Daftar Harga Burung prenjak Jenis dan Makanan

Diposting pada

Prenjak adalah burung kicauan yang memiliki suara yang nyaring dan menghibur. Hal inilah yang membuat burung ini banyak diminati para pecinta burung. Selain suaranya yang menarik, harga burung ini juga cukup terjangkau serta mudah dicari.

Bagi anda yang akan membeli burung ini, pastinya membutuhkan informasi mengenai harga burung prenjak dan makanannya. Agar tidak semakin penasaran, yuk simak ulasan berikut ini.

Jenis Jenis burung Prenjak dan Harganya

Ada beragam jenis prenjak mulai dari kepala merah, gunung, lumut hingga prenjak sawah. Tentunya setiap memiliki beberapa perbedaan dari ciri tubuh dan harga jualnya. Seperti misalnya prenjal gunung yang memiliki ukuran badan berkisar antara 15 hingga 16 cm dan memiliki bulu dominan warna coklat. Burung ini memilikibagian alis berwarna putih dengan pipi berwarna abu abu. Satu ekor burung ini biasanya dibandrol dengan harga Rp 200 ribu.

Namun, ada juga jenis burung prenjak yang rajin berkicau dan memiliki perawatan yang cukup sulit yaitu dari prenjak lumut. Burung ini memiliki warna yang menyerupai prenjak merah dan biasanya dibandrol dengan harga sekitar Rp 30 ribu hingga Rp 150 ribu.

Sedangkan prenjak kepala merah yang bakalan biasanya memiliki harga sekitar Rp 30 ribu. Namun, harga burung prenjak ini akan semakin mahal jika semakin rajin berkicau.

jenis-burung-prenjak

Bagi anda yang menginginkan jenis prenjak dengan perawatan yang lebih mudah, maka lebih baik anda memilih jenis prenjak sawah. Selain itu, burung ini juga memiliki harga yang terjangkau yaitu dibandrol dengan harga RP 125 ribu. Sedangkan untuk prenjak yang masih anakan biasanya lebih murah yaitu Sekitar Rp 25 ribu hingga Rp 30 ribu.

Baca selengkapnya :  Mengenal Mitos Burung Puter ( Makanan, Harga Dan Suara)

Ada juga jenis prenjak putih yang memiliki ciri ciri dimana bulu tubuhnya dominan berwarna putih. Burung ini biasanya hidup di kebun, rawa maupun di sarang sarang yang tinggi. Burung prenjak putih biasanya dibandrol dengan harga sekitar Rp 100 ribu untuk yang bakalan. Sedangkan jika burung ini sudah rajin berkicau atau pandai gacor, harga burung prenjak bisa mencapai Rp 700 ribu setiap ekor.

Jenis Makanan untuk Burung Prenjak

Bagi anda yang berencana untuk memelihara burung ini, sebaiknya mengetahui jenis makanan yang tepat agar prenjak mendapatkan asupan nutrisi yang tercukupi. Dengan begitu, maka burung akan lebih sehat dan tidak mudah terserang menyakit.

Kondisi tubuh yang sehat akan membuat burung ini lebih rajin berkicau dan bukan tidak mungkin jika mengeluarkan suara tebaiknya sehingga anda bisa membawanya mengikut kontes burung.

Adapun beberapa jenis makanan baik untuk burung prenjak adalah kroto, ulat hongkong dan voer. Pemberian roto bisa anda lakukan ketika burung ini sedang ngambek. Hal ini biasanya diandai dengan bulu bulu yang mengembang sehingga tidak rapi. Pemberian kroto akan meningkatkan stamina sehingga tetap bugar dan sehat.

makanan-burung-prenjak

Sedangkan untuk pemberian ulat hongkong bisa dilakukan dengan memberikannya dalam kondisi hidup maupun kering. Selain itu, anda juga perlu membiasakan burung untuk makan voer karena memiliki kandungan gizi yang sangat baik sehingga burung lebih sehat dan rajin berkicau. Bukan tidak mungkin jika harga burung prenjak akan semakin mahal.

Burung prenjak memiliki banyak jenis dan ciri ciri yang berbeda beda, tentunya hal ini juga berpengaruh terhadap harganya. Namun, jika ingin mendapatkan dengan harga yang lebih murah sebaiknya membeli yang masih anakan dan merawatnya dengan baik yaitu dengan memberikan makanan yang tepat dan menjaga kebersihan tubuhnya. Anda juga perlu memberikan pelatihan secara rutin agar burung ini cepat gacor.

Baca selengkapnya :  Mengenal lomba burung lovebird

Demikian informasi dari harga burung prenjak yang dapat anda jadikan sebagai acuan dan parameter jika anda ingin membeli burung yang satu ini di kios-kios burung terdekat didaerah anda. Semoga bermanfaat.