Cara Mudah Perawatan Strawberry Finch Agar Cepat Gacor

Diposting pada

Assalamualaikum wr wb, apa kabar semuanya temen-temen kicau mania. Semoga selalu diberikan kesehatan dan terus semangat menjalani aktifitasnya ya, kembali lagi bersama kami situs resmi Kacer.Co.ID yang selalu update memberikan informasi seputar dunia burung kicau, pada episode kali ini kami akan membahas tentang cara perawatan strawberry finch yang tepat agar burung si mungil ini dapat rajin berkicau setiap hari.

Untuk burung jenis ini memang sangat sulit ditemukan di wilayah lokal indonesia, karena asal mu asalnya dari negara import dan cukup langka, walaupun hampir mirip dengan burung kecil sejenis emprit lokal di negara indonesia. Dengan warna bulunya yang indah dengan perpaduan warna merah dan hitam trotol batik yang sangat cantik, membuat para penghobi baru ataupun yang sudah lama ingin memiliki burung ini.

Pada artikel sebelum kita telah membahas apa itu burung strawberry finch baik dari ciri dan karakter serta harganya, namun bagaimana untuk segi perawatan hariannya!. Disini akan kita ulas secara lengkap yang dapat anda terapkan perawatan untuk burung kecil kesayangan anda agar menjadi gacor, penasaran !.. Yuk simak ulasannya dibawah ini :

Tips perawatan yang tepat untuk burung emprit merah fich


Pemilihan sangkar

Dalam memilih sangkar burung ini, pilihlah sangkar yang terbuat dari bahan kayu dengan diameter persegi yang berukuran kecil yang sering digunakan oleh burung ocehan seperti pleci, ataupun kolibri.

perawatan-strawberry-finch

Kenapa harus dimasukan ke sangkar yang kecil?. Karena burung strawberry finch yang tubuhnya berukuran kecil. Dan yang pasti akan lebih mudah bagi anda dalam perawatan hariannya, serta membuat burung anda lebih jinak tidak terlalu giras. Siapkan 2 buah tangkringan dengan pola bersilang yang memudahkan burung untuk bergerak dan beraktifitas, bergerak naik turun dari satu tangkringan ke tangkringan lainnya.

Baca selengkapnya :  Mengenal Jenis Burung Hud Hud Yang Sangat Langka

Mandi Dan Jemur

Untuk memandikan burung ini, tidak perlu setiap hari. Anda cukup memandikannya 2 sampai 3 hari sekali saja dengan cara menyemprotnya secara halus menggunakan spray, sampai membasahi seluruh tubuh burung ini agar bulu terlihat segar dan bersih, jauh terhindar dari gangguan parasit dan kutu pastinya.

Setelah memandikan burung strawberry finch ini, jangan langsung anda menjemurnya. Akan tetapi tunggu terlebih dahulu agar bulu burung sudah terlihat kering, baru boleh anda menjemurnya sekitar 1 – 2 jam saja dari pukul 8 – 10 siang.

Kebersihan Kandang

Untuk masalah kotoran burung strawberry finch ini sangat sedikit setiap harinya, akan tetapi anda juga perlu membersihkannya setiap hari dan selalu menjaga kondisi kebersihan sangkarnya agar si burung selalu sehat dan terindar dari serangan penyakit pernafasan, jika kotorannya jarang dibersihkan.

gambar-strawberry-finch

Pakan yang disukai

Anda boleh memberikan pakan hariannya seperti biji canary seed yang sering diberikan kepada burung kenari ataupun love bird, jenis pakan yang disukainya hampir sama. Ataupun milet putih. Karena pada dasarnya habitat di alamnya burung finch ini adalah burung pemakan biji-bijian.

Ganti pakan 2 hari sekali menggunakan milet atau canary seed yang baru, agar selalu fresh dan segar baik untuk kesehatan si burung tersebut.

Pemasteran

Cara memasterkan burung ini sebaiknya dilakukan pada malam hari ketika strawberry finch sedang beristirahat, akan tetapi untuk hariannya ataupun saat sedang memasterkannya burung jangan dikerodong, biarkan saja dengan kondisi tanpa kerodong setiap harinya. Pemasteran cukup menggunakan mp3 dengan suara burung kenari ngerol panjang akan tetapi volume jangan terlalu besar, senyap dan kecil saja.

Lakukan tahapan perawatan yang telah dijelaskan diatas secara konsisten dan rutin, dan lihat hasilnya selama 1 sampai 2 bulan kedepan yang pastinya burung anda akan lebih gacor sepanjang hari dengan mengeluarkan suara yang merdu.

Baca selengkapnya :  Inilah Perbedaan Cendet Madura Dengan Cendet Lainnya

Sekian informasi tentang cara perawatan strawberry finch agar cepat gacor yang dapat kami berikan berdasarkan pengalaman para kicau maniak semua. Semoga bermanfaat.