk hidup lainnya salah satunya baik jika diberikan kepada burung kolibri ini, akan tetapi tidak boleh berlebihan dalam memberikannya, hanya sewaktu-waktu saat dibutuhkan saja sebagai penghangat tubuh diwaktu cuaca ekstrim musim penghujan.

madu-asli

Tidak disarankan memberikan madu ini untuk pakan harian ya, karena sifat madu ini sendiri memiliki hawa panas yang berlebih jika diberikan setiap hari, efek sampingnya bulu burung kolibri bisa rontok nantinya. Maksimal untuk perawatan bisa anda berikan 2 minggu sekali saja.

4. Laba-Laba Kecil

Pakan tambahan, berupa serangga memang sangat baik dan banyak mengandung protein hewani, tentunya yang terjangkau untuk dikonsumsi dengan si burung tersebut, dengan ukuran yang kecil dan bisa dimakan. Dialam liarnya si kolibri ini juga terkadang sering memangsa laba-laba anakan yang berukuran kecil.

Dan jika temen-temen kesulitan untuk mencari pakan ini, ya tidak masalah karena makanan laba-laba kecil ini hanya sebagai makanan penunjang saja.

5. Buah segar

Fungsi dan manfaat dari buah memang sangat perlu diperhatikan bagi asupan vitamin dan mineral si burung kolibri, akan tetapi tidak semua jenis menyukainya ada beberapa macam dan tipe saja yang terkadang juga menyukai buah-buahan segar.

Jika burung kolibri temen-temen diberikan buah dan tidak mau dan sama sekali memakannya, maka jangan terlalu memaksakan untuk memberikannya, ya tentunya harus disesuaikan dengan karakter dari masing-masing burung tersebut.

Baca selengkapnya :  7 Kontes Burung Kicau Yang Tren Di Bandar Lampung

buah-segar

6. Kroto Segar

Kroto banyak sekali mengandung nutrisi yang baik yang bersifat lebih dingin dan adem jika dibandingkan pakan serangga lainnya, selain itu kroto ini sifatnya sebagai penggacor seketika, sangat baik jika diberikan secara rutin dengan takaran yang pas, tidak berlebihan juga.

Misalkan dalam memberikan kroto untuk kolibri ini seminggu 2 sampai 3 kali saja dengan porisi yang sedikit saja, dan dipilihkan telur semut yang kecil-kecil dan bersih ya. Jangan memberikan kroto ini dengan kondisi yang kotor.

kroto

7. Voer Halus

Voer sendiri memiliki fungsi yang sangat baik sebagai asupan pakan harian yang mampu menunjang segala kebutuhan baik protein, nutrisi, vitamin dan mineral yang sudah terkandung menjadi satu di dalamnya, voer yang cocok untuk burung kecil seperti kolibri ini adalah voer yang memiliki tekstur yang halus.

voer-halus

Tidak disarankan memberikan voer yang berbentuk kasar ya temen-temen. Dan selain itu juga manfaat dair voer juga bisa menjernihkan suara kicauan dan menambah tenaga si burung agar selalu sehat dan memiliki bulu yang indah, gesit dan lincah.

Demikian informasi yang dapat kami berikan untuk temen-temen kicau kolibri mania di seluruh indonesia baik yang masih pemula ataupun pemain yang sudah lama sekalipun, tentang makanan burung kolibri yang baik untuk dikonsumsi setiap harinya agar siburung ini menjadi gacor, semoga bermanfaat.

Baca artikel lainnya :

√ 10 Jenis Burung Kolibri Terbaik Di Indonesia
√ Mengenal Ciri Burung Kolibri Kelapa
√ Download Suara Burung Kolibri
√ Mengenal Ciri Kolibri Wulung