Apa Itu Burung Anis Merah ?. Berikut Penjelasan (Lengkap)

Diposting pada

Dan sepertinya belum lengkap jika pada para hobiis kicau maniak, yang mengaku-ngaku sebagai penghobi sejati burung kicau, namum belum pernah memiliki burung yang satu ini.

Mengenal Jenis Anis Merah Yang Sangat Populer

Tidak heran jika harga burung anis merah ini sangat mahal di pasaran, karena burung ini menjadi rebutan dan sangat populer bagi penggemar burung, yang ingin mempunyai dan merawatnya setidaknya harus mengenal terlebih dahulu.

Burung anis merah dikenal sebagai burung yang eksentrik, karena ketika melantunkan irama lagu burung ini terlihat menggerakkan kepala kekanan dan ke kiri, sering disebut teler yang terlihat sangat menawan dan populer dimata penggemar burung, karena memiliki ciri khas yang unik.

Pada tahun 2006 diadakan sebuah penelitian, yang dilakukan oleh tim peniliti dari burung indonesia dengan melibatkan 1.782 keluarga di pulau jawa dan bali, hasil penelitian tersebut menunjukan bahwa burung Anis Merah berada di peringkat ketiga dari jenis burung yang paling banyak dipelihara oleh masyarakat dikota-kota besar seperti, surabaya, semarang, yogyakarta, jakarta, bandung dan denpasar.

Dengan makin banyaknya lomba burung berkicau, yang biasanya diselenggarakan setidaknya satu bulan sekali, semakin menambah popularitas burung anis merah. Belum lagi di tambah dengan acara rutin seminggu sekali biasanya latihan bersama (latberan) di kota-kota besar, yang tentunya membuat burung anis merah semakin dikenal di masyarakat.

Prilaku yang ditunjukan oleh burung anis merah saat berkicau bisa menjadi salah satu faktor kelebihan burung ini yang mendapat nilai positif dalam lomba burung. Yang tidak kalah penting adalah burung ini juga memiliki volume dan irama suara yang bervariasi sehingga semakin menambah nilai positif pada saat burung ini mengikuti ajang kontes lomba burung berkicau.

Berikut penjelesan selengkapnya seputar jenis, penyebaran dan syarat hidup burung Anis Merah.

Jenis

Bagi penggemar burung berkicau, burung Anis Merah ini berada diurutan teratas (pertama) sebagai burung yang banyak dipelihara dan banyak diminati. Keistimewaan dalam ocehan dan irama lagunya yang dapat membuat orang takjub.

Baca selengkapnya :  Mengenal Jenis Burung Cucak Rawis, Makanan, Harga, Suara

Jenis burung anis selain Anis Merah adalah Anis Kembang (Zoothera interpres). Walau burung ini tidak banyak memiliki gaya akrobat dalam berkicaunya, namun ciri khas suara anis kembang terkenal dengan melengking kencang dan rapat, yang dimana juga mampu melirik untuk di pelihara sebagai burung kicauan oleh banyak orang.

Perbandingan harga burung anis merah dan harga burung anis kembang memanglah tidak begitu jauh. Jika burung masih bakalan (bahan) sekitar lima ratus sampai delapan ratus ribuan. Namun berbeda dengan burung yang sudah jadi atau gacor, kedua jenis burung ini memiliki harga yang mahal apabila burung sudah gacor, teler dan banyak variasi lagu dengan vokal yang kencang.

Itulah kedua jenis burung anis yang menghiasi ocehan di nusantara Indonesia. Padahal ada juga jenis Anis lainnya. Mari kita simak beberapa diantaranya.

Anis-Siberia1. Anis Siberia
Burung anis jenis ini bukan berasal dari Indonesia, burung ini berasal dari daratan cina. Ketika ditempat asalnya mengalami musim salju, maka burung ini terbang dan berpindah tempat ke daerah lain untuk mencari makanan yang tersedia untuk dan dapat bertahan hidup.

Misalnya jawa,sumatra dan kalimantan. Daerah habitat ini favoritnya di pegunungan, Burung yang bernama ilmiah Zoothera sibrica ini memiliki 2 penampilan yang berbeda antara jenis kelamin jantan dan betina, untuk cifi fisik jantan : tubuhnya biru kehitaman dengan ciri khas, alis putih didekat mata. Sedangkan tubuh betina bewarna coklat.

Anis-Sisik

2. Anis Sisik
Burung ini diberinama anis sisik, karena pola kelir pada bulunya yang menyerupai sisik. Burung ini sering terlihat di pegunungan sumatra utara. Suaranya terdengar lembut, pendek dan mengalun.

Anis-Kuning

3. Anis Kuning
Ketika berada di dalam kelompok (koloni) sesama jenis, burung ini sangat gacor dan mengeluarkan kicauan yang berisik. Saat burung ini sendiri suaranya lemah dan pendek, hutan sekunder dan padang terbuka adalah tempat yang paling disukainya. Memang sangat langka dan sulit untuk di temukan. Jika memang ada burung ini biasa dilihat di hutan kalimantan dan sulawesi.

Baca selengkapnya :  Harga Burung Jalak Terlengkap Dan Terbaru Di Tahun 2020

Anis-Hibrida

4. Anis Hibrida
Beberapa penghobi sering sekali mencoba eksperimen kawin silang dengan menjodohkan burung anis merah dengan burung anis kembang, perkawinan kedua burung jenis ini menghasilkan burung yang berbeda gen yaitu dengan ras gabungan, hingga akhirnya diberinama Anis Hibrida. Ciri khas burung ini bewarna blorok trotol atau sering disebut juga Anis Macan.

Penyebaran

Penyebaran dan tempat hidup burung Anis Merah dapat ditemukan dikabupaten yaitu, Jembrana, Buleleng, Tabanan, Karangasem. Anis Merah sering terlihat di wilayah indonesia burung ini dapat hidup di daerah seperti : Sumatera, Kalimantan, Jawa dan Bali.

Disumatra burung ini disebut sebagai burung pendatang, atau (migran). Dari daratan Asia dan kemungkinan terdapat dua ras yaitu Zoothera Citrina Innotata dan ras Zoothera Citrina Gibsonhilli.

Di kalimantan utara, merupakan burung penetap didaerah pegunungan, antara 1000 – 1500 diatas permukaan laut. Ras yang terdapat di jawa bagian barat Zoothera Rubecula dan yang ada di jawa bagian timur mendominasi ras Zoothera Orientis. Kedua ras ini hanya dibedakan dari fisik dan panjang sayapnya saja. Penamaan ras Zoothera citrina rubecula diberikan oleh Gould pada tahun 1836, sedangkan untuk jenis ras Orientis diberikan oleh Bartels. Pada tahun 1938. Beberapa ahli burung meragukan perbedaan ras Anis Merah yang terdapat dijawa bagian barat dengan di timur dan bali ini.

Anis Merah mencari makan diatas tanah dengan tanaman bawah pohon yang rapat. Sangat aktif mencari makan dibawah bayang-bayang sinar matahari dengan membongkar atau mengkorek-korek dedaunan yang jatuh di tanah untuk mencari serangga, laba-laba atau cacing dan burung yang satu ini juga sangat menyukai dengan buah-buahan yang matang. Di malaysia burung Anis Merah ini teramati memakan buah beringin.

Baca selengkapnya :  Mengenal Ciri Burung Lovebird Pasjo

Sarang Anis Merah berbentuk bulat, seperti mangkuk yang dangkal dan tersusun dari akar pohon liar daun dan seresah. Kedua indukan aktif dalam membangun sarang, yang sering kali dibangun pada ketinggian lebih dari 5 sampai 7 meter yang diletakkan di ujung pohon kecil atau semak belukar. Jumlah telurnya biasanya mencapai 2 sampai 4 butir, dan di erami sampai 14 hari sampai menetas. Setelah telur menetas, indukan mengerami dan meloloh anakannya selama 12 hari sampai dapat keluar dari sarangnya.

Syarat Hidup

Anis Merah sering terlihat di kebun-kebun kopi dan hutan yang berada di dekat aliran sungai, termasuk sungai-sungai yang kecil dan lembah yang jarang yang teduh pepohonan rindang yang jarang sekali terkena sinar matahari langsung.

Meski demikian disemua kebun kopi dan tidak semua hutan terdapat sarang Anis Merah. Burung yang satu ini memang sulit sekali ditemukan , keberadaannya hanya dapat di prediksi denga habitat yang disukainya di daerah memiliki ketinggian kurang dari 400 meter diatas permukaan laut.

Namun burung ini sangat cocok untuk suhu dan iklim yang ada di Indonesia, serta dipelihara dengan perawatan anis merah yang mudah dan dapat di ternak.

Berikut audio mp3 suara anis merah gacor teler :

anis merah gacor ngeplong mp3

Download link disini


anis merah ngeplong mp3 download

Download link disini


suara burung anis merah betina

Download link disini

Demikian informasi yang dapat kami berikan, sesuai dengan sejarah, dan perkembangan dunia burung kicau di indonesia semoga dapat kiranya menambah wawasan temen-temen semuanya.

Baca juga artikel lainnya :

Download Suara Anis Merah Mp3

Rahasia Sukses Ternak Burung Anis Merah

Cara Merawat Anis Merah