Inilah Standar Penilaian Gantangan Burung Kacer

Diposting pada

Halo om bos bertemu lagi nich dengan kami penulis blog kacer.co.id – dalam pertemuan kali ini kami akan membahas tentang sistem penilaian pada kontes gantangan burung kicau khususnya untuk jenis burung kacer.

Di arena gantangan sering terjadi kericuhan antara hobiis dan juri, karena merasa burungnya gacoannya sudah maksimal akan tetapi kok tidak sesuai yang diharapkan ?. Cek-cok / protes penilaian burung dilapangan sudah hal yang lumrah dan biasa karena ketidak tahuan dan tidak paham bagaimana cara dan standar penilaian yang diterapkan oleh juri.

Maka dari itu kami disini akan shere agar om bos semua tahu sistem penilaian dewan juri saat om bos melakukan gantangan burung kacer om bos.

Cara Penilaian Lomba Burung

Standar penilaian burung kacer – cara penilaian lomba burung di bagi menjadi empat yaitu : Durasi, Variasi, Gaya dan Fisik

Durasi

pakem penilaian kacer radjawali indonesia

Durasi Kerja

om bos tentunya sudah tau apa itu durasi kan tapi di sini mimin hanya menjabarkan makna dari durasi ini, Durasi adalah lamanya burung bernyayi semakin lama burung berkicau maka semakin lama durasinya ,dan biasanya kalau burung yang berdurasi lama di barengi dengan variasi yang mantap dari burung om bos ,tapi bila durasi ini ada memiliki nilai yang sama maka akan di lanjutkan dengan step slanjutnya.

Variasi Isian

Variasi seekor burung biasanya om bos sendiri yang bisa mengatur,variasi di sini adalah isian dari burung om bos ,biasanya masteran yang biasa om bos berikan kepada burung, semakin banyak variasi suara burung semakin besar penilaian juri terhadap burung om bos.

Baca selengkapnya :  Cara Mudah Memilih Lovebird Gs Yang Memiliki Kualitas Terbaik

Variasi isian yang bagus yang memiliki point tertinggi dan pasti diliirik oleh juri seperti : isian kacer yang paling bagus : kolibri, ciblek, cucak jenggot, kapas tembak, cililin, jangkrik.

Gaya Tarung

Gaya yang di maksud di sini adalah gerak dari burung yang sedang berlaga jikalau burung, melanggar peraturan yang sudah di tentukan oleh juri seperti salto, ngeruji sangkar, mbagong/nangkur, turun kebawah sangkar – dll, apabila burung melakukan pelanggaran maka burung bisa di beri disqualifikasi di (DIS).

Gaya tarung kacer yang bagus adalah dengan gaya yang ngotot, kacer ngobra, nagen, buka ekor, buka paruh, kacer gacor ngeplong, teler, kacer menurunkan sayap. dll.

Fisik

Fisik yang di sini menjadi penentu jikalau semua tahapan di atas memiliki nilai yang sama ,bulu yang halus dan fisik yang tidak memiliki cacat adalah yang menjadi pemenang kalau nilai Durasi,Variasi dan Gaya sama. (Alternatif) Tambahan Nilai.

Pastikan burung kacer jagoan om bos memiliki kondisi yang prima saat akan maju ke kontes, dengan kondisi yang prima serta kematangan. om bos dalam melatih juga merawat burung kacer adalah kunci untuk memenangkan sebuah kontes /gantangan.

Catatan : arti bendera dalam kontes burung merupakan point atau nilai yang sangat berharga bagi pakem dari masing-masing juri gantangan.

Dengan telah mengetahui pakem penilaian kacer 2019. om bos sudah paham dan dapat dijadikan parameter, tolak ukur untuk melihat kelebihan dan kekurangan burung kacer om bos tentunya.

sekian info yang bisa kami shere kepada om bos semua ,semoga bermanfaat, semoga moncer dan juara om bos.. Terima kasih.