10 Jenis Burung Kolibri Terbaik Di Indonesia

Diposting pada

Jenis Burung Kolibri – siapa yang tidak kenal dengan burung yang kecil ini dengan bentuk tubuh yang indah nan memiliki suara yang merdu jika didengarkan pada waktu pagi hari yang dapat menenangkan suasana hati. Burung ini memang memiliki banyak jenis dari berbagai ras (genre) yang berbeda dari berbagai wilayah. Biar nggak penasaran yuk simak ulasannya beserta gambar burung kolibri :

Berbagai Jenis Kolibri Yang Harus Anda Tahu


1. Kolibri Sepah Raja

Kolibri-Sepah-Raja

Burung satu ini memiliki nama latin yakni Aethopyga Siparaja, yang pada umumnya sering dijumpai di kawasan hutan tropis, terutama di perkebunan cerry.

2. Kolibri Srigranti

Kolibri-Srigranti
Banyak dikalangan hobiis menyebut burung ini dengan sebutan sogok ontong. Warna khas dari bulu dadanya yang berwarna kuning ke emas-emasan, serta leher yang berhwarna hitam pekat apabila berjenis jantan, karakter suara monoton dan sangat baik untuk isian burung ocehan lainnya.

3. Kolibri Jawa

Kolibri-Jawa

Keunikan yang dimiliki jenis jawa ini, dengan ekor yang berwarna biru, sayap hitam legam, bulu dada belakang sampai depan mendominasi berwarna merah yang sering banyak ditemukan didaerah pulau jawa tentunya.

4. Kolibri Kelapa

Kolibri-Kelapa

Untuk jenis yang satu ini banyak orang menyebutnya dengan singkatan korlap, yang sangat menyukai berada dan bermain-main di atas pohon kelapa, dengan ciri khusus yang dimana dadanya berwarna kuning, sayapnya berwarna coklat serta bulu kepalanya warna hijau metalik.

Baca selengkapnya :  Mengenal Jenis Burung Branjangan, Habitat, Makanan, Suara

5. Kolibri Ninja

Kolibri-Ninja
Karakteristik dari burung ini memiliki bulu pada bagian dadanya biasannya berwarna merah kecoklatan. Untuk pejatannya akan lebih dominan mempunyai warna hitam. Dan untuk betinanya lebih dominan warna abu-abu.

6. Kolibri Lebah

Kolibri-Lebah
Untuk jenis ini yang merupakan spesies burung terkecil di dunia. Yang berasal dari negara kuba yang sudah jarang sekali ditemukan dan pastinya dilindungi, dengan bentuk yang langsing, berwarna dominan ungu dengan sayap yang sangat cepat bergerak dalam mengepakkan sayapnya jika sedang terbang.

7. Kolibri Wulung

Kolibri-Wulung
Untuk jenis burung ini mempunyai nama latin : anthreptes singalensis, yang dimana karakteristik dan hobi makanan yang disukai tidak hanya madu saja, melainkan juga serangga kecil dan ulat untuk dapat memenuhi asupan vitamin dan mineral si burung ini.

Mereka juga sering berpindah tempat dari dataran yang rendah ke dataran yang tinggi serta lebih senang hidup berkoloni dengan sesama jenis atau burung kecil lainnya.

8. King Konin

King-Konin
Untuk burung yang satu ini adalah raja dari segala jenis sesamanya yang dapat anda jumpai di daerah perbukitan serta hutan yang lebat di mangrove, tepatnya di tepi hutan, rawa-rawa yang memiliki ketinggian kurang dari 250 mdpl. Dengan postur tubuh yang jauh lebih besar serta ideal dan dapat dengan mudah untuk lebih dijinakan untuk dapat dipelihara.

9. Kolibri Black Sunbird

Kolibri-Black-Sunbird

Jenis si legam, hampir semua bulu yang dimiliki oleh burung ini berwarna hitam, akan tetapi ada sedikit warna loreng bergaris hijau didaerah sayapnya. Paruh runcing panjang melengkung dan memiliki suara yang tajam.

10. Kolibri Gunung / Merak

Kolibri-Gunung
Untuk jenis yang satu ini, bentuk nya agak unik dengan kombinasi warna yang memukau perhatian. Dengan warna merah di bulu dadanya, serta pada punggungnya seperti dilapisi jubah emas dengan menggunakan mahkota dikepalanya berwarna hijau terang.

Baca selengkapnya :  Inilah Perawatan Mabung yang Tepat Untuk Burung Cucak Rowo

Memang dahulunya burung yang kecil imut ini hanya dipandang sebelah mata dan menjadi penghibur suasana di alam liar saja, berbeda dengan kondisi yang sekarang burung kolibri ini menjadi primadona dan dipandang terhormat di kelas gantangan kicau di nusantara kita.

Untuk wilayah penyebaran burung ini sendiri pun hampir tersebar di seluruh belahan dunia, dan paling banyak ditemukan di hutan Amazon, Amerika Selatan.