Mengenal Jenis Burung Strawberry Finch Ciri dan Harga Terbaru

Diposting pada

assalamualaikum wr wb kembali lagi bersama situs resmi kacer.co.id yang pada kali ini saya akan membahas tentang salah satu jenis burung kecil yang jarang sekali ditemukan di indonesia, melainkan burung dari luar negri burung apakah itu ?. Dalam istilah menggunakan bahasa inggris yaitu burung strawberry finch.

Burung ini memang sangat tergolong langka sekali ditemukan di indonesia, namun ada beberapa jenis peternak yang masih dapat dihitung dengan jari. Burung ini hampir mirip dengan burung emprit kaji yang ada di nusantara atau masih keluarga dari jenis estrildidae yang memiliki kemiripan dengan gen dan ras seperti burung kenari. Penasaran yuk simak ulasan selengkapnya dibawah ini :

Mengetahui keistimewaan yang dimiliki oleh burung strawberry finch


Ciri dan karakteristik

Si mungil nan cantik ini yang memiliki panjang ukuran tubuhnya hanya 10 cm, memang baik untuk dipelihara sebagai burung koleksi, pajangan, namun jangan salah kira, burung jenis ini juga dapat berkicau merdu dan mudah sekali menirukan suara ocehan burung lainnya, seperti burung kenari lokal, serindit, cucak rawis, dan cililin. Apabila burung ini sudah dapat membawakan salah satu lagu dari burung isian tersebut tentunya sangat unik dan banyak dicari oleh para penghobi kicau tentunya.

Salah satu ciri khas yang dimiliki oleh burung ini yang berwarna yang mendominasi merah diseluruh bulu sampai paruhnya, dan ada sedikit totol-totol berwarna putih dengan kombinasi hitam yang ada pada kedua sayapnya penjelasan ini khusus untuk tipe burung jantan.

gambar-emprit-benggala

Berbeda dengan jenis burung yang betina, dapat dengan mudah anda membedakannya dari warna bulu. Untuk sibetina ini memiliki bulu yang berwarna dominan coklat dan hanya sedikit warna merahnya.

Baca selengkapnya :  Cara Mudah Memilih Lovebird Gs Yang Memiliki Kualitas Terbaik

Di ujung ekor berwarna hitam kecoklatan diselang warna merah yang apabila bisa membuka ekor megar seperti burung kacer. Namun jika dilihat dengan seksama memang burung ini seperti buah strawberry, ya wajar saja kenapa mendapat julukannya strawberry finch.

Memang jenis ini adalah burung emprit luar (import) ini yang mempunyai warna yang sangat nyentrik, menarik dengan warna merah yang menyala memiliki sebutan amandava atau emprit benggala. Burung ini dapat bertahan hidup di iklim tropis, serta sangat menyukai dengan habitat alam di padang rumput atau ladang terbuka. Makanan yang disukai oleh burung satu ini adalah biji-bijian seperti canarry seed, biji sawi ataupun milet.

Harga burung strawberry finch 2020

Yang saya heran kok kenapa burung hama ini memilii harga yang tinggi melonjak dan sangat mahal. Kenapa bisa dikatakan sebagai hama?. Mungkin burung emprit sering sekali menjadi musuh para petani yang sering memakan gabah padi di areal pesawahan ya.

strawberry-finch

Akan tetapi jangan anda remehkan burung yang satu ini jika anda mampu memeliharanya dengan baik dan bisa membuat gacor dan rajin berkicau, bagi para pecinta burung hal ini adalah seninya dalam hobi untuk bereksperimen dalam merawat serta melatih karakter baru yang dapat dijadikan sebagai hewan peliharaan.

Namun bagi yang ingin mencoba untuk memelihara burung ini, untuk harga burung bahan tangkapan memang tidak terlalu mahal sekitar 100 – 200 ribuan saja, berbeda dengan yang sudah agak jinak dan gacor yang memiliki harga antara 250 sampai dengan 500 ribu rupiah.

Demikian informasi yang dapat kami berikan tentang burung strawberry finch, sekiranya dapat menambah wawasan teman-teman kicau mania semua yang ingin memelihara burung satu ini. Terima kasih, semoga bermanfaat.