Makanan Burung Parkit

Diposting pada

makanan burung parkit – halo sobat kicau, kembali lagi bersama Kacer.Co.Id yg selalu update informasi setiap harinya seputar hobi burung, baik perawatan, setingan, tips dan lain-lain, nah sesuai tema pokok bahasan kita kali ini adalah burung parkit beserta pakanannya !.

Ada beberapa jenis makanan burung parkit agar jinak yg wajib kalian ketahui ya jika temen-temen ingin mencoba untuk memeliharanya dirumah, yuk langsung aja kita simak penjelasan lengkapnya dibawah ini :

Pakan Harian Burung Parkit Yg Wajib Diberikan


Jewawut

Nah untuk biji jewawut sendiri memang memiliki ukuran yg lebih besar daripada milet, jika diperhatikan sekilas memang terlihat mirip dengan milet ya, namun berbeda, biasanya jewawut ini sering digunakan sebagai pakan burung perkutut ya temen-temen.

Milet

Untuk milet disini ada dua jenis ya, ada yg warna merah dan putih. Sebenarnya tidak masalah kalian ingin berikan yg mana tentu yg disukai oleh burung kalian masing – masing, namun lebih baiknya kalian beli kedua-duanya lalu dicampurkan dengan takaran 1 : 1 agar seimbang ya. Dengan bertujuan supaya burung mendapatkan kandungan vitamin dari masing-masing miletnya.

Kalian bisa membeli milet di kios burung dengan cara kiloan ya agar lebih murah, nah jika kepingin yg praktis silahkan membeli pakan harian nya yg instan dan sudah siap saji dengan berbagai merk dan harga makanan burung parkit yg bervariasi.

parkit

Pakan Tambahan Buah Dan Sayur Yg Segar Untuk Parkit

  • Apel
  • Pear
  • Melon
  • Kiwi
  • Jeruk
  • Anggur
  • Bayam
  • Kol
  • Toge
  • Brokoli
Baca selengkapnya :  Mengenal Burung Owl Finch (Ciri, Jenis, Ternak)

Catatan : Hal yg harus kalian ketahui ya , namanya juga berperan sebagai pakan pendukung dan tidak diwajibkan memberinya setiap hari ya. Namun bisa kalian berikan secara bergantian, misalnya hari senin, burung dikasih buah apel dan hari kamisnya di berika sayuran seperti bayam untuk minggu pertama.

buah-dan-sayur

Dan pada minggu keduanya temen-temen berikan buah anggur dan sayurannya kol, jadi intinya buah dan sayur yg dikasihkan kepada burung parkit kalian cukup 1 minggu 2 kali saja dengan sistem di acak (rando) ya.

Selain buah dan sayur buat makanan burung parkit sangatlah bagus ya temen-temen, jadi jangan sampai kalian lupa untuk memberikannya ya.

Tips Membedakan Parkit Jantan Dan Betina Muda/Tua

Bagi temen-temen yg masih pemula, tentu yg baru mau mencoba memelihara atau membeli burung parkit dipasaran, setidaknya kalian harus tahu terlebih dahulu ya untuk jenis kelaminnya agar nantinya tidak salah pilih ketika sudah membelinya di kios burung / di ombyokan pasar burung.

Berikut beberapa tips yg harus kalian ketahui dalam membedakan jantina burung parkit :

Gimana sih cara bedain parkit jantan dan betina khususnya yang udah betul-betul dewasa dan siap ternak untuk parkit dewasa jantan punya saya yang bisa kalian lihat pada gambar dibawah ini yang berwarna biru dan betinanya yang berwarna hijau Kalau aku sih cara bedain yang paling mudah ya,

cara-membedakan-parkit-jantan-dan-betina

kita lihat contoh dari hidungnya jantan dewasa itu hidungnya berwarna biru lihat, yang hidungnya berwarna biru itu yang betina berwarna coklat.

Dengan ciri fisik seperti ini yang betul ya udah siap ternak biar kalian bisa pilih yang mau kebiruan atau mau kecoklatan itu yang masih muda tapi kalau misalnya betul-betul masih anakan, contoh umur 1 bulan sampai 3 bulan itu belum nampaknya ya belum nampak banget jadi masih lima puluh persen lah antara jantan atau betina.

Baca selengkapnya :  Cara Mudah Membuat Jalak Suren Menjadi Gacor

Nah jadi kalau memang kalau bisa cari yang udah umur 8 bulan pasti ada itu di penjual-penjual penangkar burung parkit ini pasti ada nggak mungkin nggak ada ya. Baca juga artikel lainnya : cara ternak burung parkit bagi pemula

Catatan penting : jika kalian sudah menentukan burung parkit pilihan anda tentu hal yg paling utama jangan sampai kalian menyia-nyiakan dalam hal perawatannya terlebih untuk memberikan makanan burung parkit hariannya yg segar agar burung selalu sehat ya. Ya itu saja tips dari kami semoga kiranya dapat bermanfaat ya bagi temen-temen semua.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari