Rahasia Beternak Burung Cucak Ijo Agar Berhasil

Diposting pada

Burung peliharaan yang banyak dipelihara sejak dahulu, salah satunya adalah cucak ijo. Jika dibandingkan dengan pemeliharaan burung lainnya, burung berwarna hijau segar ini termasuk sulit untuk dipelihara. Namun burung ini sangat banyak disukai oleh para penghobi kicau. Dibalik sulit dalam pemeliharaannya, harga jualnya juga cukup tinggi. Pendapatan akan semakin tinggi, anda akan mendapatkan keuntungan lebih. Namun bagaimana analisa ternak cucak ijo dan cara ternak burung cucak ijo bagi pemula ? Simak ulasan berikut.

Tips Budidaya Burung Cucak Ijo Agar Sukses

1. Pilihlah Indukan Tepat

Sebelum memelihara hewan peliharaan, tentu saja anda membutuhkan indukan sebagai modal utama. Sejak pertama kali pemeliharaan, anda diwajibkan untuk menjadiindukan yang berkualitas.

Indukan yang sudah berkualitas, mampu menghasilkan keturunan yang berkualitas pula. Jangan sampai salah pilih indukan, agar tidak mengalami kerugian. Agar tidak tertipu, anda dapat terapkan beberapa tips jitu dalam memilih indukan.

Jika memungkinkan, pilihlah indukan jantan yang telah berusia sekitar 2 tahunan, dan betina yang telah berusia sektiar 1 tahun.

Sebelum memilih indukan, ada baiknya periksa kesehatan dan stamina yang dimiliki mereka. Pastikan secara fisik, indukan tidak memiliki cacat fisik sedikitpun.

Jangan lupa untuk memastikan proporsi tubunya seimbang. Selain itu, anda dianjurkan untuk memilih jantan yang rajin gacor.

2. Tidak Sembarangan Dalam Pemilihan Kandang

Pemilihan kandang memang terllihat sepele, namun halini sangat penting bagi tumbuh kembang sang hewan peliharaan. cara ternak cucak ijo di rumah memang sangatlah sulit, anda harus pandai mengkondisikan lokasi ternak cucak ijo tentunya di tempat tinggal yang nyaman tempat hunian, menghindari burung dari rasa stres.

Baca selengkapnya :  Cara Mudah Ternak Burung Serindit Agar Cepat Sukses

Layaknya manusia yang memilih hunian terbaik bagi kelangsungan hidupnya, burung Cucak Hijau juga perlu memiliki tempat hunian nyaman untuk ditinggali. Anda bisa memilih sangkar yang cukup luas, untuk tempat tinggal hewan satu ini.

Untuk ukuran kandang cucak ijo pilihlah kandang setidaknya memiliki ukuran sekitar 2.5 meter, dengan lebar sekitar 3 meter. Seperti memelihara burung pada umumnya, anda harus menyiapkan setidaknya pakan dan minum di dalam sangkar.

Berikut gambar kandang ternak cucak ijo

gambar-kandang-ternak-cucak-ijo

Jangan lupa berikan tangkringan sebagai tempat bertenggernya mereka. Karena menjaga kebersihan perlu dilakukan, anda bisa menambahkan keramba khusus sebagai tempat mandi mereka. Agar mirip dengan habitat aslinya, tambahkan pohon kecil agar terlihat lebih rindang.

ternak cucak ijo sangkar gantung

ternak-cucak-ijo-sangkar-gantung

3. Tips Menjodohkan Burung Cucak Ijo

Bagi seorang pemula, akan banyak rintangan ketika ingin mencoba suatu hal baru baginya. Apabila ada kesalahan, hal itu cukup wajar, asalkan kedepannya semakin baik. Hal Ini juga berlaku ketika ingin memelihara hewan berwarna hijau segar ini.

Pada umumnya, perjodohan tidak akan selalu berhasil, namun tetap bisa dilakukan dengan cara yang tepat. Terdapat beberapa tips yang bisa anda coba, agar proses perjodohan sukses dilakukan.

Sebagai langkah awal pendekatan, anda harus menyapkan cucak ijo sepasang dan tikak diperkenkan untuk menyatukan antara burung Cucak Hijau jantan dan betina. Untuk mendekatkannya, anda hanya perlu mendekatkan kandang satu dengan kandang lainnya.

Tips-Menjodohkan-Burung-Cucak-Ijo

Jangan tergesa gesa ingin menggabungkan mereka, karena mereka akan menolaknya. Tunggulan hingga beberapa lama, dan lihatlah reaksi yang terjadi diantara kedua hewan tersebut.

Apabila terlihat akur dan terlihat cocok adalah ciri cucak ijo sudah jodoh, baru satukan mereka dalam satu kandang.

Baca selengkapnya :  Rahasia Sukses Ternak Burung Jalak Suren Serta Analisis Usaha

4. Berikan Pakan Sesuai Selera Mereka

Untuk memepertahankan indukan berkualitas, anda juga bisa memberikan pakan berkualitas. Pakan yang terjamin kualitasnya, membuat kesehatan hewan peliharaan andalebih terjaga.

Pemilihan pakan tepat, membuatnya semakin sering gacor. Pada umumnya burng satu ini akan diberikan serangga, cacing, aneka buah, aneka sayuran, voer, dan masih banyak yang lainnya. Pastikan gizi burung Cucak Hijau tercukupi, dengan memberikan vitamin tambahan.

Memelihara hewan peliharaan, memang sangat menyenangkan untuk dilakukan. Selain memanfaatkan waktu lebih produktif, memelihara hewan bisa mendatangkan keuntungan.

Sebab burung peliharaan bisa dijualkan kembali dengan harga tinggi, tergantung dari tingkat kesehatan dan jenis yang dijajakan.

Cucak Hijau menjadi burung peliharaan yang populer ditemukan di berbagai ajang kompetisi, karena warnanya yang indah serta suara merdunya.

Demikian informasi tentang panduan ternak cucak ijo, yang dapat anda jadikan sebagai bahan referensi untuk mencoba melestarikan dan budidaya cucak ijo agar cepat berhasil. Semoga bermanfaat.