Tips Sukses Usaha Ternak Murai Batu Albino

Diposting pada

ternak murai batu albino – Burung murai batu merupakan salah satu jenis burung kicauan yang memiliki suara merdu dan populer yang banyak memiliki penggemar dikalangan dunia hobi kicau mania, karena memiliki kasta tertinggi dikelasnya tidak hanya bos-bos besar saja yang mampu memainkan atau merawat burung ini, akan tetapi untuk para hobiis murai tentunya dari kalangan menengah kebawah pun juga sudah banyak yang memiliki burung murai batu.

Ada pertanyan dari temen-temen kicau mania, yang ingin mencoba belajar bagaimana cara membudidayakan burung murai batu khususnya agar nanti anakannya bisa menghasilkan murai batu albino dengan bulu yang berwarna putih ?. Nah disini akan kita bahas secara lengkap dan bisa anda simak informasinya sampai akhir agar tidak gagal paham :

Trik Mencetak Anakan Murai Batu Albino Dengan Mudah


Pengalaman Ternak Murai Batu

Untuk habitat di alam liarnya, atau muraih batu hutan sudah sangat jarang ditemui karena sering sekali diburu oleh para pemikat yang hampir merusak populasi keberadaannya, dan pada perkembangannya saat ini ada banyak juga para penangkar yang awalnya mencoba untuk membudidayakan burung tersebut hingga berhasil menghasilkan anakan yang dapat memenuhi kebutuhan pasaran yang saat ini semakin meningkat.

Oleh karena itu, pengalaman dalam menangkar burung murai batu ini sangatlah perlu dicoba, asalkan anda siap dengan bajet modal yang relatif lumayan tentunya. Namun berawal dari hobi menggantang burung, yang dimana para pemain burung murai batu lomba gantangan juga terkadang ada yang belajar dan memfokuskan untuk membuka usaha menangkar burung murai.

Baca selengkapnya :  Mengenal Jenis Burung Bultok, Ciri, Harga, Suara

Jika temen-temen belum pernah mempunyai pengalaman dalam menangkar / beternak murai batu ini !. Baca juga : Persiapan Beternak Murai Batu

gambar-murai-batu-albino

Peluang Usaha Yang Menjanjikan

Tidak heran jika harga burung murai batu ini memiliki harga yang cukup tinggi di antara kelas burung ocehan lainnya, karena burung murai ini memiliki daya tarik tersendiri yang dapat menarik perhatian banyak orang, seperti dari bentuk fisik yang ideal warna bulu yang indah, bentuk ekor yang panjang serta suara irama lagu yang dibawakan terdengar merdu, kencang dan bervariasi.

Jika dianalisa dan dilihat dari sisi peluang untuk dapat memproduksi dan menangkar burung murai batu ini adalah kesempatan emas bagi para pebisnis yang memiliki modal yang kuat, namun untuk kiat untuk mencobanya memang tidak juga harus memaksakan untuk menyiapkan bajet yang terlalu besar. Jika temen-temen memiliki anggaran yang pas-pasan juga bisa untuk mencobanya namanya juga ngerintis dari awal, istilahnya tester atau testing terlebih dahulu dari sepasang, jika sudah berhasil usahanya baru bisa ditambahkan lagi baik produksinya atau perkembangan manajemen penempatan dan masih banyak yang harus anda coba dan terjun langsung jika anda ingin meluangkan waktu berbisnis di penangkaran murai batu ini.

Namun kabar terbaru yang lagi tren ini adalah jenis murai batu albino, yang memiliki harga yang sangat fantastis karena sangatlah langka dan sulit untuk menghasilkan anakan murai batu albino ini. Untuk harga yang ditawarkan anakan murai batu albino bisa mencapai 10 jutaan lebih, itupun yang masih trotol umur dibawah 5 bulan, apalagi yang sudah dirawat dewasa mapan dan gacor ?. Coba anda bayangkan !. Bagaimana jika anda mengetahui rahasia cara menangkar dan menghasilkan murai batu albino ini !. Pasti tentunya anda akan menjadi sultan burung murai,heheh.

Baca selengkapnya :  Makanan Lovebird Biar Gacor Dan Ngekek Panjang

murai-batu-albino-dewasa

Semua Bisa Membentuk Murai Batu Albino

Sebenarnya murai batu albino bisa dihasilkan dengan indukan yang bukan berasal dari indukan trah albino sebelumnya, memang jika di analisa dari beberapa pengalaman peternak burung murai batu, menjelaskan disini bahwa albino itu secara genetik adalah burung yang kelainan gen.

Jenis murai yang memiliki kerusakan pada genetiknya di karenakan memiliki kesamanaan tipe jenis yang sedarah, yang dimana akan menjadi perubahan yang sangat berbeda pada murai batu pada umumnya, secara garis besar adalah pigmen warna yang dihasilkan dari bulu, walaupun karakteristik fighternya dari murai itu sendiri sama ya.

Contoh disini : indukan utama yang dikawinkan membuahkan hasil anakan dan tentu harus di siapkan jantan dan betina yang bersaudara ini di jodohkan kembali, ada baiknya menjodohkan murai batu dari trotol agar nanti kelak dewasanya anda sudah mempunyai siapan indukan calon yang akan menghasilkan anakan albino, dan keluarnya anakan albino ini tidak bisa diprediksi dari hasil produksi yang keberapanya, bisa yang pertama, atau di produksi yang kedua, ketika atau seterusnya. Karena rusak mutasi dari gen indukan tersebut bisa ada yang cepat dan juga ada yang lambat.

Intinya harus bersabar dan jangan pernah menyerah ya, bagi para temen-temen penangkar untuk membuktikan hasil karya dan analisa anda untuk bagaimana cara menghasilkan anakan murai Albino dengan prediksi yang tepat. Demikan tips dari cara ternak murai batu albino yang dapat anda praktekan langsung dan membuktikannya sendiri, semoga berhasil. Semoga bermanfaat.