Perbedaan Murai Malaysia Dan Medan

Diposting pada

Dikesempatan kali ini Kacer.Co.Id akan membahas seputar murai malaysia dan cara membandingkannya atau kita bedakan dengan jenis yang berasal dari lokal tentu murai batu medan ya. Bagi penghobi pemula atau yg masih baru, terkadang masih bingung ya dan mungkin sama sekali tidak tau itu jenis apa dan yg ini tipenya apa?. hadew.

Nah ini akan menjadi kecaman ya, dan jangan sampai kita salah dalam memilih antara murai batu Malaysia dengan murai Medan, yang menjadikan parameter atau perbandingan dari kedua burung ini tentu dapat kita lihat dari Ciri fisiknya :

Mengetahui Perbandingan Dari Karakteristiknya


Dari Bentuk Ekor

Nah disini tentu dapat kita lihat dari panjang ekor murai Malaysia biasanya lebih panjang ya dari ekor burung medan, murai Malaysia biasanya memiliki ukuran kisaran 30 cm ke atas tergantung dari habitat asal mereka tinggal.

Atau lebih detail pada umumnya berkisar 27 sampai 30 centi meter, nah burung tipe ini biasanya berasal dari habitat merah Langkawi tentu dari negara malaysia dong, akan tetapi menurut habitat persebarannya Kebanyakan itu yang berekor sedang 1 mulai 15 sampai 17 cm nah salah satu yang menjadi ciri khas ekor pendek yaitu murai mahkota putih atau sering dikenal sebagai murai pala haji.

Tipikal burung murai pala haji ini cenderung mudah berbunyi, jika sedang berkicau tentu sambil mengembangkan bulu dada dengan turun naik sujud-sujud ya, memang terlihat mirip sekali dengan murai borneo yang sering kita jumpai di Indonesia, tentu sudah kita keteahui bersama ya bentuk ekor murai Malaysia biasanya agak lebih tipis ya, nah untuk murai medan biasanya lebih tebel.

Baca selengkapnya :  Mengenal Jenis dan Ciri Burung Lovebird Euwing Beserta Harga

murai-malaysia-juara

Baca juga artikel lainnya seputar : perawatan murai batu tipe dingin

Bentuk Tubuh, Kaki Dan Warna Bulunya

Selanjutnya untuk ciri yang kedua dari bentuk badan murai Malaysia cenderung lebih kecil dibanding murai medan yg memiliki postur tubuhnya lebih berbadan agak besar dari panjang sisinya.

Dan selanjut untuk yang ketiga dari warna kaki warna kaki dari murai Malaysia cenderung lebih jelas tampak bercorak agak putih. Sedangkan untuk kaki murai batu medan ini biasanya agak lebih pekat corak kecoklatan dan bahkan ada juga yang berwarna hitam.

Nah untuk ciri yg ke empat ini dilihat dari bulu murai batu Malaysia nampak terlihat mengkilat kebiru-biruan, sedangkan murai Medan mengkilat kehitaman pekat, akan teteapi untuk tingkat ke fighterannya atau mentalnya murai Malaysia masih kalah dengan murai Medan tapi untuk semuanya paling tidak dengan skala 75% lah.

Oke itu tadi sedikit pengetahuan tentang murai batu Malaysia dan murai batu Medan, sedikit saran saja kita sebaiknya harus meningkatkan ekosistem alam sebagai penjaga dan tidak merusak atau rakus dalam pikat / perburuan burung murai batu ini di alam liarnya, karena sampai saat ini burung tersebut hampir punah, semoga dapat bermanfaat ya temen-temen salam sukses selalu kicau murai batu mania.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari