Tips Mudah Cara Merawat Burung Pelatuk Beras

Diposting pada

Apa kabarnya sobat kicau mania semua, kembali lagi masih bersama situs resmi Kacer.co.id yang selalu konsisten memberikan informasi tentang burung kicau di indonesia, kali ini kami akan membahas tentang cara merawat burung pelatuk beras yang tepat agar burung anda bisa cepat gacor dan maksimal untuk dijadikan sebagai burung masteran.

Burung pelatuk beras memiliki karakter suara yang mirip dengan jenis pelatuk lainnya seperti pelatuk bawang akan tetapi hanya perbedaan volume powernya saja, jika burung pelatuk ini dirawat dengan baik sampai bisa gacor siang malam maka sangat maksimal untuk dijadikan sebagai burung materi untuk isian burung yang berkualitas memaster burung ocehan lainnya seperti murai batu dan kacer.

Dalam memilah tipe kelamin dari pelatuk beras ini pula amat memastikan suara yang dihasilkannya alhasil burung bakal gacor dengan cepat. Umumnya burung Pelatuk yang lebih cepat serta mempunyai suara yang gacor merupakan pelatuk beras yang jantan. Tetapi bila temen- temen berencana serta berkeinginan membeli burung pelatuk beras yang gacor ditentukan buat memilah yang berjenis genus jantan supaya maksimum buat bisa memaster kicauan yang lain.

gambar-burung-pelatuk-beras

Trik sederhana pemeliharaan pelatuk beras agar cepat gacor


Perencanaan Kandang

Tempat tinggal merupakan salah satu yang penting dalam perawatan burung spesialnya burung kicauan tipe Pelatuk ini. Pemberian kandang dengan tenggeran yang aman hendak menolong burung lebih aktif serta cepat gacor. Sebab burung dapat menyesuaikan diri dengan aman pada area barunya serta makhluk hidup lain disekitarnya.

Untuk kandang yang cocok bagi burung pelatuk yaitu menggunakan bahan dari jeruji besi baik yang berbentuk bulat ataupun kotak, biasanya kandang yang sering digunakan oleh jenis burung lovebird.

Baca selengkapnya :  Daftar Harga Burung Hantu Terbaru Terlengkap Di Tahun 2020

Pemandian Serta Penjemuran

Memandikan Burung Pelatuk dapat kalian lakukan pada pagi serta juga petang hari supaya kesehatan burung tetaap terpelihara serta bersih. Pada pagi hari biasakan memandikan antara jam 7 ataupun 8 pagi janganlah sangat siang supaya dapat menjemur burung sehabis dimandikan. Kalian dapat memandikan Burung Pelatuk dengan menyemprotkan air ketubuh burung dari luar kandang.

Menjemur Burung Pelatuk sehabis dimandikan harus kalian lakukan buat membuat bulu burung segera kering. Tidak hanya itu membuat burung jadi lebih segar sebab cahaya mentari pula amat bagus untuk kemajuan badan burung, kamu dapat menjemur burung sepanjang 1 hingga dengan 2 jam serta pastikan tidak sangat siang supaya burung tidak alami kehilangan cairan tubuh.

burung-pelatuk-ulam

Pemberian Pakan Berkualitas

Santapan yang bernutrisi serta memiliki nutrisi yang bagus hendak membuat burung jadi segar. Bagikan pakan yang cocok serta pula dengan jatah yang lumayan, janganlah sampai kurang serta pula janganlah melampaui batas. Pemberian pakan yang kelewatan pula tidak bagus untuk kemajuan badan Burung Pelatuk. Sebab bila burung hadapi obesitas justru hendak buatnya malas bergerak serta pula bernyanyi.

Makanan yang disukai oleh pelatuk beras ini adalah serangga kecil dan voer yang baik untuk menunjang segala asupan yang dibutuhi si burung agar dapat cepat gacor, pada waktu pagi hari boleh anda memberikannya 2 ekor jangkrik dan pada saat sore hari berikan kembali 1 ekor saja. Untuk kroto cukup 1 minggu sekali saja dengan takaran 1 sendok makan. Ulat Hongkong atau Ulat Kandang wajib diberikan setiap hari dengan takaran 1 sendok makan pada waktu siang hari sekitar pukul 11.00 WIB.

burung-pelatuk-sampit

Pemasteran Suara Audio Mp3

Melaksanakan pemasteran adalah perihal yang harus dilakukan secara rutin, bila kalian membutuhkan burung dengan mutu suara yang baik serta enak didengar. Pemasteran dapat kalian laukan pada disaat menjemur burung ataupun dapat pada dikala burung hendak istirahat disangkarnya. Jalani pemasteran dengan metode menyuarakan suara burung masteran lewat MP3 ataupun dengan cara langsung.

Baca selengkapnya :  Daftar Harga Burung Lovebird Termahal Dan Terfavorit 2020

Pelatuk Beras yang sering dikenal sebagai burung pelatuk sampit atau ulam memang sangat jarang dirawat dan dimiliki oleh para hobiis kicau mania dikarenakan memang sangat sulit untuk ditemukan dipasaran, karena di habitat perburuan burung jenis pelatuk ini terkadang keluar di saat musiman saja, dan hanya mengandalkan pikatan hutan, karena belum ada penangkar yang membudidaya burung tersebut.

Sekian tips yang dapat kami berikan seputar cara merawat burung pelatuk beras yang dapat anda terapkan untuk burung pelatuk beras kesayangan anda agar rajin berkicau setiap harinya, semoga dapat bermanfaat.

Baca juga : Cara Merawat Burung Pelatuk Bawang