Tips Perawatan Murai Di Musim Hujan Agar Tepat FIT

Diposting pada

perawatan murai di musim hujan – Seni dalam merawat burung kicauan memang sudah menjadi rutinitas bagi para penghobi tentunya, khususnya untuk murai batu mania. Nah perlu di perhatikan dalam memberikan rawatan burung murai batu pada saat musim hujan, inget jangan sampai kecolongan ya, karena faktor cuaca juga sangat mempengaruhi pada kesehatan si burung tersebut. Jika salah dalam memberikan perawatan maka burung bisa drop, dan menurunnya performa pastinya.

Trik Memelihara Burung Murai Diwaktu Musim Penghujan


Cara Penjemuran

Nah sekarang apa yang bisa kita lakukan disaat merawat burung kita di saat musim penghujan seperti ini. Dengan berbagai alasan pastinya temen-temen tidak bisa menjemur burungnya setiap hari dan kita tidak bisa menentukan waktu yang tepat kapan burung itu harus dijemur.

cara-penjemuran

Biasanya kan kita menggunakan setingan dengan kebiasaannya yang selalu menjemur setiap pagi setelah burung habis dimandikan misalnya. Untuk metode penjemurannya bagaimana ?. Caranya kalian harus sempatkan waktu luang dengan menggunakan kesempatan yang ada ketika adanya panas matahari baik itu siang ataupun sore sebaiknya jangan di sia-siakan, burung langsung boleh dijemur.

Seumpamanya burung tidak ada celah untuk kena sinar matahari, dikarenakan hujan seharian dari pagi sampai sore dengan cuaca yang mendung atau berawan terus, mungkin dengan kondisi yang lebih dari satu, dua atau bahkan tiga hari seperti ini !.. Dan apa yang harus bisa kita lakukan ?. Dengan kondisi dan situasi yang tidak diharapkan hal yang terpenting kalian harus memberikan asupan multivitamin atau suplemen kepada murai batu kesayangan kalian.

Baca selengkapnya :  Kacer Macet Bunyi? Atasi Dengan Cara Ini (Terbukti Ampuh)

Tapi ingat, maksud dan tujuan pemberian suplemen ini bukan berarti untuk menghangatkan, akan tetapi menstabilkan suhu tubuh si burung tersebut agar tetap dalam kondisi yang normal. Nah kira-kira suplemen apa yang bagus dan aman untuk diberikan kepada burung kita, saran saya temen-temen bisa berikan minyak ikan yang disuntikan ke jangkrik dengan dosis yang wajar ya, cukup berikan 2 ekor jangkrik saja yang sudah kalian suntik minyak ikan tersebut, ingat jangan setiap hari ya ?. Cukup 3 sampai 4 hari sekali saja.

Nah bagaimana jika burung yang memiliki kesukaan ulat hongkong, atau si pemiliknya walaupun di cuaca normal memang sudah terbiasa dan sering memberikan UH ini ?. Nah tetap saja di lakukan pemberian ulat hongkongnya akan tetapi jangan terlalu di jor atau di tambah porsinya, karena yang dikhawatirkan birahi burung akan menjadi tidak stabil nantinya.

burung-murai-FIT

Cara Pemandian

Untuk masalah mandi yang dilakukan ini seperti apa bagusnya ?. Tidak masalah, jangan pula mentang-mentang musim hujan kalian takut burung akan kedinginan laju tidak diberikan mandi !. Pendapat seperti ini salah besar ya !.

Kalian juga tetap harus memberikan mandi untuk burung murai, misalkannya pada cuaca bukan musim hujan memang sudah setingan murai lomba musim hujan sama seperti cuaca normal saja, cukup 3 hari sekali burung mandi, tidak masalah, walaupun tidak bisa ditentukan lakukan saja pemandian sesuai keinginan si burung. Intinya tidak ada pemaksaan dan tidak perlu di semprot-semprot agar memancing burung mau mandi.

Masukan saja ke keramba mandi berikan waktu selama 15 – 20 menit lalu angkat kembali, jika terpantu mandi atau tidaknya tidak masalah, intinya jangan memaksakan mandi burung murai di musim hujan ini.

Baca selengkapnya :  Cara Meracik Suplemen Burung Murai Lomba Dengan Bahan Alami

cara-memandikan

Cara Pengkrodongan

Untuk burung murai yang memiliki karakter biasa di ablak hariannya tanpa menggunakan krodong, di musim penghujan ini saya sarankan ada baiknya burung harus lebih banyak dikerodong, dengan warna kerodong yang terang ya, misalkan warna biru telur asin, putih dan lainnya. Saran saya sih jangan terlalu kelamaan membiarkan kondisi kandang murai kalian tanpa kerodong !.

Untuk temen-temen bisa lakukan pola perawatan murai di musim hujan yang telah dijelaskan diatas sesuai dengan pengalaman kicau murai batu mania senior yang kiranya dapat menambah wawasan dan manfaat bagi kalian semua. Terima kasih.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari