Cara Ternak Burung Jalak Nias

Diposting pada
Rate this post

Assalamualaikum, sobat kicau mania kembali lagi bersama situs resmi Kacer.Co.Id yg dimana pada kesempatan kali ini kami akan berbagi tips seputar cara ternak burung jalak nias, bagi temen-temen yang ingin mencoba untuk melestarikan atau membudidaya burung jalak istimewa ini tentu harus mengetahuinya ya temen-temen.

Sama- sama kita ketahui ya tentang kelebihan burung jalak nias ini jika dibandingkan dengan jalak-jalak lain pada umumnya, burung jalak nias yang memiliki tubuh eksotis, indah di pandang, serta mudah dalam penerapan rawatan hariannya, tidak sedikit penggemar burung ocehan yang ingin memelihara burung yg satu ini.

untuk prediksi harga burung jalak nias saat ini tergolong cukup mahal ya temen-temen, tentu menjadi aspek peluang bisnis yang menguntungkan bagi para hobi penangkar / peternak burung kicauan, baik dari sekala besar maupun yg kecil.

Oke langsung aja kita ke topik pembahasannya, bagaimana sih untuk produksi burung jalak nias ini agar cepat berhasil ?. Yuk langsung aja kita simak bersama-sama penjelasan selengkapnya dibawah ini :

harga-jalak-nias

Trik Mudah Budidaya Burung Jalak Nias Supaya Sukses


Cara Membedakan Jalak Nias Jantan Dan Betina

Nah untuk ciri-ciri umum pada burung jalak nias jantan yang pertama bisa dilihat itu untuk yg jantan itu memiliki postur tubh yang lebih besar dan panjang ya, daripada jalak nias betina,

namun jika kalian mengamatinya dengan cara terpisah serta yang belum tahu itu pasti sangat sulit atau membingungkan, karena jika sekilas ukuran bodynya hampir setara, jadi kedua jenis jantina ini harus di sandingkan ya biar bisa lebih akurat lagi melihat perbandingannya.

Baca selengkapnya :  5 Jenis Burung Kutilang Yang Mempunyai Suara Merdu

Jalak nias jantan ini selain memiliki badannya yg besar dan panjang bisa dilihat juga di antara kaki, kuku dan juga jari-jarinya lebih panjang kemudian paruhnya juga tebal yang paling penting sekali itu di pada bagian mata yang ada kuning-kuningnya ya,

tentu lebih mudah jika burung jalak nias jantan ini sudah dewasa ya pasti akan menunjukan ciri warna kuning jelas dan terang yang di area mata itu cenderung lebih besar dan melebar, berbeda dengan yang betina corak kuningnya itu agak terlihat pudar dan kurang jelas ya seperti contoh gambar dibawah ini :

ciri-jalak-nias-jantan

Ciri-ciri jantan yg selanjutnya adalah pada bagian punggungnya jadi antara tengkuk hingga ke punggung itu ada berwarna keabu-abuan, jadi dari punggung ke bawah itu mulai dari warna abu-abu menurun ke bawah itu berwarna coklat kehitaman, jadi coklatnya pekat jika dilihat dari jauh itu mengikuti warna hitam mengkilap ya.

ciri-punggung-jalak-nias-jantan

Pemilihan Indukan Burung Jalak Yg Berkualitas

Dalam pemilihan burung indukan yang akan kita tangkar atau ternakan itu tidak boleh asal-asalan ya, harus memenuhi syarat-syarat tertentu agar nantinya memberikan keturunan yang secara umum itu juga sangat baik, jika indukannya bagus tentu anakan yang akan dihasilkannya nanti tentu sangat bagus juga, ya minimal 80 % mengambil trah dari indukannya.

Jadi intinya dalam memilih atau mencalonkan jalak nias jantan dan betina yang ingin kalian ternak itu harus teliti, lalu bagaimana cara kalian menentukan burung jalak ini yang memiliki kualitas atau prospekan yang bagus ?.

Point yang pertama tentu dari segi fisiknya ya, cari lah calon indukan burung jalak nias ini yang fisiknya normal atau tidak cacat, baik sehat fisik maupun mentalnya ya, kemudian rajin berkicau (gacor), memiliki variasi suara kicauan yang banyak, dan tidak sedang giras ataupun stres ya,

Baca selengkapnya :  3 Jenis Burung Pentet Cendet Kontes, Pilis, Sembur, Gondrong

Nah untuk usia standart burung indukan jalak nias ini minimal 1,5 tahun – 2 tahun umurnya baru bisa masuk kedalam kategori proses reproduksi ya, berdasarkan riset dilapangan dan sudah banyak para penangkar yang telah menerapkan budidaya penangkaran burung jalak ini.

Proses Reproduksi Burung Jalak Nias

Untuk burung jalak nias ini bukanlah tipe atau jenis burung yg bisa dijodohkan secara koloni seperti burung lovebrid ya temen-temen, melainkan harus dengan pasangan yang memang benar-benar cocok dan akur,

tentu dalam hal pengenalan pasangan butuh waktu proses yg panjang juga jika kalian tidak mengetahui tekni yang tepatnya itu seperti apa, dalam tahapan ini kalian juga tidak boleh ceroboh ya, misalkan burung jalak nias ini belum saatnya berjodoh dan terlalu memaksakan ingin menyatukannya di dalam satu sangkar,

hal itu tentu salah besar, karena bisa membuat kondisi psikis burung akan terganggu juga nantinya, si burung bisa menjadi stres, jadi kalian disini butuh yg namanya proses pengenalan terlebih dahulu ya, sebelum ke proses penjodohannya langsung.

Cara menrapkan proses pengenal burung indukannya harus sering ditemukan, di sangkar atau kandang yg terpisah terlebih dahulu ya, baik dalam kesehariannya saat memandikan, pemberian pakan burung harus digandeng terus namun dengan sangkar yang berbeda, agar burung ini bisa saling kenal terlebih dahulu,

nah jika kiranya burung ini sudah saling kenal dan amati terus perkembangan setiap harinya, jika semakin dekat dan betina dan jantan sudah mau bersuara tentu menandakan burung sudah berjodoh dan boleh disatukan di dalam kandang glodok jalak nias produksi untuk di tangkarkan ya.

Tips :

Lalu ada pertanyaan dari para kicau mania yang menanyakan : Apakah bisa para penangkar untuk menerapkan kawin silang jalak nias dan jalak kebo ?.

Ya menurut pengalaman kami dan temen-temen yang sudah senior bergelut di bidang penangkaran burung khususnya burung jalak, itu bisa-bisa saja ya, namun prosesnya juga akan lebih sulit namun tata caranya juga sama seperti yang sudah kita bahas diatas ya temen-temen.

Demikianlah tips yg bisa kami share cara ternak burung jalak nias yg bisa kalian coba aplikasikan dirumah, semoga dapat menambah pengetahuan temen-temen semua, semoga dapat bermanfaat ya. salam kicau mania.

Baca selengkapnya :  Cara Menjinakkan Burung Lovebird

baca juga artikel terkait lainnya seputar : cara merawat burung jalak nias agar bisa ngomong

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari