Tips Perawatan Murai Batu Tipe Dingin Agar Bisa Stabil Lomba

Diposting pada

Oke pada kesempatan siang hari ini saya akan sedikit berbagi tips yg membahas tentang perawatan murai batu tipe dingin atau gimana caranya memberikan rawatan hariannya yg pas ya, agar nantinya bisa nampil saat ketika digantangan sesuai dengan harapan kita tentunya.

Jadi begini berdasarkan pengalaman dan yang sudah saya terapkan di murai batu yang dingin perawatannya emang rada sedikit susah atau tidak karena kita tidak tahu burung ini cenderung lebih banyak diam dan tenang ya, serta sampai mana atau tingkat keagresifannya ya karena cenderung di rumah biasanya murai batu yang dingin ini santai gitu ya, nah ketika mendapat tekanan dari burung-burung baru atau pun biasa-biasa saja ya tidak ada emosi dan kurang ngotot ya.

Nah untuk rawatan hariannya yang biasa yang saya terapkan disini simpel ya. Jadi begini ya penanganan murai batu yg memiliki tipe dingin ini, kalian harus selalu sebisa mungkin untuk membuat panas suhu tubuhnya.

Cara Mudah Rawatan Hariannya


Proses Penjemuran Di Tingkatkan Durasinya

Anak Burung ini sudah pastinya burung yang tipikal itu standar ya bermental standar bukan yang di atas rata-rata seperti contoh yang kita misal kita Gantang burung ini di awal nggak jalan kurang ngotot atau kurang aktif ketika akhir baru mulai jalan motor untuk Penanganannya biasanya saya seperti ini pola penjemurannya saya tingkatkan ya, agar bertujuan untuk menghasilkan suhu tubuhnya ini panas mungkin ya, karena untuk menaikkan emosi burung itu sendiri.

Baca selengkapnya :  Cara Mudah Perawatan Burung Lovebird

Burung Tidak Main Embun

Untuk murai batu tipe dingin kalau versi saya saya, setiap harinya burung tidak diembunkan ya temen-temen. ya karena sifatnya hasil dari pengembunan ini juga bisa meredam emosi dan mendinginkan suhu tubuh si murai tersebut, namun ya saya biasanya mengeluarkannya di sekitar 6.30 kita jemur sampai jam 10 atau 11.00 lah ya.

meningkatkan-emosi-murai-batu

Pemberian Ekstra Foodingnya

Terus untuk hariannya bisa ditambahkan ulat Hongkong sebanyak 3 ekor atau pun 5 ekor ya di pagi dan sore hari ya, namun kalau saya pribadi tentu cukup ekstrem ya kadang-kadang dikasih sampai 10 sampai 15 ekorlah.

Lho kok se nekat itu ?, apakah keseringan memakan ulat hongkong dalam jangka waktu panjang, apakah ini kurang bagus bagi kesehatan burung ?. Nah itu hanyalah mitos saja menurut saya, jadi jangan khawatir dan ragu-ragu dalam memelihara burung kalian sendiri jika kalian ingin membuktikan perubahan dengan penampilannya.

Untuk peberian kroto ini jangan terlalu sering ya temen-temen, karena sifat kandungan dari kroto memiliki banyak air yg bersifatnya sebagai pendingin, boleh saja diberikan kroto segar itupun hanya sedikit saja dengan takaran 1 sendok teh cukup 1 minggu sekali saja.

Baca juga artikel lainnya : murai batu lambat panas

Setingan Persiapan Lomba

Nah untuk persiapan ke lomba biasanya saya paa H-3 sudah full krodong murai batu itu ya, burung dikondisikan di tempat yg aman namun tidak disarankan ditempat yg dingin seperti diruangan yg ada AC nya, hehe. Burung diistirahatkan terlebih dahulu untuk mengumpulkan tenaga saat sebelum digantangkan nantinya.

Setelah itu untuk EF nya kita naikkan yg ditambah lagi sedikit demi sedikit untuk di H min 1 baru saya jor UH nya pagi 10 dan sore 10 ekor, untuk murai batu tipe dingin Iya untuk saya pribadi tidak boleh terlalu banyak mandi ya, intinya dikurangin dari cara pola mandinya itu, karena sifatnya dingin ya. Jika terlalu sering dimandikan maka yg ada emosi nya bisa tidak seimbang dengan birahinya, yg ada burung tampil tidak ngotot dan bunyi semaunya saja, tidak mau bongkar isian nantinya.

Baca selengkapnya :  Rahasia Mengetahui Ciri Kacer Sehat Atau Tidak

Yang dibutuhkan ini, kan membuat suhu tubuhnya selalu panas ya, nah pada H-1 ini saya selalu memberikan kelabang sebanyak 1 ekor yang dibuang kepala dan ekornya untuk di hari h-nya saya kasih UH sebanyak pagi 10-10 siang nya saya kasih lagi sekitar jam 11 atau 1 jam sebelum berangkat ke arena lomba kasih lagi jangkrik 5 ekor – 10 ekor ya, jadi totalnya 15.

cara-memahami-karakter-murai-batu

 

Pengkondisian Dilapangan

Hanya dengan cara ini tentu murai bisa dalam kondisi yg stabil dan benar-benar panas, untuk di lapangannya kita jangan menghindar atau menjauh dari keramaian ya, atau istilahnya mengasingkan diri lah, kita bisa dekatkan dengan burung- burung yang gacor ya biar dapat tekanan terus naik tingkat emosinya mulai naik, akan tetapi kondisi kandang harus tetap masih dikerodong saja ya, nah dari situ burung tentu lebih cepat untuk terpancing emosinya.

Namun ketika sesi kita sudah dimulai, sebaiknya kita gantang di awal ya agar nanti siburung tidak ketinggalan jauh irama lagu on ngeplay ataupun bongkar isiannya yg dimana saat dipantau oleh juri.

Dari pola rawatan ini adalah versi kami ya, jadi boleh diikuti atau tidaknya, nah itu ya Tergantung kalian semua ya para sahabat kicau mania, khususnya untuk pemula di sini hanya untuk bener-bener yang mau belajar, baik itu yg masih baru atau untuk para senior saya mohon maaf ya, bila ada yang salah mohon dikoreksi. Demikianlah tips seputar perawatan murai batu tipe dingin yg kiranya dapat menambah ilmu pengetahuan temen-temen semua, selamat mencoba, semoga sukses selalu Aminn.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari